DISITU
24 Jun 2018

5 Langkah Mengajukan Gadai Mobil Lampung Hingga Pencairan Dana

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180624/5 Langkah Mengajukan Gadai Mobil Lampung Hingga Pencairan Dana.jpg

Banyak yang mencari tempat jasa gadai mobil karena membutuhkan dana yang mendadak. Di berbagai wilayah sudah ada jasa gadai mobil, tidak terkecuali di Lampung, jasa gadai mobil Lampung juga tidaklah sedikit. Namun kebanyakan mereka yang sedang membutuhkan dana dan berniat mengajukan gadai tidak mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh. Memang dalam proses pengajuan gadai tidak bisa lengung selesai saat itu juga, terdapat beberapa langkah yang harus dijalani hingga akhirnya damai tangan kita. Dalam artikel ini akan dijelaskan langkah yang harus ditempuh bagi calon debitur, di antaranya :

1. Mendatangi Jasa Gadai

Langkah pertama dalam mengajukan gadai mobil Lampung sama seperti di tempat lainnya. Anda harus mendatangi tempat tersebut untuk mendapat penjelasan dan pengarahan mengenai gadai mobil.  Walaupun Anda bisa mengakses website resmi dari jasa gadai tersebut, namun sebaiknya Anda mendatangi tempat gadai mobil agar lebih yakin dan mantap untuk gadai. Dengan mendatangi tempat gadai, kita bisa mengetahui apakah jasa gadai tersebut meyakinkan atau tidak. Selain itu Anda sudah mengetahui tempat aslinya ketika hendak melampirkan berkas di kemudian hari.

2. Pemberian Penjelasan Dari Jasa Gadai

Setelah mendatangi tempat tersebut, Anda akan diberikan berbagai penjelasan mengenai gadai mobil tersebut. Penjelasan yang akan Anda terima bisa berupa tata cara gadai, persyaratan yang harus dilampirkan berupa berapa berkas dan dokumen. Selain itu Anda juga akan diberikan kisaran berupa harga gadai mobil yang akan didapat. Tidak hanya itu, pihak jasa gadai akan memberikan perkiraan bunga, berapa lama tenor pinjaman dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar calon kreditur bisa mempertimbangkan dan paham mengenai gadai mobil.

3. Menyiapkan Dan Menyerahkan Berkas Yang Diperlukan

Setelah mendapatkan berbagai penjelasan dari tempat gadai tersebut, Anda harus menyiapkan berkas guna diserahkan ke tempat gadai mobil. Berkas yang diperlukan secara umum berupa identitas diri. Identitas yang digunakan secara umum berupa fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, dan ada juga yang mengharuskan membawa fotokopi akta nikah. Selain berkas identitas diri, calon debitur tentunya harus membawa berkas dari mobil yang akan digadaikan tersebut. Berkas mobil yang diperlukan adalah fotokopi STNK dan biasanya beserta BPKB mobil tersebut. Tidak jarang jasa gadai mobil Lampung mengharuskan debiturnya membawa slip gaji, NPWP, dan riwayat buku tabungan.

4. Proses Verifikasi Berkas

Setelah menyerahkan semua berkas tersebut, pihak jasa gadai akan mengecek segala  berkas yang diserahkan debitur. Hal ini guna memverifikasi apakah berkas yang terlampir sesuai dengan aslinya atau tidak. Namun Anda tidak perlu khawatir selam memberikan berkas yang sesuai dan asli. Proses verifikasi berkas juga tidak memakan waktu lama, sehingga proses pencairan dana juga tidak akan lama.

5. Survey Dan Pencairan

Setelah pihak jasa gadai melakukan verifikasi berkas yang terlampir dan menyatakan berkas tersebut siap, maka pihak gadai akan melakukan survey. Hal ini bertujuan untuk melihat keseriusan debitur dalam mengajukan gadai. Selain itu proses survey juga dimaksudkan agar jasa gadai bisa melihat kondisi mobil. Dengan begitu maka pihak jasa gadai bisa menaksir berapa harga gadai mobil tersebut dan berapa jumlah uang yang bisa diterima debitur. Setelah melakukan survey, biasanya pihak jasa gadai akan memberikan perincian dandang bisa di ambil, bunga yang harus ditanggung, dan tenor pinjaman. Proses pencairan juga tidak terlalu lama, setelah survey pihak jasa gadai akan  mengambil uang dan memberikan dana tersebut kepada Anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu