avatardisplay_general
DISITU
12 Aug 2018

Gadai Mobil Tahun 1996, Mobil Tua Pun Bisa Digadaikan

https://images.disitu.com/A/Img/1808/180812/5 Persyaratan Gadai Mobil Tahun 1996 Jangan Takut Mobil Tua Pun Bisa Digadaikan.jpg

Anda memiliki masalah finansial, membutuhkan dana segar dalam waktu dekat? Namun hanya memiliki aset mobil dengan tahun keluar yang cukup tua? Jangan khawatir, mobil tua keluaran 1996 pun laku jika digadaikan. Tempat gadai mobil tahun 1990 ke atas pasti akan menerima mobil Anda. Tapi memang butuh pengecekan dan syarat tambahan untuk mengajukan gadai mobil tahun 1996 dengan BPKB. Mobil adalah salah satu jaminan yang bisa digunakan sebagai jaminan selain, emas, rumah dan sertifikat. Kemungkinan cair untuk pinjaman dengan jaminan mobil dan BPKB akan lebih tinggi. Berikut akan diulas sedikit informasi persyaratan gadai mobil tahun keluaran 1990 an yang mungkin akan berguna :

5 Persyaratan Gadai Mobil Tahun 1996 Dengan BPKB

Mobil yang cukup tua memang laku untuk digadaikan, namun tidak semua mobil keluaran lama yang bisa mendapatkan persetujuan gadai. Berikut ada informasi persyaratan mengajukan gadai mobil tahun 1996 (tua) agar mendapat persetujuan gadai dari pihak pegadaian, yang mungkin akan berguna :

1. Kelengkapan Dan Keabsahan Surat Kendaraan

Kelengkapan surat-surat kendaraan yang Anda miliki menjadi syarat penting saat menggadaikan mobil tua. Jika Anda memiliki kelengkapan surat, maka mobil tersebut dianggap sah dan bukan barang curian. Selain itu keabsahan surat-surat juga menjadi hal yang penting, seperti pajak masih rutin dibayarkan setiap tahun, sehingga plat nomor masih hidup dan berlaku. Jika keadaan surat dan keabsahan mobil seperti itu, maka akan menjadi pertimbangan positif untuk mendapatkan persetujuan gadai dari pihak pegadaian.

2. Keadaan Fisik Mobil Masih Baik

Selain surat-surat dan keabsahan kendaraan, keadaan fisik mobil pasti juga menjadi perhatian pihak lembaga keuangan. Kondisi fisik mobil tua yang dirawat dengan baik akan terlihat dengan performa mesinnya yang masih baik. Mobil tua yang memiliki kondisi fisik baik akan lebih dipertimbangkan daripada mobil keluaran tahun muda namun memiliki kondisi yang jelek. Karena hal itu mempengaruhi harga jual mobil dan secara langsung mempengaruhi tafsiran harga gadai mobil tersebut.

3. Merek Mobil Yang Digadaikan

Merek menjadi pertimbangan penting dalam memberi pinjaman gadai mobil tua, karena berpengaruh pada harga jual mobil. Untuk merek mobil yang jarang digunakan di Indonesia, memiliki harga jual yang rendah karena akan sepi peminat saat dijual. Beda dengan mobil buatan Jepang, harga jual kembalinya akan tinggi terus, karena penggunanya sangat banyak di Indonesia. Harga jual yang tinggi akan mempengaruhi Lembaga keuangan dalam memberi pinjaman gadai bagi nasabah.

4. Tahun Pembuatan Atau Tahun Keluaran Mobil

Tahun pembuatan berpengaruh pada harga jual mobil, semakin tua memang harga jual mobil semakin turun. Hal ini juga menjadi pertimbangan Lembaga keuangan dalam memberi pinjaman gadai bagi nasabahnya. Namun harga jual kembali dapat dijaga agar tidak jatuh terlalu murah dengan memelihara keadaan fisik dan kondisi mesin mobil tua. Mobil yang memiliki kondisi mesin dan fisik yang masih mulus akan terjual lebih mahal.

5. Kesamaan Fisik Dengan Keterangan Di BPKB

Yang terakhir akan di cek adalah kesamaan fisik dengan keterangan yang ada di BPKB yang Anda pegang. Kesamaan tersebut akan dilihat dari berbagai hal, nomor rangka kendaraan, bisa diketahui dengan cara menggosok nomor rangka di mesin kendaraan. Kemudian nomor mesin, nomor polisi, warna, dan keterangan fisik lainnya yang dikeluarkan oleh perusahaan mobil. Data-data tersebut akan dicocokkan dengan yang ada pada kendaraan Anda, untuk memastikan bahwa suratnya sesuai dengan kendaraan yang akan Anda gadaikan.

Jadi jangan khawatir mobil tua pun bisa digadaikan ke pegadaian, dengan melihat persyaratan gadai mobil untuk tahun 1996 dengan BPKB diatas. Anda bisa segera menyiapkan dokumen dan kelengkapan untuk mengajukan gadai mobil tua milik Anda.