13 April 2018 00:00

5 Syarat Harus Tau Agar Bisa Gadai AJB Tanah di Pegadaian

DISITU

668 5 Syarat Harus Tau Agar Bisa Gadai AJB Tanah di Pegadaian.jpg

Gadai adalah salah satu cara yang tepat disaat kamu butuh dana mendadak atau yang mendesak. Ada banyak barang yang bisa kamu gadaikan misalnya motor, mobil, perhiasan, hingga AJB (Akta Jual Beli) tanah. Kebanyakan bank tidak menyediakan layanan untuk gadai AJB tanah, salah satu tempat yang menyediakan layanan tersebut adalah pegadaian. Tentunya ada syarat yang harus kamu penuhi jika ini gadai AJB tanah di pegadaian. Jika kamu belum mengetahui syarat-syaratnya, berikut kami akan mengulasnya hingga kamu dapat mengajukan gadai :

1. AJB Tanah Di Atas SHM

Wirausaha-Sukses

Jika kamu beniat untuk gadai AJB tanah di pegadaian, AJB tanah kamu harus di atas SHM. Yang dimaksud dengan SHM adalah AJB ( Akta Jual Beli ) tanah yang kamu miliki sudah mempunyai sertifikat hak milik. karena pegadaian tidak akan mau menerima AJB tanah  kamu tanpa sertifikat hak milik. Oleh karena itu sebelum kamu menggadaikan AJB tanah sebaiknya cek terlebih dahulu memiliki SHM atau tidak.

2. Surat AJB Tanah Harus Jelas

Wirausaha-Sukses

Sebelum mengajukan gadai dengan AJB tanah di pegadaian pastikan semua surat dan kelengkapan yang dimiliki diperiksa terlebih dahulu agar nantinya tidak terjadi masalah kemudian hari. Karena setelah kamu gadai  dengan AJB dengan tanah di pegadaian kamu akan mendapatkan dana yang besar dan pihak pegadaian juga akan memeriksa secara detail dan teliti sejarah tentang tanah yang kamu miliki.  Apabila AJB tanah yang kamu miliki jelas asal usulnya dan tidak bermasalah maka kamu akan mendapat dana setelah menggadainya. Kamu tidak akan kehilangan AJB tanah kamu karena kamu menggunakan gadai. Dengan mencicil kembali dana yang kamu dapat, kamu bisa memiliki AJB tanah kamu kembali.

3. Usia Penggadai AJB Tanah Harus Cukup

Wirausaha-Sukses

Tidak semua umur dapat melakukan gadai. Jika kamu ingin gadai  dengan AJB tanah di pegadaian pihak pegadaian mengajukan syarat- syarat terutama untuk umur calon penggadai. Syaratnya yaitu usia minimal calon penggadai 22 tahun dan maksimal 65 tahun, dibuktikan dengan KTP atau dokumen identitas resmi lainnya yang kamu miliki.  Kamu sebagai peminjam harus melunasi angsuran pinjaman dana yang telah kamu dapatkan maksimal hingga 55 tahun.  

4. Penghasilan Penggadai Harus Memenuhi Syarat

Agar bisa gadai dengan AJB tanah di pegadaian, selain usia ada juga syarat penting yang tidak boleh kamu lewatkan sebagai calon penggadai yaitu penghasilan. Sebagai calon penggadai kamu haruslah memiliki pekerjaan, dapat dibuktikan dengan surat keterangan kerja dari perusahaan atau lembaga yang bersangkutan.  Dan juga merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia. Penghasilan yang kamu miliki juga harus minimal UMR sesuai di daerah yang kamu tempati, dapat kamu buktikan dengan membawa slip gaji kamu.

5. Syarat Dokumen Harus Lengkap

Ketika kamu akan mengajukan pinjaman gadai dengan AJB tanah di pegadaian. Pihak pegadaian akan mengajukan syarat dokumen yang harus dibawa untuk melengkapi administrasi guna pinjaman yang kamu ajukan. Ada beberapa dokumen yang harus kamu sediakan yaitu, mengisi formulir peminjaman kredit  dari pihak jasa pegadaian dimana kamu akan menggadaikan AJB tanah yang kamu miliki. Selanjutnya adalah fotocopy KTP, KK (kartu keluarga), buku tabungan di bank selama minimal 3 bulan terakhir, SHM, NPWP dan SPT, serta AJB tanah yang akan kamu gadai. Dan kamu juga akan diminta menyediakan pas foto terbaru dengan ukuran 3x4 dan 4x6 serta pas foto pasangan (jika kamu sudah menikah) oleh pihak pegadaian.

Itulah beberapa syarat yang wajib kamu penuhi saat kamu akan mengajukan gadai AJB tanah di pegadaian. Syarat-syarat yang telah disebutkan tadi memanglah terbilang sulit dibandingkan dengan gadai surat berharga lainnya seperti BPKB motor ataupun mobil. Hal tersebut dikarenakan dari gadai AJB tanah nominal uang ynag akan kamu terima cukup besar. Berkali kali lipat lebih besar dari yang kamu dapat saat gadai dengan BPKB kendaraan bermotor yang kamu miliki. Untuk lama waktu angsuran dan bunga yang harus dibayarkan akan ditetapkan sesuai kesepakatan kamu dengan pihak pegadaian.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu