avatardisplay_general
DISITU
30 May 2018

Tips Jitu Wajib Kamu Pelajari Memulai Bisnis Dari Nol

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1805/180530/7 Tips Jitu Wajib Kamu Pelajari Memulai Bisnis Dari No.jpg

Di era milenial ini nampaknya banyak sekali tren yang telah menjadi gaya hidup. Salah satunya adalah dalam bidang dunia kerja. Kini banyak sekali orang yang ingin bekerja sebagai businessman. Bahkan tidak jarang yang merelakan keluar dari pekerjaannya sebagai karyawan perusahaan karena ingin terjun dalam dunia bisnis dengan menjadi pengusaha. Mungkin dulu sebagai seorang wirausaha kebanyakan karena sebuah keadaan, misalnya tidak diterima di perusahaan dan sulitnya mendapat pekerjaan. Namun sekarang menjadi seorang pengusaha adalah menjadi sebuah prioritas hidup, bukan lagi dikarenakan nasib atau keadaan. Tidak heran banyak selai yang mencari informasi cara memulai bisnis dari nol.

Alasan Menjadi Pengusaha Adalah Pilihan Tepat

Menjadi seorang pengusaha bukanlah hal yang mudah, namun pengusaha merupakan pekerjaan yang sangat diminati banyak orang. Setiap orang akan menghabiskan sebagian hidupnya, rata-rata sepertiga hidupnya untuk bekerja. Apakah akan bekerja untuk diri sendiri maupun bekerja untuk orang lain. Bekerja untuk diri sendiri adalah dengan memiliki sebuah  usaha sendiri dan Anda yang akan menjadi bos. Ataupun bekerja untuk orang lain, Anda sebagai karyawan alias anak buah. Semua itu merupakan pilihan bagi Anda, mau menjadi pemilik usaha atau hanya membantu membesarkan usaha milik orang lain.

Namun apakah selama hidup, Anda hanya akan memilih menjadi anak buah? Namun menjadi pengusaha bukanlah hal yang mudah. Perlu banyak persiapan dan modal yang mumpuni untuk terjun ke dunia usaha atau bisnis. Modal yang dimaksud bukan hanya modal materi melainkan kesiapan serta keahlian. Menjadi pengusaha Anda harus merintis dari nol, Anda harus merasakan jatuh bangunnya sebuah bisnis. Banyak sekali pil pahit yang harus ditelan seorang pebisnis, tidak heran sedikit yang berani mengambil risiko.

Namun menjadi seorang pengusaha merupakan pilihan tepat, karena apa? Seorang pengusaha adalah seorang leader, usaha akan berjalan fleksibel.  Berbeda dengan karyawan, mereka kehidupan sebagai karyawan cenderung monoton dan kaku. Bahkan pada usia tertentu kebanyakan mereka akan dicabut masa jabatan ketika usia tidak produktif. Banyak-banyaklah membaca artikel mengenai pengusaha agar Anda lebih paham.

Tips Jitu Memulai Bisnis Dari Nol

Banyak selai yang mencari bagaimana menjadi seorang businessman yang sukses. Memang memulai usaha bukanlah hal mudah, namun sulit bukan berarti tidak mungkin. Bagi Anda yang benar-benar berminat menjadi pengusaha, ada beberapa tips yang pantas dicoba, berikut tipsnya yang dikutip dari Groundreport :

1. Atur Diri Sendiri

Apabila Anda sudah dapat menguasai diri sejak awal, maka akan menjadi mudah untuk meraih kesuksesan. Organisirlah diri sendiri karena Ian membantu Anda menghadapi masalah. Biasakanlah membuat daftar apa yang ingin dicapai kemudian kerjakan daftar tersebut.

2. Catat Masalah Yang Anda Punya Secara Rinci

Menyimpan masalah dan mencatatnya secara rinci akan membantu Anda agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Anda akan lebih berpengalaman dan berhati-hati, tentunya hal ini akan sangat membantu perkembangan Anda dalam menjalankan bisnis.

Perbaiki masalah yang pernah Anda catat dan jadilah seorang yang unik. Jangan meniru bisnis dan model orang lain. Jadilah diri Anda sendiri dalam menghadapi masalah dan berbeda dengan orang lain.

4. Ukur Kompetensi

Dalam menghadapi pesaing, Anda harus mengukur kompetensi yang dimiliki. Belajarlah mengukur kompetensi berupa peluang dan resik yang dapat terjadi. Hal ini akan sangat membantu Anda mengembangkan bisnis.

5. Fokus

Banyak selai yang meninggalkan usaha ketika di tengah jalan, kebanyakan hanya semangat pada awal-awal. Ketika Anda mulai bosan dan tidak fokus, sebaiknya ingat kembali impian yang ingin Anda capai dan motivasi Anda bekerja.

6. Mengatasi Peniru

Kemungkinan besar sebuah bisnis yang sukses akan ditiru banyak orang. Sebaiknya Anda mengikuti inovasi yang berkelanjutan, karena hal ini akan membuat peniru Anda kesulitan. Selain itu, tanamkanlah brand dan keunikan tersendiri.

7. Buat Cadangan Keuangan

Anda tidak pernah mengetahui kapan membutuhkan uang tunai, kapan Anda rugi, dan kapan usaha runtuh. Jadi sebaiknya bijaksanalah dalam masalah keuangan, pisahkan juga keuangan untuk usaha dengan pribadi karena akan sangat berpengaruh terhadap bisnis Anda. Anda harus memiliki cadangan keuangan untuk mengatasi maslah tak terduga.