avatardisplay_general
DISITU
12 Aug 2018

6 Syarat Pinjaman Duit Bank Yang Harus Dipenuhi

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180812/6 Syarat Pinjaman Duit Bank Yang Harus Dipenuhi.jpg

Kehidupan itu bisa di ibaratkan dengan roda, kadang di atas tapi ada saatnya juga berada di bawah. Begitu juga dengan keuangan, kadang berkecukupan tapi ada kalanya juga kekurangan. Jumlah penghasilan setiap bulan terkadang kurang buat memenuhi kebutuhan sehari-hari, Apalagi kalau ada kebutuhan lain yang begitu mendesak dan harus dipenuhi pada saat itu juga. Mengajukan pinjaman duit bank akan menjadi alternatif jalan keluarnya.

Setiap bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk calon nasabah nya. Tapi standarisasi persyaratan pinjaman dana tersebut pada garis besarnya tentulah sama. Bank pasti memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon debitur agar pengajuan pinjamannya di setujui. Orang mengajukan pinjaman duit di bank tentu memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang buat modal usaha/bisnis, biaya pengobatan, biaya pendidikan, renovasi rumah, biaya pernikahan dan lain sebagainya.

Syarat Yang Harus Dipenuhi Pada Saat Mengajukan Pinjaman Duit Bank

Setiap calon debitur yang akan mengajukan pinjaman di bank harus memenuhi semua persyaratan standarisasi bank. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain :

1. Melengkapi Identitas Diri

Identitas diri yang harus dilengkapi biasanya berupa foto copy Kartu Tanda Penduduk. Khusus bagi yang sudah menikah diharuskan mencantumkan foto copy KTP kedua belah pihak. Hal ini sangat penting agar pinjaman tersebut diketahui oleh kedua belah pihak. Sedangkan buat yang belum menikah cukup mencantumkan KTP saja . Antara alamat rumah yang ditempati dan yang tertera di KTP haruslah sama. Jika terpaksa alamat keduanya ternyata berbeda, maka harus minta surat keterangan tinggal dari kantor Kelurahan setempat.

2. Mencantumkan Akta Nikah

Setiap bank pasti akan meminta persyaratan yang satu ini yaitu foto copy Akta Nikah. Syarat ini tentu saja berlaku bagi yang sudah menikah. Hal ini dimaksudkan kalau barang yang dibuat buat jaminan/agunan adalah milik bersama. Jika suatu saat nanti terjadi masalah atau hal-hal diluar dugaan, maka cara konfirmasi pemecahannya bisa berjalan lancar.

3. Menyerahkan Fotocopy Kartu Keluarga

Persyaratan yang satu ini dimaksudkan untuk mengetahui berapa jumlah keluarga yang menjadi tanggungan calon debitur. Hal ini untuk memperkirakan apakah dia mampu untuk membayar angsuran tiap bulannya. Kebanyakan pihak bank akan merasa ragu memberikan dana pinjaman kalau jumlah tanggungan terlalu banyak.

4. Melampirkan Buku Tabungan

Laporan mutasi buku tabungan 3 bulan terakhir bisa menjadi tolak ukur pihak bank dalam menilai kemampuan financial calon debitur. Dengan melihat saldo terakhir yang ada dalam buku tabungan menandakan mampu atau tidaknya mengganti pinjaman. Syarat ini berlaku pada semua bank yang ada di Indonesia.

5. Fotocopy Slip Gaji

Yang satu ini termasuk syarat mutlak yang harus dipenuhi saat mengajukan pinjaman duit bank. Sebab melalui slip gaji akan kelihatan sekali jumlah nominal pendapatan calon debitur. Ini yang akan menjadi tolak ukur pihak bank dalam mengambil keputusan. Jadi seandainya mengajukan pinjaman dengan jumlah besar, tapi penghasilan nya sedang-sedang saja tentu saja pihak bank akan menolak nya. Karena  dinilai akan sulit untuk membayar cicilan tiap bulannya.

6. Bersih Dari Kredit

Saat mengajukan pinjaman akan terjadi permasalahan seandainya masih memiliki kredit yang belum selesai. Karena ini membuktikan kalau calon debitur belum memenuhi kewajiban sebagai peminjam dana. Jadi peluang buat mengajukan pinjaman bisa tertunda atau tidak disetujui. Oleh karena itu sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya semua kewajiban kredit harus diselesaikan terlebih dahulu. Pihak bank pasti akan mempertimbangkan pengajuan pinjaman yang memenuhi semua syarat-syarat tersebut di atas.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu