avatardisplay_general
DISITU
26 Jun 2018

5 Langkah Aman Ketika Gadai Mobil Avanza

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180626/5 Langkah Aman Ketika Ingin Melakukan Gadai Mobil Avanza.jpg

Cara yang dianggap efektif bagi sebagian orang saat ingin mendapatkan sebuah pinjaman yaitu dengan menggadaikan mobil yang mereka punyai. Hal ini dikarenakan bisa mendapatkan sejumlah pinjaman dengan nominal yang besar dan tidak khawatir akan kehilangan jaminan ketika dapat melakukan pembayaran. Apalagi proses yang terbilang sangat mudah saat melakukan  gadai mobil ini. Mobil yang sering dijadikan bahan gadai salah satunya yaitu mobil Avanza. Mobil ini menggunakan transmisi manual (1.3 G) dan lebih rendah dari kijang innova dan hampir sama kemampuannya dengan Daihatsu Xenia dan Honda. Dengan melakukan gadai mobil Avanza ini, Anda akan bisa mendapatkan pinjaman dengan sangat mudah. Tentu karena mobil Avanza merupakan salah satu mobil yang memiliki nilai taksir yang tinggi di Indonesia. Nilai taksiran tersebut sangat berpengaruh terhadap jumlah pinjaman yang akan diberikan.

Meskipun melakukan gadai ini terbilang mudah, namun Anda perlu memahami cara supaya lebih aman ketika ingin melakukan pinjaman tersebut. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berada di posisi untuk melakukan gadai mobil Avanza demi mendapatkan sebuah pinjaman:

Pilihan Tempat Gadai

Jumlah pinjaman yang akan diberikan dengan menggadaikan kendaraan Anda bukanlah jumlah yang terbilang kecil. Apalagi mengingat masa yang diberikan terbilang lama. Jadi Anda sangat harus hati-hati ketika ingin memilih tempat yang dijadikan untuk melakukan pinjaman. Pastikan Anda memilih dengan sangat teliti dan hati-hati. Mulai dari mencari tempat gadai yang resmi serta mempunyai standar keamanan yang tinggi. Hal tersebut tentu jika Anda tidak ingin menanggung risiko hilangnya mobil yang dijadikan jaminan akibat dari lembaga yang tidak bertanggung jawab.

 Pahami Kemampuan Anda

Meskipun banyak uang yang bisa dipinjam ketika melakukan gadai mobil ini. Anda perlu memahami seberapa besar kemampuan Anda membayar pinjaman dari hasil gadai tersebut. Yang perlu Anda pahami betul yaitu Anda bukan hanya sekedar melakukan pinjaman secara cuma-cuma melainkan juga terkait dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tentunya Anda tidak ingin jika kemampuan Anda dalam membayar lebih kecil daripada besarnya pinjaman yang diberikan. Hal tersebut akan mengakibatkan tidak mampunya dalam mengembalikan pinjaman yang akan menyebabkan mobil Anda tidak dapat diambil kembali.

Motivasi Yang Tinggi Saat Melakukan Pinjaman

Sebelum melakukan gadai mobil, tentu Anda mempunyai alasan tersendiri yang menjadi penyebab melakukan hal tersebut. Pihak lembaga biasanya akan bertanya karena mereka tentu harus mengetahui alasan Anda melakukan sebuah pinjaman ini. Jika Anda memiliki motivasi yang tinggi, seperti untuk mengembangkan suatu usaha supaya lebih berkembang atau lebih dari lainnya, pihak lembaga akan mampu memberikan tawaran pinjaman degan nominal yang lebih tinggi. Karena mobil terbaru pun tidak akan menjamin Anda mendapatkan pinjaman dengan nominal yang besar jika alasan Anda hanya kisaran kebutuhan konsumtif belaka. Hal tersebut akan menjadikan taksiran harga pinjaman lebih rendah.

Pastikan Mampu Membayar Angsuran Tepat Waktu

Hal supaya Anda aman ketika melakukan gadai mobil ini yaitu, Anda harus memastikan dapat melakukan pembayaran angsuran tepat waktu. Jangan sampai Anda terlambat sehingga menyebabkan pinalty yang mengancam hilangnya jaminan yang Anda gunakan. Keterlambatan dalam melakukan pembayaran biasanya juga mengakibatkan Anda masuk dalam kredit macet yang muncul dalam daftar hitam atau blacklist dalam Bank Indonesia. Tentunya hal tersebut menyebabkan Anda akan lebih sulit lagi ketika suatu saat akan melakukan sebuah pinjaman lagi.

Kondisi Mobil Yang Digunakan Jaminan

Jika Anda ingin mendapatkan harga mobil Avanza yang tinggi, pastikan bahwa setidaknya mobil tersebut keluaran 5 tahun terakhir. Karena walaupun syarat yang digunakan untuk mendapatkan pinjaman dengan menggadaikan mobil maksimal 10 tahun, ketentuan tersebut bukan untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang besar. Hal tersebut hanya sekedar syarat mendapatkan pinjaman dengan gadai mobil. Selain mobil keluaran terbaru, kondisi mobil juga harus utuh atau tidak mengalami kerusakan baik secara eksterior maupun interior. Mobil yang belum pernah dimodifikasi juga mampu mendapatkan tawaran harga yang lebih tinggi dari sebuah lembaga pemberi pinjaman.

Perhatikan Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku

Setiap lembaga tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Anda perlu mengetahui apa saja syarat yang harus Anda persiapkan ketika melakukan gadai tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengetahui ketentuan baik denda maupun sanksi yang akan Anda terima jika Anda tidak dapat melakukan angsuran yang harus dibayar. Syarat dan ketentuan ini sangat berpengaruh terhadap langkah yang akan Anda ambil.

Kelengkapan Dokumen Dan Pajak Kendaraan Jalan

Hal ini harus dipastikan jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dalam jumlah besar. Walaupun dokumen tersebut tidak ditahan, namun dokumen tersebut diperlukan untuk menunjukkan keaslian dari surat kendaraan tersebut. Kelengkapan dokumen tersebut meliputi Faktur Pembelian, BPKB, STNK dan pembayaran pajak terakhir. Pajak yang rutin dibayar tentu akan memiliki nilai lebih dalam melakukan pinjaman dana tersebut. Dengan adanya surat-surat tersebut, pinjaman yang akan diberikan kepada Anda dapat dipastikan berjumlah lebih tinggi. 

Gadai Mobil Untuk Tujuan Yang Produktif

 

Melakukan pinjaman dengan melakukan gadai mobil dan hanya jika digunakan untuk sifat konsumtif merupakan langkah yang salah besar. Yang paling tepat yaitu ketika Anda melakukannya untuk kegiatan investasi. Walaupun tidak mudah ketika mengingat banyaknya kebutuhan yang ada. Ketika Anda melakukan untuk kegiatan investasi atau lebih ke dalam hal produktif, tentunya akan lebih bermanfaat dan dapat mengembalikan dan mampu menstabilitaskan kondisi keuangan Anda. tentu ketika digunakan sebagai investasi Anda akan lebih mudah juga ketika ingin mengembalikan pinjaman tersebut.

Mempunyai Penghasilan Yang Tetap

Salah satu bahan pertimbangan dari pemberian pinjaman adalah penghasilan Anda. Penghasilan sangat erat hubungannya dengan kemampuan pembayaran angsuran suatu pinjaman. Tentu dengan pembayaran angsuran lancar, pihak lembaga akan lebih mudah dalam melakukan rolling dana pinjaman. Dengan mempunyai penghasilan yang tetap, kesempatan Anda memperoleh pinjaman yang besar akan lebih tinggi dan Anda akan lebih diutamakan.

Memiliki Riwayat Pinjaman Yang Baik Di Lembaga Tersebut

Tidak adanya riwayat kredit macet ketika melakukan sebuah pinjaman merupakan nilai plus tersendiri bagi Anda ketika melakukan sebuah pinjaman. Tentu ketika Anda ingin melakukan sebuah pinjaman kembali dan Anda meminta untuk mendapatkan nilai taksiran kendaraan yang lebih tinggi akan semakin mudah. Pihak lembaga pembiayaan akan melihat riwayat pembayaran Anda sebelumnya. Jika memiliki riwayat yang lancar dan baik, pihak lembaga akan dengan senang hati memberikan pinjaman lebih kepada Anda.

Jika hal-hal tersebut sudah Anda lakukan dan pahami, ketika ingin melakukan sebuah gadai mobil Toyota Avanza di Indonesia tentu akan lebih aman dan kemungkinan terhindar dari kerugian yang akan ditimbulkan. Sehingga Anda akan lebih maksimal dalam melakukan pinjaman yang ada Anda juga dapat melakukan penawaran terhadap lembaga yang Anda pilih sehingga mendapatkan penawaran pinjaman yang lebih besar. Jika Anda sukses dalam melakukan penawaran tersebut, tentu Anda akan memperoleh niat pinjaman yang lebih besar. Namun dibalik besarnya pinjaman yang akan Anda terima, Anda perlu mempertimbangkan kondisi financial Anda. Untuk itu, sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan sebuah pinjaman Anda harus memikirkan baik manfaat maupun risikonya secara seksama.