avatardisplay_general
DISITU
30 Oct 2018

7 Kuliner Asia Paling Unik yang Wajib Dicoba

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181030/7 kuliner asia.jpg

Bicara soal kuliner, Benua Asia dikenal jagonya. Dengan kekayaan rempah, negara-negara di Asia memang terkenal memiliki segudang warisan makanan menggugah selera. Namun 7 makanan di bawah ini justru terbilang unik karena cara bahan dan cara penyajiannya yang tidak biasa. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.

 

  1. Telur 100 tahun

Kuliner

Tidak benar-benar berusia 100 tahun, kuliner khas Cina ini merupakan telur yang dilapisi oleh lumpur, abu, dan limau kemudian disimpan selama 100 hari. Setelah waktunya selesai, kuliner ini akan menghasilkan telur berwarna kehitaman dengan kuning telur yang telah berubah menjadi kehijauan dan bagian putih telur berwarna sedikit bening dengan tekstur menyerupai jeli.

 

  1. Mata iklan tuna

Kuliner

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan populer yang sering diolah menjadi makanan lezat seperti sushi. Namun tidak hanya dagingnya, bagian lain seperti mata nyatanya juga menjadi makanan yang banyak digemari. Di Jepang, mata ikan tuna merupakan salah satu kuliner populer yang diolah menjadi sashimi. Namun tidak semua bagian dapat dimakan, hanya bagian tengah yang memiliki tekstur seperti jeli yang dapat dikonsumsi.

 

  1. Balut

Kuliner

Balut merupakan kuliner unik yang terkenal di beberapa negara seperti Vietnam, Laos, Kamboja, dan Filipina. Makanan ini merupakan embrio telur bebek yang telah berusia 16-20 hari dan direbus bersama sayuran. Karena usia embrio yang sudah cukup dewasa, saat mengonsumsinya, jangan kaget karena Anda akan menemukan bebek kecil yang telah memiliki paruh bahkan sayap yang utuh. Bagaimana? Berani coba?

 

  1. Sannakji

Kuliner

Bagi pecinta kuliner khas Korea Selatan, makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Yup, gurita hidup atau sannakji merupakan salah kuliner unik yang biasa disediakan dengan minyak wijen dan aneka saus sebagai teman makan. Untuk menikmatinya, Anda dapat memotong tentakel gurita atau langsung melahapnya secara utuh. Namun hati-hati, jika tidak dikunyah dengan benar, tentakel dapat menempel pada tenggorokan yang dapat menyebabkan tersedak atau bahkan kematian akibat tercekik.

 

  1. Sundae

Kuliner

Masih dari Korea Selatan, sundae merupakan kuliner unik yang terbuat dari campuran darah, daging babi, dan berbagai bumbu yang dimasukan dalam usus babi. Makanan ini kemudian akan dikukus sampai matang baru kemudian disajikan. Sekilas sundae akan terlihat seperti sosis namun dengan warna yang sedikit kehitaman. Jika ingin mencobanya, Anda dapat menikmati sundae dengan hidangan lain seperti daging jeroan dan sup khas bernama sundaeguk. Untuk rasa, perpaduan kulit usus yang garing dan bagian isi yang kenyal akan menghasilkan cita rasa unik.

 

  1. Tikus goreng

Kuliner

Tikus merupakan salah satu binatang pengerat yang dibenci banyak orang. Namun di Manado, Sulawesi Utara, binatang ini justru diolah menjadi berbagai makanan. Eits, tidak sembarang tikus, jenis yang digunakan biasanya merupakan tikus hutan dengan ekor putih. Selain tikus, berbagai binatang lain seperti ular phyton, kelewar sampai anjing dan kucing juga banyak dijual di berbagai pasar di Manado.

 

  1. Serangga goreng

Kuliner

Berwisata ke negeri gajah putih, Thailand memang belum lengkap rasanya jika tidak menikmati aneka cemilan goreng yang tersedia di pinggir jalan. Bukan buah atau sayuran goreng, snack khas yang akan Anda temui adalah aneka serangga goreng seperti jangkrik, kalajengking, dan ulat sutera. Aneka serangga tersebut biasanya akan digoreng kering dan dinikmati langsung atau dijadikan teman makan bersama nasi.