avatardisplay_general
DISITU
21 Jun 2018

6 Tips Dan Trik Memasuki Dunia Kerja untuk Anda

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180621/6 Tips Dan Trik Memasuki Dunia Kerja Yang Harus Anda Ketahui.jpg

Dunia kerja merupakan dunia yang begitu kompleks. Anda dalam suatu pekerjaan akan dituntut untuk bekerja secara profesional dan ekstra disiplin. Tidak mengenal istilah kompromi dalam dunia pekerjaan ini. Kompromi hanya boleh dilakukan jika memang Anda benar-benar dalam masa kritis atau kondisi yang berproblema, selain itu tidak diperbolehkan. Anda harus siap sedia kala secara konsisten dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan target yang telah ditentukan. Melihat hal tersebut, perlunya tips dan trik memasuki dunia pekerjaan sebagai bekal persiapan untuk bekerja lebih baik untuk ke depannya.

Wawasan mengenai tips dan trik memasuki dunia kerja sangat dibutuhkan bagi generasi muda. Mereka perlu mengetahui bagaimana cara menghadapi dunia pekerjaan yang dinamis, apalagi sistem kerja yang penuh persaingan. Persiapan yang masih minim dapat menyebabkan seseorang sulit untuk berkembang dan akan menjadi tertinggal dengan rekan kerja lainnya. Berikut disajikan tips dan trik memasuki dunia pekerjaan  yang harus Anda ketahui.

1. Mempersiapkan Mental

Kondisi dunia kerja berbeda dengan kondisi ketika Anda sedang dalam bangku sekolah atau kuliah. Jika dalam bangku sekolah atau kuliah Anda hanya dituntut untuk taat pada deadline tugas, di dunia pekerjaan Anda juga dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda untuk ke depannya. Anda tidak akan terlepas dari ikatan nasib yang mengiringi Anda selama terjun ke dalam dunia pekerjaan. Belum lagi persaingan kerja dan kritik tegas dari bos atau direktur. Persiapan mental untuk tidak goyah dalam menghadapi dunia pekerjaan harus Anda canangkan sejak dini.

2. Bulatkan Tekad

Tidak mungkin pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan maksimal tanpa ada niat. Ya, niat yang besar dan keinginan yang kuat untuk melakukan sesuatu itulah yang dinamakan tekad. Anda perlu menanamkan tekad yang kuat di dalam diri Anda untuk menggeluti jenis pekerjaan yang Anda pilih. Tekad yang telah bulat atau keinginan yang tidak bisa dihentikan dalam bekerja dapat membuat pondasi bekerja Anda lebih kokoh.

3. Kerja Dengan Ekstra Disiplin

Setelah Anda membulatkan tekad, perlu Anda tanamkan dalam-dalam pada diri Anda bahwa disiplin adalah unsur no. 1 yang tidak boleh Anda abaikan dalam bekerja sedikitpun. Teguhkan ke dalam diri Anda sendiri bahwa Anda akan selalu bekerja dengan disiplin dan tidak akan mengubah niat Anda sendiri. Dengan disiplin, Anda akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari bos atau direktur.

4. Kesampingkan Urusan Pribadi Di Luar Kerja

Jika Anda mempunyai urusan pribadi di luar kerja, kesampingkanlah dulu. Di arena kerja, Anda harus memusatkan sepenuhnya perhatian Anda pada pekerjaan yang Anda lakukan. Urusan pribadi Anda dapat diselesaikan setelah jam kerja selesai. Jika memang urusan pribadi sangatlah penting dan benar-benar tidak bisa ditinggalkan, Anda dapat meminta izin untuk libur kerja. Namun jika tidak benar-benar penting, jangan sampai meminta izin libur, karena itu berdampak buruk pada reputasi Anda.

5. Tanpa Patah Semangat Ketika Terjatuh

Dilema dunia pekerjaan tidak cukup sampai disitu. Terkadang jika Anda melakukan kesalahan sedikit saja, bos akan marah-marah kepada Anda. Tidak jarang juga walaupun Anda merasa tidak melakukan kesalahan apapun, Anda kena imbas kemarahan dari bos Anda. Belum lagi jika Anda menemukan rekan kerja Anda yang bersaing secara tidak sehat. Seperti menggunjing Anda dari belakang atau berencana menjatuhkan posisi Anda. Tentunya Anda harus menyikapinya dengan bijak dan dewasa.

6. Membangun Jaringan

Perjuangan untuk totalitas dalam dunia pekerjaan tidak berhenti dalam urusan internal kerja saja, Anda perlu membangun jaringan dengan orang-orang di luar lingkup pekerjaan Anda. Teman-teman Anda, kerabat, atau saudara Anda yang bekerja pada instansi lain dapat Anda ajak untuk bekerjasama dan sharing mengenai seputar dunia pekerjaan. Selain itu, jika Anda telah memiliki posisi yang bagus dalam pekerjaan Anda, Anda dapat menjalin perjanjian kerjasama atau MOU dengan instansi lain demi mensukseskan suatu tujuan tertentu.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu