DISITU
08 Jun 2018

7 Cara Menjalin Kerjasama Bisnis Untuk Anda Yang Ingin Sukses

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Melakukan kerjasama dengan para relasi adalah sesuatu yang penting dan gampang gampang susah untuk dikerjakan. Tidak semua kenalan yang Anda ajak kerjasama akan memberikan dampak yang bagus, tidak jarang justru berakhir dengan sesuatu yang buruk. Lakukanlah cara menjalin kerjasama bisnis berikut ini agar kerjasama yang Anda lakukan bisa berdampak baik.

1. Buat Visi Dan Misi Bersama

Sebelum membangun kerjasama, sangat penting bagi Anda untuk membuat visi dan misi yang disepakati bersama dengan mitra bisnis Anda. Dengan pemikiran yang sama tentu akan lebih mengurangi kemungkinan adanya masalah di kemudian hari. Anda dan mitra bisnis Anda mungkin mempunyai motif yang berbeda, akan tetapi untuk tujuan keseluruhan dan metodenya tentu harus sama.

2. Ungkapkan Kebutuhan Dan Harapan Secara Jelas

Alasan setiap orang yang memerlukan mitra bisnis dalam menjalankan bisnis tentu berbeda-beda, ada yang untuk mendapatkan modal. Ada juga yang ingin memiliki keahlian tertentu ataupun memperluas koneksi. Hal inilah yang menjadi alasan penting untuk mendasari kerjasama usaha tersebut meskipun mungkin tidak selalu diungkapkan. Apabila ada yang tidak terpenuhi, hubungan Anda dan mitra Anda bisa menjadi renggang walaupun pada awalnya sudah sangat dekat. Motivasi, kepribadian, dan keahlian orang yang berbeda-beda menjadikan hal ini penting untuk didiskusikan sebelum Anda benar-benar sepakat untuk menjalankan komitmen dengan kontrak. Ungkap dan tulis setiap perubahan rencana secara rinci juga karena harapan dan kebutuhan setiap orang dapat berubah seiring berjalannya waktu.

3. Identifikasi Kekuatan Mitra Anda, Kemudian Manfaatkanlah

Keahlian setiap individu berbeda-beda, ini kadang terabaikan karena adanya berbagai alasan dan harapan seseorang menjalin kerjasama. Agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda tidak mengabaikan keahlian masing-masing individu. Anda bisa mendapat tambahan energi, motivasi, serta peluang kesuksesan dalam jangka panjang dengan menunjukkan dan memanfaatkan kekuatan dari masing-masing individu. Catatlah kekuatan Anda dan minta Anda, kemudian diskusikan bagaimana untuk menerapkannya dalam bisnis yang Anda jalani.

4. Lengkapi Kekurangan Mitra

Agar dapat menghemat pengeluaran perusahaan, Anda dan mitra bisnis Anda tentu harus membedakan hal yang perlu dan yang tidak diperlukan. Jika tidak segera Anda ketahui, hal-hal tersebut benar-benar dapat menenggelamkan bisnis Anda. Identifikasi kekurangan mitra bisnis Anda sesegera mungkin supaya Anda bisa segera mengantisipasinya dengan merekrut tim yang tepat. Kekurangan ini bisa saja terdapat pada strategi, pengembangan produk/jasa, pemasaran dan penjualan, manajemen tim, manajemen keuangan, operasional, dan administrasi.

5. Menetapkan Tujuan Individu Dan Perusahaan Bisnis

Cara menjalin kerjasama bisnis yang selanjutnya adalah menentukan tujuan perusahaan Anda yang bisa dimulai dengan mengetahui tujuan masing-masing individu. Tujuan yang dibuat harus disusun secara secara terstuktur dan mendukung bisnis tersebut ke depannya. Jangan lelah untuk melihat kembali dan terus memperbarui tujuan perusahaan Anda. Pastikan untuk membuat tujuan tersebut dalam bentuk tertulis dan masin-masing individu mau berkomitmen pada tujuan masing-masing. Dengan begitu diharapkan tidak akan muncul pertanyaan siapa yang bertanggung jawab saat terjadi masalah nantinya.

6. Menentukan Peran Kerja Masing-Masing

Agar Anda bisa bekerja sesuai dengan harapan, berusahalah untuk membagi peran kerja masing-masing individu secara jelas. Peran kerja ini hampir sama dengan deskripsi pekerjaan yang kira-kira dapat diartikan sebagai “bertanggung jawab pada” daftar tugas dan hasil. Biasanya adanya ketidakjelasan peran kerja akan menimbulkan kekecewaan dalam bermitra bisnis.

7. Segera Tangani Setiap Masalah Yang Muncul

Perbedaan pemahaman dan pendapat dalam setiap kerjasama hampir selalu terjadi. Pastikan untuk tidak membiarkan perasaan benci tumbuh antara satu sama lain yang lama kelamaan bisa menjadikan perpecahan. Anda dapat membuat aturan dimana masing-masing dapat melakukan pendekatan pada yang lainnya ketika ada sesuatu yang perlu ditangani. Lakukanlah cara menjalin kerjasama bisnis ini agar Anda bisa sukses bekerjasama tanpa ada permusuhan.