DISITU
12 Jun 2018

7 Langkah Tepat Ketika Mendapatkan Dana Dari Gadai Mobil Klaten

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Saat ini banyak lembaga yang memberikan kemudahan pinjaman dana baik dengan agunan maupun tanpa agunan. Salah satu pinjaman yang sedang ramai di Klaten yaitu pinjaman dengan menggadaikan mobil. Besar pinjaman yang diperoleh dari Gadai Mobil Klaten ini cukup besar. Ketika kita melakukan pinjaman dengan gadai mobil, tentu kita juga mempunyai tugas rutin membayar angsuran. Namun adakalanya disaat jatuh tempo untuk melakukan angsuran pinjaman, kita tidak memiliki ketersediaan dana. Kebutuhan mendesak di luar anggaran sebelumnya harus mengusik dana yang akan digunakan untuk membayar cicilan pinjaman tersebut. Nah, supaya mobil yang Anda jadikan jaminan dapat diambil lagi, Anda harus mampu mengelola dana dan dialokasikan secara tepat. Tentunya supaya menghindari risiko yang terjadi ketika melakukan gadai mobil tersebut. Berikut beberapa langkah tepat ketika Anda melakukan pinjaman dengan gadai mobil:

1. Gunakan Dana Sesuai Kebutuhan

Dana tunai yang Anda dapatkan dari Gadai Mobil Klaten tentu cukup besar. Hal ini karena dengan menggadaikan mobil akan lebih besar plafonnya daripada ketika Anda menggadaikan barang lain. Besarnya dana yang diperoleh biasanya 70% dari harga normal mobil tersebut. Apalagi ketika mobil Anda merupakan keluaran terbaru, tentu dana yang diterima cukup besar. Untuk meminimalisir risiko yang terjadi, gunakan semaksimal mungkin dana tersebut, gunakan hanya untuk kebutuhan mendesak saja. Jangan sampai Anda tergoda menggunakan dana diluar tujuan awal ketika melakukan pinjaman.

2. Disiplin Memisahkan Dana Pribadi Dan Dana Usaha

Anda harus disiplin dan komitmen untuk memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Hal ini akan memudahkan Anda mengontrol arus kas. Sehingga uang dari pinjaman tidak sampai salah guna hanya karena untuk kebutuhan Anda yang sifatnya lebih pribadi.

3. Membuat Rencana Alokasi Pinjaman

Rencana alokasi pinjaman sangat penting untuk dipikirkan. Dengan kata lain dana pinjaman tersebut digunakan untuk kebutuhan yang mana, nantinya akan semakin mudah dalam membantu meningkatkan usaha yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengeluaran untuk hal yang tidak penting.

4. Alihkan Kelebihan Dana Untuk Usaha Atau Investasi

Tidak menutup kemungkinan ketika Anda melakukan pinjaman dengan gadai mobil, Anda memiliki kelebihan dari dana setelah digunakan untuk kebutuhan Anda. Hal paling tepat untuk menyikapi dana sisa tersebut yaitu gunakan untuk investasi. Entah dalam bentuk emas, deposito maupun reksadana. Hal ini akan lebih efektif daripada hanya menyimpan dana tersebut di rumah. Anda bisa mendapatkan hasil atau bunga dari deposito Anda.

5. Buatlah Catatan Arus Keuangan

Catatan arus keuangan baik pemasukan dan pengeluaran. Hal ini terbilang penting supaya Anda dapat memantau dan mencegah mengeluarkan uang di luar anggaran karena lapar mata.

6. Hilangkan Kebiasaan Gali Lubang Tutup Lubang

Ketika Anda melakukan angsuran untuk cicilan pinjaman yang diterima dari gadai mobil tersebut. Jangan sampai Anda membayar angsuran dengan mencari uang pinjaman dari sumber lain karena tidak tersedianya dana. Untuk itu, gunakanlah pinjaman tersebut dengan bijak misal mengembangkan sebuah usaha. sehingga ketika jatuh tempo saat pembayaran angsuran Anda tidak perlu khawatir.

7. Jika Memungkinkan, Tutup Kredit Secepat Mungkin

Terkadang ada penawaran kredit yang bisa ditutup sebelum jangka pinjaman berakhir. Ketika Anda mempunyai kelebihan dana dan juga memungkinkan untuk melakukan penutupan kredit, maka gunakan dana tersebut untuk melunasinya. Semakin cepat Anda menutup kredit, semakin sedikit Anda membayar bunga dari sebuah pinjaman. Tentu mobil yang Anda jadikan jaminan akan cepat diambil kembali.

Gadai Mobil Klaten merupakan cara alternatif yang dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan. Namun yang perlu Anda perhatikan yaitu bagaimana memaksimalkan dana dari hasil gadai tersebut. Dana yang digunakan untuk mengoptimalkan bisnis tentu akan sangat membantu keuangan Anda. Jangan sampai dana yang digunakan tidak bermanfaat. Apalagi sampai Anda tidak mampu untuk membayar angsuran atau cicilan. Tentu hal ini akan berimbas kepada penyitaan mobil  dan dialih hak miliknya.