avatardisplay_general
DISITU
15 Aug 2018

7 Tips Menghindari Penipuan Saat Mencari Pinjaman

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180818/7 Tips Menghindari Penipuan Saat Mencari Pinjaman Duit Segera Tanpa Syarat.jpg

Saat benar-benar membutuhkan pinjaman duit segera, Anda akan berusaha mencari ke manapun. Entah itu ke kerabat, sahabat, lembaga pemberi pinjaman, hingga situs kredit online. Pinjaman duit segera tanpa syarat banyak dicari banyak orang. Zaman sekarang, ada banyak pihak yang tidak memberikan syarat apapun. No slip gaji, no BPKB, no jaminan! Tawaran pinjaman tanpa syarat ini tentu menggiurkan. Tapi hati-hati. Bisa jadi, tawaran tersebut salah satu modus penipuan. Supaya terhindar dari penipuan saat mencari pinjaman duit dengan segera tanpa syarat, tips berikut ini dapat dilakukan.

Siapa yang tidak mau mendapat pinjaman duit dengan segera tanpa syarat? Fasilitas seperti itu benar-benar akan memudahkan Anda. Namun, tidak semua kreditur memang berniat mempermudah. Ada pula yang ingin menipu Anda. Supaya tidak terjebak, lakukan hal-hal berikut sebelum memutuskan meminjam.

1. Periksa Kredibilitas Kreditur

Sebelum memutuskan meminjam, pastikan lembaga kreditur memiliki kredibilitas baik. Artinya, secara historis lembaga tersebut “bersih” dari kasus penipuan. Untuk mengetahui hal ini, Anda perlu memeriksanya melalui Sistem Informasi Debitur (SID) BI (jika pemberi pinjaman adalah lembaga resmi). Hal lain yang paling mudah dilakukan adalah mengecek pendapat forum yang pernah melakukan peminjaman di lembaga tersebut. Forum yang dimaksud tidak terbatas pada testimoni yang tercantum di promosi. Melainkan pendapat publik yang lebih luas.

2. Pastikan Tidak Ada Permintaan Membayar Sebelum Dana Dicairkan

Akan menyusahkan, jika saat mencari pinjaman duit segera tanpa syarat, kita malah diminta membayar lebih dulu. Apabila Anda menemui kreditur semacam ini, lebih baik Anda menghindarinya. Bisa saja itu merupakan salah satu modus penipuan. Saat Anda menyetujui mengirim sejumlah uang di awal, kreditur bisa saja melanggar perjanjian untuk mencairkan uang yang Anda butuhkan.

3. Pahami Betul Prosedur Peminjaman

Sebelum mencari pinjaman duit segera tanpa syarat di suatu lembaga, pastikan Anda memahami betul prosedur resmi transaksi utang-piutang. Termasuk prosedur yang digunakan di lembaga tersebut. Jika Anda merasa kurang paham, lebih baik bertanya pada petugas lembaga secara langsung. Jangan meminta orang lain di luar lembaga menjadi penghubung (makelar) Anda. Karena hal itu memungkinkan Anda terjebak penipuan.

4. Hindari Menerima Kreditur Yang Memaksa

Jika Anda merasa ada paksaan menjadi kreditur suatu lembaga, lebih baik Anda menghindarinya. Terdapatnya paksaan mengindikasikan lembaga memiliki kepentingan tertentu selain meminjami uang. Daripada menanggung risiko penipuan, lebih baik mencari lembaga lain yang lebih memberikan keleluasaan Anda memilih.

5. Jangan Gampang Memberikan Data Pribadi

Dalam proses pinjaman duit dengan segera tanpa syarat, mungkin Anda akan diminta mengisi data-data yang lebih detil. Bukan hanya identitas KTP, bisa saja lembaga kreditur juga meminta nomor rekening hingga PIN ATM. Saat Anda mengalami ini, lebih baik Anda tinggalkan transaksi itu sekarang juga.

6. Pilih Lembaga Kreditur Terverifikasi

Kini, lembaga kreditur telah berkembang pesat. Entah konvensional atau online, jumlah lembaga kreditur sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Supaya Anda tidak mudah terjebak modus penipuan berkedok kreditur, pilih lembaga kreditur yang paling dipercaya serta memiliki track record yang baik. Apalagi jika yang Anda cari pinjaman duit dengan segera tanpa syarat.

7. Jangan Mudah Percaya Promosi

Mencari lembaga terpercaya yang mau memberi pinjaman duit dengan segera tanpa syarat terbilang sulit. Jadi jangan mudah percaya dengan promosi yang dilakukan lembaga kreditur. Apalagi bila promosi dilakukan via sms atau telpon. Anda lebih baik langsung bertanya ke lembaga soal prosedur peminjaman tanpa syarat.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu