avatardisplay_general
DISITU
30 Jul 2018

7 Tips Memilih Pinjaman Tunai Dengan Sertifikat Rumah

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180730/7 Tips Memilih Pinjaman Tunai Dengan Jaminan Sertifikat Rumah.jpg

Di era globalisasi sekarang ini kebutuhan manusia semakin meningkat yang akhirnya berpengaruh pada nilai rupiah. Seiring dari peningkatan kebutuhan yang terkadang di luar batas pemasukan maka timbullah kebutuhan mendesak.  Kebutuhan mendesak seringkali membuat seseorang harus melakukan peminjaman berupa uang tunai. Variasi kebutuhan bisa mulai dari jumlah yang ringan hingga jumlah besar. Ketika jumlah besar dibutuhkan tentu saja jaminan yang diminta juga sesuai dengan pinjamannya. Salah satu pilihan yang bisa digunakan yaitu melakukan pinjaman tunai dengan jaminan sertifikat rumah. Dalam melakukan pinjaman ini Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu berupa resiko kerugian dan keuntungan yang akan didapatkan. Untuk itu Anda membutuhkan beberapa tips dalam memilih pinjaman tunai dengan jaminan sertifikat rumah. Tips-tips ini perlu diketahui agar seseorang mudah mendapat pinjaman tunai sesuai kebutuhan dan tidak memberatkan. Selain itu, juga membantu Anda dalam menentukan perusahaan mana yang sekiranya cocok untuk dipilih sebagai tempat peminjaman.

Tips berikut ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin memperoleh pinjaman tunai dengan menggadaikan sertifikat rumah. Penasaran apa saja 7 tips memilih pinjaman tunai dengan jaminan sertifikat rumah tersebut, simak ulasannya berikut ini:

1. Cara Pengajuannya Mudah

Ketika Anda memilih untuk menggadaikan sebuah rumah untuk mendapatkan pinjaman, tentunya dana yang Anda butuhkan adalah cukup banyak dan urgent. Sehingga sebisa mungkin Anda harus mencari perusahaan yang memiliki syarat pengajuan yang mudah dan bisa dipenuhi dengan segera. Syarat umum yang biasa ditetapkan oleh perusahaan peminjaman dana adalah memiliki pekerjaan tetap dan berusia di atas 20 tahun. Syarat ini berlaku untuk memastikan bahwa klien mudah dalam membayar pinjamannya dan sudah dengan usia yang matang dengan tanggung jawabnya.  

2. Proses Pencairannya Cepat

Kebutuhan urgent tentunya sangat rentan sekali dengan lamanya dana tunai yang akan cair. Sebelum Anda menggadaikan sertifikat rumah, Anda harus memastikan kapan dana tersebut akan dicairkan. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada rencana-rencana pemakaian dana yang akan Anda pinjam. Proses pencairan yang lebih cepat dan mudah tentunya juga menjadi salah satu prioritas bagi masyarakat untuk berani melakukan pinjaman.

3. Bunga Lebih Ringan

Bunga merupakan salah satu pertimbangan utama saat seseorang akan melakukan suatu pinjaman. Semakin sedikit bunga yang dipatokkan tentu saja akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan pelunasan. So, Anda sangat perlu memperhatikan bunga yang ditetapkan perusahaan dan sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam pelunasannya. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan dan memudahkan Anda dalam menarget pelunasan pinjaman tersebut.

4. Besar Pinjaman Yang Diperoleh

Selain bunga yang akan dibayarkan Anda juga perlu mengetahui jumlah uang yang akan Anda dapatkan dengan menggadaikan sertifikat rumah tersebut. Jumlah yang biasa dipinjamkan yaitu bisa sekitar 70%-80% dari taksiran harga rumah. Namun, semua itu juga berpengaruh pada posisi rumah Anda. Karena sebelum pinjaman disetujui tentunya akan ada survey terdahulu pada rumah yang sertifikatnya Anda gadaikan.

5. Lama Waktu Peminjaman

Lama peminjaman dana tunai akan mempengaruhi jangka waktu pelunasan pinjaman Anda. Selain sebagai target pelunasan, jangka waktu tersebut juga sebagai peningkat kedisiplinan Anda. Sehingga Anda harus benar-benar mempertimbangkan kemampuan dalam pelunasan dan disiplin dalam usaha menutup pinjaman tersebut.

6. Perlindungan Asuransi

Ketika Anda menyerahkan sebuah sertifikat kepemilikan maka pastikan juga Anda mendapat asuransi perlindungan dari perusahaan. Asuransi tersebut akan sangat berguna untuk menjamin keamanan Anda selama masih bertempat tinggal di rumah tersebut. Ini merupakan salah satu hal yang sangat perlu Anda perhatikan saat proses perjanjian sebelum akad dilakukan.

7. Bandingkan Dengan Perusahaan Pinjaman Lain

Dari ke enam tips di atas memaparkan beberapa keuntungan dan kerugian yang pasti dimiliki oleh setiap perusahaan peminjaman dana. Sehingga Anda harus mempertimbangkan 6 tips di atas yang paling menguntungkan. Hal tersebut bisa membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman dalam melakukan pinjaman. Selain itu, yang paling penting yaitu akan memudahkan Anda dalam melakukan pelunasan tunai yang diambil.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu