25 April 2018 00:00

7 Tips Cerdas Bila Mau Kredit Motor Bekas Tanpa Repot,Simak

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/725 7 Tips Cerdas Bila Mau Kredit Motor Bekas Tanpa Repot.jpg

Adanya kebutuhan akan kendaraan bermotor menyebabkan permintaan motor bekas sebanding dengan motor baru. Banyak lembaga perkreditan yang menawarkan kemudahan untuk membawa pulang motor tanpa harus melunasinya terlebih dulu. Hal yang sangat wajar apabila kita merasa bimbang ketika kita ingin membeli motor bekas. Ketakutan terbesar akan terus menghantui, mendapatkan barang yang kurang cocok setelah transaksi, penipuan kualitas barang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Sedangkan apabila kita membeli sebuah kendaraan bekas, maka kita harus benar-benar teliti dalam memilihnya.

Di zaman yang serba modern ini, banyak sekali para penjual memoles motor dengan berbagai cara untuk menutupi kekurangan motor bekas tersebut, agar nilai jual yang mereka tawarkan bisa lebih tinggi. Kita sebagai pembeli kadang melihat suatu barang dari segi luarnya saja, sedangkan kendaraan bermotor harus banyak memperhatikan banyak aspek seperti brand, cover body, mesin dan kenyamanannya.

Motor bekas memang dari segi harga yang di tawarkan bisa jauh lebih murah di bandingkan dengan yang baru. Pembelian secara kredit akan lebih ringan jika dibandingkan dengan membayar secara tunai. Apalagi dengan sistem kredit, Anda akan jauh lebih leluasa mengatur jumlah pengeluaran setiap bulannya.

Oleh karena itu, sebelum Anda ingin melakukan kredit motor bekas ada baiknya simak beberapa tips berikut ini, yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan motor bekas berkualitas dan tidak kalah dengan yang baru.

  • Teliti

Tidak seperti saat Anda motor baru, motor bekas tentu telah digunakan oleh pemilik sebelumnya, maka dari itu dalam pemilihan pun harus lebih cermat. Karena pasti ada saja komponen yang harus di ganti dan bahkan tidak jarang harus segera di servis. Untuk itu, telitilah sebelum membeli agar mendapatkan motor dengan kondisi yang lebih baik. Cara yang bisa Anda lakukan dengan memeriksa motor yang telah Anda pilih, baik itu dari segi bodi maupun mesin. Apabila diperlukan coba untuk mengendarainya, dan jangan lupa untuk menanyakan kekurangan apa saja pada motor tersebut.

  • Memilih Kreditor yang Mempunyai Reputasi Baik

Akan lebih baik jika kredit motor dilakukan di dealernya langsung atau lembaga terpercaya dan paling penting memiliki kredibilitas. Jangan tergoda dengan iming-iming biaya angsuran murah tapi di sisi lain bunga yang dibebankan kepada Anda sangat tinggi. Saat ini banyak layanan kredit motor bekas dengan cicilan yang lebih ringan. Pilihlah dengan bijak kreditor yang akan melunasi motor Anda dan jangan sampai malah membebani kondisi keuangan Anda.

  • Kredit Fix Rate
  • Fix Rate memiliki artian bahwa suku bunga kreditnya sudah jelas atau telah ditetapkan sejak awal dan tidak mengalami perubahan lagi. Jika menggunakan fix kredit, Anda tidak perlu mengikuti fluktuasi bunga perbankan. Perubahan suku bunga yang naik turun bisa jadi hambatan berarti bagi kondisi keuangan Anda saat ini, dengan memilih fix rate bunga telah di tentukan oleh pihak kreditor dan Anda dapat membayar dengan cicilan yang sama setiap bulannya.
  • 4. Sesuaikan Dengan Kemampuan 
  • Apapun yang ingin Anda beli, sudah selayaknya disesuaikan dengan keperluan juga kondisi keuangan. Apabila Anda dapat melakukan kredit motor bekas dengan jangka waktu yang cepat, tentu akan lebih meringankan. Besarnya uang muka pun dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Pertimbangkan juga potensi keuangan Anda beberapa tahun ke depan, agar jangan sampai terbelit dengan namanya hutang yang tidak bisa Anda lunasi di kemudian hari.
  • Inti dari kredit motor adalah agar lebih meringankan Anda dalam membeli kendaraan tersebut. Biasanya pembelian kredit motor ini harus disesuaikan dengan keperluan dan juga kondisi keuangan Anda. Adanya berbagai pilihan, wajib dilihat dengan bijak agar nantinya kredit motor tidak malah merugikan tapi sebaliknya memberi manfaat bagi Anda.
  • 5. Tentukan Fungsi dan Tujuan dari Pembelian Motor Bekas  
  • Semua yang Anda lakukan haruslah memiliki tujuan. Anda harus mengetahui, untuk apa motor bekas ini Anda beli. Untuk kepentingan usaha, untuk transport sehari-hari, atau hanya untuk koleksi? Usahakan untuk tidak terlalu berlebihan dan jangan sampai overbuy, masih berkaitan dengan kondisi keuangan Anda, sesuaikan juga antara tujuan dan budget yang Anda miliki.

  • 6. Carilah Motor Bekas di Dealer Tepercaya
  • Bisnis jual beli motor sudah menjamur di mana-mana. Banyak dealer yang menyajikan promo menarik, seperti kredit motor bekas, harga di bawah pasar, dan masih banyak lagi. Intinya adalah, ketika anda memutuskan untuk membeli motor bekas di dealer motor bekas, pastikan anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari dealer tersebut.
  • Di sinilah pentingnya Anda harus mengetahui harga pasar dari motor yang sedang anda incar. Kadang ada segelintir dealer yang biasanya bermain harga, dan menaikkan harganya terlalu tinggi. Selain itu, jangan langsung tergiur dengan promo-promo menarik dari dealer motor bekas. Namun demikian membeli motor bekas di dealer cukup menguntungkan, selain terdapat program cicilan, biasanya dealer juga menyediakan jasa pengurusan surat-surat secara resmi.
  •  
  • 7. Kelengkapan Surat Adalah Syarat Mutlak
  • Semua kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor wajib di lengkapi dengan surat-surat resmi dari pihak Kepolisian, seperti halnya BPKB dan juga STNK. Jangan mau mengambil dan menerima motor yang STNK atau BPKB nya sedang dijaminkan. Cari informasi juga, apakah KTP dari nama yang tertera di BPKB masih berlaku dan dapat digunakan untuk keperluan balik nama. Selain itu cek juga keaslian BPKB dan STNK pengendara motor sebelumnya. Apabila BPKB atau STNK hilang, pastikan si pemilik memiliki surat tanda kehilangan BPKB atau STNK, apabila tidak, silahkan tinggalkan motor tersebut

Kelebihan Membeli Motor Bekas

  • a) Harganya Lebih Murah
  • Faktor harga menjadi pertimbangan utama kenapa seseorang memilih untuk membeli sepeda motor bekas. Terang saja karena harga motor bekas bisa berselisih lebih rendah setengahnya ketimbang harga motor baru. Sebagai contoh saja, Yamaha Mio J yang berharga Rp13 jutaan bisa anda dapatkan dengan kisaran harga Rp9-10 jutaan bila kondisinya bekas.
  • b) Pengurusan Lebih Mudah dan Ringan
  • Proses jual beli sepeda motor bekas juga terbilang sederhana. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar harga motor tersebut tanpa memikirkan lagi pengurusan surat-surat kelengkapannya. Bandingkan dengan pembelian kendaraan bermotor baru di mana Anda harus memperhatikan juga berkas-berkas keabsahan kendaraan tersebut.
  • c) Kondisinya Tidak Kalah Bagus
  • Jika beruntung dalam membeli sepeda motor bekas, bahkan Anda bisa mendapatkan motor dengan kondisi yang masih bagus seperti motor baru. Sudah tentu harga belinya pun lebih rendah jika dibandingkan dengan motor baru. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan berlebih karena bisa memperoleh motor berharga lebih rendah dengan kualitas yang nyaris serupa.

 

  • Kekurangan Saat Membeli Motor Bekas
  • a) Diperlukan Ketelitian Juga Kejelian
  • Membeli sepeda motor harus teliti dan jeli. Jika tidak berhati-hati, Anda akan terjebak membeli barang rongsokan. Belilah sepeda motor di penjual yang memiliki reputasi baik supaya tidak tertipu.
  • b) Tidak Ada Garansi
  • Sepeda motor bekas yang dijual di pasaran juga kebanyakan tidak di sertai garansi. Hal ini tentu akan membuat motor yang sudah di beli tersebut sepenuhnya langsung menjadi tanggung jawab pihak pembeli. Bayangkan jika beberapa hari kemudian setelah pembelian kendaraan, motor mengalami masalah, artinya Anda harus mengeluarkan kocek lebih dalam lagi untuk mengganti sparepart-nya.
  • c) Kepastian Hukumnya Harus Ditelusuri
  • Disamping memperhatikan kondisi sepeda motor, saat membeli motor bekas Anda pun harus mengecek surat-surat kelengkapan kendaraan tersebut. Pastikan semua surat legalitas yang menyertai motor adalah asli, bukan barang tiruan. Oleh sebab itu, Anda wajib membekali diri dengan informasi-informasi keaslian sepeda motor secara lengkap.
  •  
  • Jadilah Konsumen yang Cerdas
  • Beberapa tips di atas dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli motor bekas dengan cara kredit. Selain Anda bisa mendapatkan motor yang berkualitas, dari sisi lain harganya pun tidak menguras kantong. Juga hal paling penting lainnya utamakan kepentingan yang jauh lebih mendesak jika dibandingkan dengan keinginan Anda tersebut. Jadilah konsumen yang cerdas, yang bisa menempatkan segala hal sesuai dengan porsinya masing-masing.

Wirausaha-Sukses