DISITU
12 Jul 2018

Apa Bisa Gadai BPKB Motor Tanpa Usaha, Ini Dia Jawabannya

https://images.disitu.com/A/Img/1807/180712/Apa Bisa Gadai BPKB Motor Tanpa saha Ini Dia Jawabannya.jpg

Mungkin banyak bagi kita yang bertanya-tanya tentang syarat dari gadai BPKB motor. Biasanya perusahaan gadai memberikan syarat tentang surat keterangan usaha atau hal lain yang meliputinya. Seperti surat izin usaha, keuangan perusahaan dan lain-lain. Ini tentu menjadi pertanyaan bagi Anda yang mungkin tidak memiliki usaha. Sebenarnya melakukan gadai BPKB motor tanpa usaha itu bisa atau tidak? Sebelum mengetahui tentang jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui dahulu kenapa gadai BPKB motor memerlukan keterangan usaha.

Alasan Gadai Motor Perlu Keterangan Usaha

Untuk menjawab pertanyaan apakah dapat mengajukan gadai tanpa usaha kita harus terlebih dahulu membahas kenapa gadai memerlukan keterangan usaha. Berikut adalah alasan kenapa gadai BPKB motor perlu keterangan usaha :

1. Memastikan Kesanggupan Pembayaran

Pertama adalah adanya usaha sebagai bentuk jaminan bahwa Anda memiliki kesanggupan melakukan pembayaran. Tentu pihak gadai tidak ingin menyetujui pinjaman dari pihak yang tidak memiliki kesanggupan membayar biaya cicilan tiap bulan. Mempertimbangkan hal tersebut maka pihak gadai memberikan syarat terkait keterangan usaha. Adanya usaha dapat menjadi salah satu indikator bahwa Anda memiliki jaminan dapat membayar biaya cicilan untuk ke depannya.

2. Menghindari Pembayaran Telat

Melakukan pembayaran secara berkala setiap bulan tentu diperlukan dalam gadai. Maka dari itu pihak gadai harus memperoleh keterangan tentang kondisi keuangan perusahaan. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda dapat melakukan pembayaran tanpa telat tiap bulan. Terlalu banyak telat membayar atau melewati cicilan tentu akan berpengaruh buruk pada track record Anda.

3. Syarat Untuk Anda Yang Mengambil Produk Gadai Kebutuhan Produktif

Jika Anda mengajukan gadai dengan mengambil produk gadai kebutuhan produktif tentu usaha menjadi syarat utama. Karena dalam produk gadai kebutuhan produktif ini biasanya disyaratkan untuk keperluan usaha. Tentu tanpa adanya kebutuhan produktif seperti pengembangan usaha atau kebutuhan usaha pengajuan Anda tidak dapat disetujui. Ada banyak tempat gadai yang menyediakan dana kebutuhan produktif. Namun, ada juga yang menjadikannya masuk ke dalam kebutuhan gadai umum.

4. Melindungi Aset Yang Anda Gadaikan

Tujuan lain dari persyaratan keterangan usaha adalah untuk melindungi aset yang Anda gadaikan. Maksud dari melindungi aset ini adalah untuk mencegah agar aset Anda digadaikan karena tidak ada kemampuan membayar. Poin ini berkaitan dengan poin pertama dan kedua. Adanya keterangan usaha yang menunjukkan kemampuan membayar Anda tanpa telat menjadi jaminan terhadap aset Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir aset Anda akan disita karena tidak sanggup membayar atau telat membayar.

5. Bentuk Antisipasi Perusahaan Gadai

Adanya keterangan usaha juga sebagai salah satu bentuk antisipasi perusahaan gadai terhadap praktik penipuan. Selama ini ada banyak kasus dimana kendaraan yang digadai merupakan kendaraan hasil penggelapan. Tentu pihak gadai akan mengantisipasi hal ini dengan melakukan survei terhadap keterangan yang Anda berikan. Termasuk keterangan usaha yang akan menjadi tujuan ketika ternyata Anda melakukan penipuan.

Hal ini bukan tanpa alasan karena pihak gadai dapat terancam hukum jika terbukti menerima barang hasil penggelapan. Meskipun pada banyak kasus, pihak gadai sebenarnya tidak mengetahui jika barang yang digadaikan kepadanya adalah hasil penggelapan.

Jadi, Gadai BPKB Motor Tanpa Usaha Bisa Atau Tidak?

Setelah membahas terkait dengan kenapa pihak gadai membutuhkan keterangan usaha. Sekarang saatnya mendapatkan jawaban apakah gadai BPKB motor tanpa usaha dapat dilakukan. Sebenarnya hal ini dapat dilakukan. Asalkan Anda dapat menunjukkan bukti bahwa Anda mampu melakukan pembayaran bulanan dengan tanpa telat. Bagi Anda pegawai swasta atau pegawai pemerintah, slip gaji biasanya menjadi pengganti keterangan usaha. Slip gaji ini harus dengan validasi pihak kantor, ya.

Pertanyaan mengenai apakah dapat melakukan gadai BPKB motor tanpa usaha sudah terjawab dari pernyataan di atas. Adanya keterangan usaha merupakan bentuk kebijakan keamanan pihak gadai untuk memastikan bahwa Anda mampu membayar cicilan bulanan. Selain itu untuk mencegah tindak pidana penipuan. Sebaiknya cari tempat gadai yang memiliki syarat ringan dan tidak ribet. Anda dapat mengunjungi disitu.com untuk mencari keterangan tentang pinjaman menggunakan jaminan BPKB motor.