avatardisplay_general
DISITU
19 Aug 2018

Alasan Dan Syarat Mengajukan Pinjaman Untuk Berniaga

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180821/Alasan Dan Syarat Mengajukan Pinjaman Duit Untuk Berniaga.jpg

Dalam memulai suatu perniagaan pasti membutuhkan modal yang sangat besar. Seorang pengusaha besar pasti akan berusaha menempuh segala cara agar bisa memajukan perusahaannya dengan baik. Mereka berlomba-lomba agar perusahaan yang dikelola mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Persaingan yang dimaksud di sini tentulah persaingan yang sehat. Segala cara mereka tempuh agar perusahaan tetap maju. Termasuk diantaranya mengajukan pinjaman duit untuk berniaga.

Alasan Mengajukan Pinjaman Modal Untuk Perniagaan 

Ada berbagai alasan kita dalam mengajukan pinjaman modal perniagaan, diantaranya adalah:

  • Merealisasikan ide-ide perniagaan yang selama ini telah dirancang agar prosesnya lebih cepat.

  • Untuk membayar gaji karyawan serta membiayai semua peralatan yang diperlukan dalam operasi.

  • Sebagai modal tambahan guna mendirikan perniagaan baru atau dalam usaha pengembangan perniagaan.

Dalam memilih pinjaman duit untuk berniaga ini sebaiknya melalui pinjaman uang berlesen karena prosesnya jauh lebih mudah. Banyak kelebihan yang akan kita peroleh melalui jenis pinjaman ini. Diantaranya adalah proses pencairan yang lebih singkat sekitar 24 jam dan tidak memakai syarat dokumen pada umumnya. Yang diperlukan Cuma pengenalan saja untuk tujuan pengesahan. Meskipun kita memiliki catatan yang buruk (diblacklist), masih bisa untuk mengajukan permohonan. Yang lebih menyenangkan lagi adalah waktu jatuh tempo yang fleksibel. Bisa dikatakan kalau jenis pinjaman uang berlesen ini sangat membantu kita meski dalam keadaan yang mendesak sekalipun.

Syarat-Syarat Mengajukan Pinjaman Duit Untuk Berniaga

Setiap bank memiliki syarat-syarat yang berbeda dalam pengajuan pinjaman. Tapi kebanyakan mempunyai standarisasi syarat yang sama. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Berkas Identitas Diri

Identitas diri ini biasanya berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Alamat yang tertera dalam KTP ini harus sama dengan alamat tempat tinggal yang sekarang. Jika terpaksa berbeda maka harus meminta surat keterangan dari Kelurahan wilayah tempat tinggal kita.

2. Akta Nikah (Untuk Yang Sudah Menikah)

Dokumen ini wajib dicantumkan pada saat mengajukan pinjaman kalau kita sudah menikah. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kalau harta yang dimiliki adalah milik bersama dan untuk diketahui oleh kedua belah pihak. Kalau pada suatu saat nanti terjadi masalah yang berkaitan dengan dana pinjaman, maka konfirmasi bisa berjalan lancar. Karena harta yang dimiliki adalah milik pasangan suami istri.

3. Kartu Keluarga (KK)

Syarat lain yang harus dicantumkan adalah foto copy Kartu Keluarga. Ini untuk mengetahui pihak bank berapa jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungan kita. Karena dengan adanya KK ini pihak bank bisa memperkirakan kesanggupan kita dalam membayar angsuran. Jumlah tanggungan akan dihitung dengan membandingkan jumlah gaji yang diterima setiap bulannya. Jika jumlah pinjaman yang kita ajukan nominalnya tinggi, sedangkan jumlah tanggungan banyak pasti pihak bank merasa keberatan.

4. Foto Copy Buku Tabungan

Mutasi buku tabungan selama 3 bulan terakhir akan memperlihatkan kondisi finansial kita. Dengan demikian akan jelas terlihat seberapa kuat kemampuan finansial kita dalam membayar angsuran nanti. Saldo terakhir dalam rekening tabungan bisa menjadi tanda kesanggupan kita dalam mengganti pinjaman yang diajukan. Oleh karena itu pastikan jumlah saldo terakhir kita cukup banyak, agar pihak bank menyetujui pinjaman kita.

5. Slip Gaji

Ini termasuk persyaratan yang paling dipertimbangkan dalam mengajukan pinjaman modal usaha ke bank. Karena dengan adanya slip gaji ini bisa menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan. Jika dana yang masuk jumlah nominalnya lebih besar dari pengajuan pinjaman sudah pasti pihak bank akan setuju. Dengan pertimbangan ini kita bisa menganalisa sendiri berapa jumlah nominal yang akan kita ajukan.