avatardisplay_general
DISITU
29 Sep 2018

6 Manfaat Solo Travelling yang Sering Tidak Disadari

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180929/6%20Manfaat%20Solo%20Travelling%20yang%20Sering%20Tidak%20Disadari.jpg

Ingin pergi berlibur namun teman atau keluarga tidak memiliki waktu luang yang sama untuk ikut menemani? Jangan khawatir, bagaimana jika kali ini Anda pergi sendiri saja alias solo travelling?

Bicara tentang solo travelling, banyak orang masih enggan melakukannya karena berbagai alasan. Mulai dari takut tersesat, tidak suka sendirian, sampai khawatir liburan justru akan terasa membosankan. Padahal tanpa disadari, solo travelling merupakan kesempatan Anda untuk melakukan me time yang mungkin akhir-akhir ini jarang dilakukan.

Selain untuk melakukan me time, apalagi kira-kira keuntungan dari solo travelling? Simak penjelasannya berikut ini:

 

  1. Waktu Refleksi

Travelling

Selain bertujuan menikmati keindahan destinasi liburan, melakukan solo travelling juga bisa menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan refleksi diri. Pada momen ini Anda bisa bersantai sambil memikirkan banyak hal dengan pikiran yang segar. Mulai dari memikirkan pencapaian apa yang sudah didapat tahun ini sampai mensyukuri segala hal yang ada dalam hidup. Semua itu tentu hanya bisa Anda dapatkan saat pergi travelling sendirian.

 

  1. Potensi Mendapat Teman Baru

Travelling

Pergi sendirian mungkin membuat Anda takut merasa kesepian. Namun jangan khawatir, justru dengan solo travelling Anda bisa berkesempatan menambah teman dari berbagai daerah bahkan negara yang berbeda. Keuntungan tersebut bisa Anda dapat terlebih jika memilih jalan-jalan backpacking sambil menginap di hostel bertipe dorm. Siapa tahu Anda bisa bertemu teman yang asik atau bahkan jodoh! Menarik bukan?

 

  1. Waktu dan Destinasi yang Lebih Fleksibel

Travelling

Keuntungan lain yang hanya bisa Anda dapatkan saat pergi liburan sendiri adalah waktu dan destinasi yang lebih fleksibel. Bayangkan, jika pergi bersama orang lain, Anda tentu tidak bisa seenaknya menentukan destinasi tujuan atau menghabiskan banyak waktu di satu tempat saja. Namun dengan pergi sendiri Anda bisa bebas mengeksplorasi satu tempat yang benar-benar disukai tanpa ada yang mengatur waktunya.

 

  1. Jadi Pribadi yang Lebih Mandiri

Travelling

Namanya juga solo travelling sudah pasti tidak ada yang bisa membantu membawakan barang pribadi Anda. Tapi dengan begitu Anda justru bisa belajar lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Dengan begini Anda dituntut untuk bisa mengandalkan diri sendiri dalam melakukan semuanya mulai dari mencari alamat sampai menemukan transportasi untuk pergi ke suatu tempat.

 

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

Travelling

Rasa takut dan khawatir memang menjadi perasaan yang wajar Anda rasakan saat pertama kali pergi solo travelling. Namun seiring berjalannya liburan, Anda akan bisa menemukan rasa percaya diri lebih naik dari sebelumnya. Hal ini bisa muncul ketika Anda berhasil melewati kekhawatiran saat pergi sendiri seperti berhasil tidak tersesat dalam menemukan suatu tempat.

 

  1. Belajar Mengatur Keuangan

Travelling

Jika selama ini Anda termasuk orang yang sulit mengatur keuangan bahkan cenderung boros, maka coba gunakan kesempatan solo travelling untuk belajar lebih hemat. Saat pergi sendiri tentu semua pengeluaran harus Anda bayar sendiri tanpa bisa berbagi dengan orang lain. Dengan demikian Anda jadi akan belajar bagaimana cara memaksimalkan pengeluaran selama berlibur agar tetap cukup. Jika ingin lebih menantang, sejak awal pilih tipe jalan-jalan backpacking dengan bujet terbatas agar Anda semakin mahir memanfaatkan uang sebaik-baiknya.