avatardisplay_general
DISITU
18 Aug 2018

Gadai Sertifikat Rumah Ke Bank, Mendapatkan Pinjaman

https://images.disitu.com/A/Img/1808/180820/5 Tahapan Cara Gadai Sertifikat Rumah Ke Bank Untuk Mendapatkan Pinjaman Dana Dengan Cepat.jpg

Bank adalah Lembaga keuangan yang memberikan berbagai jenis layanan keuangan kepada Anda. Salah satunya adalah pinjaman di bank dengan jaminan sertifikat rumah atau sering disebut gadai sertifikat rumah. Layanan keuangan yang diberikan bagi Anda yang telah memiliki rumah pribadi dan sudah bersertifikat sesuai nama Anda. Anda bisa mendapatkan layanan pinjaman di bank dengan berbekal sertifikat kepemilikan tersebut. Besarnya pinjaman tentu disesuaikan dengan taksiran harga rumah yang sertifikatnya dijaminkan. Cara gadai sertifikat rumah ke bank cukup mudah, asalkan Anda sudah memenuhi persyaratan dari bang. Berikut akan dibahas 5 tahapan cara gadai sertifikat rumah ke bank :

5 Tahapan Cara Gadai Sertifikat Rumah Di Bank

Melakukan gadai sertifikat rumah atau pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di bank bisa dibilang cukup mudah. Berikut adalah tahapan cara yang harus dilalui agar Anda mendapatkan kucuran dana yang Anda butuhkan :

1. Penuhi Persyaratan Dan Dokumen Yang Ditentukan Sebagai Syarat

Siapkan sertifikat kepemilikan rumah yang merupakan persyaratan utama melakukan pinjaman atau gadai. Bank biasanya memiliki persyaratan umum yang harus dipenuhi, usia sekurang-kurangnya adalah 21 tahun dan maksimal 65 tahun dan WNI. Persyaratan dokumen yang umum diberlakukan adalah fotokopi E-KTP dan Kartu Keluarga. Beberapa bank menambahkan persyaratan dokumen seperti kopi rekening tabungan, minimum penghasilan, slip gaji 3 bulan terakhir, NPWP tergantung kebijakan bank.

2. Segera Datang Langsung Ke Bank Dengan Membawa Dokumen Yang Sudah Disiapkan

Setelah menyiapkan sertifikat dan dokumen persyaratan tambahan, Anda bisa langsung pergi ke bank untuk menanyakan mengenai layanan gadai sertifikat. Tanyakan semua informasi yang Anda butuhkan, seperti besar pinjaman yang mungkin diperoleh, besar cicilan dan jangka waktu pelunasan. Tanyakan pula tentang kelengkapan yang harus disiapkan untuk memperoleh pinjaman. Dan apakah ada fasilitas jika Anda bisa melunasi pinjaman lebih awal. Lakukan survey ini pada beberapa bank, agar Anda bisa membuat perbandingan

3. Mengisi Formulir Aplikasi Pinjaman

Setelah Anda memutuskan bank mana yang menjadi pilihan Anda dengan segala pertimbangan. Maka lakukan pengisian formulir pengajuan pinjaman yang diberikan oleh pihak bank tersebut. Serahkan formulir dan lampirkan semua dokumen yang menjadi persyaratan pinjaman gadai.

4. Menunggu Verifikasi Dan Survey Dari Bank

Setelah aplikasi diajukan, maka pihak bank akan melakukan pengecekan kelengkapan dokumen persyaratan. Dan melihat apakah jaminan yang Anda serahkan sesuai dengan besaran nilai dana yang akan Anda pinjam. Jika dinyatakan sesuai maka pihak bank akan memberikan kabar kepada Anda, bahwa mereka akan melakukan survey ke rumah. Bank akan melakukan survey ke rumah Anda untuk melihat dan memastikan rumah yang sertifikatnya Anda jaminkan. Anda akan ditanya seputar tujuan melakukan pinjaman, besarnya penghasilan dan lain sebagainya, jangan panik cukup jawab seadanya. Pihak bank terkadang juga mengambil foto dari rumah Anda sebagai bukti kepada kantornya.

5. Pencairan Dana

Lamanya pencairan dana berbeda dari satu bank dengan bank lainnya, hal ini sepenuhnya adalah kebijakan masing-masing bank pemberi pinjaman. Namun yang pasti waktunya lebih lama jika dibanding gadai sertifikat di perorangan. Jika Anda sudah memiliki riwayat meminjam uang di bank, waktu pencairan akan lebih cepat. Namun jika belum pernah meminjam waktu pencairan akan sedikit lebih lama, karena perlu dilakukan BI checking untuk melihat riwayat Anda. Petugas bank akan memberi info kepada Anda kapan dana akan dicairkan. Kemudian Anda akan diminta datang ke bank untuk melakukan beberapa penandatanganan dokumen. Jika Anda belum menjadi nasabah bank tersebut biasanya Anda akan diminta membuka rekening bank tersebut. Lalu dana pinjaman akan dicairkan melalui transfer ke rekening baru Anda tersebut.

Itulah cara gadai sertifikat rumah ke bank yang perlu Anda ketahui, sebelum Anda melakukan pinjaman gadai ke bank.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu