avatardisplay_general
DISITU
20 Aug 2018

Tips Memanfaatkan Pinjaman Duit Tunai Bagi Mahasiswa

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180819/6 Alasan Memanfaatkan Pinjaman Duit Tunai Bagi Mahasiswa.jpg

Kebutuhan mahasiswa begitu kompleks dari waktu ke waktu. Selain menjalani kegiatan perkuliahan, mahasiswa juga dibelit oleh dilema kebutuhan yang selalu ada menemaninya selama belajar di bangku perkuliahan.  Uang yang belum tercukupi dapat diganti dengan pinjaman duit tunai sebagai langkah tepat waktu. Pinjaman duit secara tunai dapat diangsur dengan jangka waktu sesuai dengan besarnya nilai nominal yang dipinjamkan.

Kebutuhan seseorang semakin berubah dan berkembang. Tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi dalam kondisi dan waktu yang berbeda. Beberapa kebutuhan hadir secara tak terduga dan seolah meminta kita untuk mencukupinya pada saat itu juga. Memahami hal ini, kehadiran uang tunai dapat menutupi permintaan kebutuhan itu secara cepat dan praktis, salah satunya bagi mahasiswa. Apa saja alasan mahasiswa memanfaatkan pinjaman duit tunai ?

1. Kebutuhan Registrasi Ulang Tiap Semester

Registrasi ulang tiap semester sama hal nya dengan kebutuhan SPP bagi siswa sekolah. Perbedaannya adalah registrasi ulang bagi mahasiswa dilakukan tiap 1 semester, sementara SPP bagi siswa tiap 1 bulan. Angka biaya registrasi ulang (daftar ulang) tiap-tiap kampus berbeda-beda tergantung dari kualitas dan kebutuhan kampus itu sendiri. Jika angka daftar ulang begitu besar, tentu dapat mencekik dompet mahasiswa, apalagi bagi mereka yang kurang mampu. Solusi cepat pinjaman duit secara tunai dapat dilakukan dan dapat diganti di kemudian hari.

2. Biaya Praktik Lapangan

Selain teori dalam bangku perkuliahan, mahasiswa juga harus bisa mengaplikasikan teori itu dalam kondisi yang nyata. Inti dari pengaplikasian tersebut adalah praktik lapangan. Arah praktik lapangan bermacam-macam, mulai dengan praktik lapangan yang direkomendasikan oleh kampus maupun rencana praktik lapangan secara mandiri. Tentunya biaya praktik lapangan ini tidaklah sedikit dengan batas-batas dan lama waktu praktik.

3. Biaya Penelitian

Penelitian merupakan salah satu unsur terpenting yang harus dijalankan mahasiswa. Bahkan penelitian merupakan syarat utama kelulusan mahasiswa berupa skripsi, tesis, atau desertasi. Biaya penelitian terbagi menjadi beberapa bagian, seperti biaya bimbingan penelitian, akomodasi, pelaksanaan penelitian, maupun pelaporan. Tiap-tiap biaya tersebut memiliki angka rupiah yang relatif besar. Jika Anda kurang mampu memenuhinya sendiri, Anda dapat melakukan pinjaman duit tunai dengan segera.

4. Biaya Pengabdian Kepada Masyarakat

Syarat mahasiswa dapat menjalankan fungsinya di lingkungan masyarakat adalah bagaimana dia dapat menyesuaikan antara ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan kondisi real ketika terjun di masyarakat. Ya, dengan bekal Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa dilatih untuk menerapkan ilmunya di lingkungan masyarakat. Tentuya biaya pengabdian ini bermacam-macam, mulai dari biaya pendaftaran, biaya kebutuhan sehari-hari, biaya iuran kelompok, transportasi, dan sebagainya.

5. Sebagai Bantuan Modal Pekerjaan Sampingan

Pola pikir mahasiswa pun berubah sesuai dengan berkembangnya usia. Bagi mahasiswa, mereka ingin cepat memiliki pekerjaan sendiri. Selain itu, mereka tidak ingin memberatkan orang tua untuk terus memunuhi kebutuhan kuliahnya. Tentunya untuk mengawali usaha/pekerjaan yang baru, butuh modal yang tidak sedikit, khususnya bagi pekerjaan yang dapat menghasilkan rupiah besar.

6. Kebutuhan Masa Depan

Mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, tentunya membutuhkan biaya yang besar sebagai biaya awal diterimanya di jenjang yang lebih tinggi tersebut. Mereka yang ingin melanjutkan S2 harus mempunyai dana sendiri untuk memenuhi kebutuhan cita-citanya jika tidak ingin memberatkan orang lain. Bila mahasiswa ingin mengejar waktu cepat masuk ke jenjang yang lebih tinggi sementara uang di dompet mereka pas-pasan, dapat meminjam duit tunai kepada pihak-pihak yang dapat meminjamkan duit sesuai dengan angka nominal yang diperlukan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu