avatardisplay_general
DISITU
14 Aug 2018

Apakah Gadai Sertifikat Rumah Aman Untuk Dilakukan

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180822/Apakah Gadai Sertifikat Rumah Aman Untuk Dilakukan.jpg

Mungkin saat ini Anda sedang membutuhkan dana banyak dalam waktu yang singkat. Sedangkan satu –satunya harta yang Anda punya adalah sertifikat rumah. Dalam situasi seperti ini mungkin Anda ingin menggadaikan sertifikat rumah yang dimiliki. Namun apakah gadai sertifikat rumah aman untuk dilakukan? Jawabannya bisa aman dan bisa juga tidak. Semua ini tergantung pada siapa Anda menggadaikan sertifikat rumah yang Anda miliki. Untuk itu dalam menggadaikan sertifikat rumah Anda harus lebih berhati-hati. Sebab tidak semua pihak gadai bisa dipercaya. Namun jangan terlalu bersedih, sebab ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa sertifikat rumah tetap aman saat digadaikan.

Cara Agar Sertifikat Rumah Aman Saat Digadaikan

Dalam meminjam uang dengan menggadaikan sertifikat rumah, Anda tidak bisa terburu-buru. Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar gadai sertifikat rumah aman dan tidak bermasalah. Berikut ini cara agar sertifikat rumah aman saat digadaikan :

1. Gadaikan Pada Saudara

Sebelum mencari pinjaman pada pihak gadai lain, cobalah mencari pinjaman pada saudara sendiri. Saudara di sini adalah saudara dekat seperti kakak atau adik. Anda bisa menggunakan sertifikat rumah yang Anda miliki sebagai jaminannya. Namun yang perlu diingat adalah pastikan memang saudara Anda bisa dipercaya. Peminjaman dengan saudara sendiri biasanya prosesnya mudah dan tidak perlu membayar bunga. Usahakan untuk segera membayar pinjaman tersebut. Jangan sampai persaudaraan rusak hanya karena urusan pinjam meminjam uang.

2. Gadaikan Pada Teman

Selain dengan saudara cara agar sertifikat aman saat digadaikan adalah dengan menggadaikannya pada teman. Teman sejati pasti tidak akan senang melihat diri Anda dalam kesusahan. Untuk itu mereka pasti akan bersedia membantu Anda untuk memberikan pinjaman uang dengan jaminan sertifikat rumah. Sama seperti saudara, teman juga pada umumnya tidak akan meminta bunga untuk uang pinjaman yang telah diambil. Pilihlah teman yang bisa Anda percaya.

3. Cari Lembaga Gadai Syariah

Berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari lembaga pegadaian yang syariah. Biasanya pegadaian dengan sistem syariah akan memberikan kemudahan pada Anda. Selain itu sertifikat rumah yang Anda gadaikan juga akan dijaga dengan baik. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan sertifikat rumah yang Anda miliki. Lembaga seperti ini juga tidak menuntut bunga tinggi, oleh sebab itu hal ini akan memberi keringanan pada Anda untuk segera bisa melunasi pinjaman.

4. Pilih Tempat Gadai Minim Bunga

Ada banyak sekali tempat gadai yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Untuk itu pastikan Anda memilih satu yang paling minim bunganya. Sebab saat ini sangat sulit untuk mencari tempat gadai yang menerapkan sistem tanpa bunga. Hal ini dilakukan agar Anda tidak berat dalam membayar pinjaman. Selain itu pastikan Anda meminjam uang hanya sebatas keperluan saja. Jangan sampai Anda meminjam terlalu banyak sehingga tidak mampu membayar.

5. Gunakan Sistem Pembayaran Yang Tepat

Sistem pembayaran pinjaman ini biasanya ada dua cara. Cara yang pertama adalah dengan sistem langsung lunas. Artinya Anda hanya cukup membayar pinjaman satu kali saja. Cara ini jarang dilakukan karena dianggap terlalu berat. Sedangkan cara kedua adalah dengan mengangsur pinjaman setiap bulannya. Besarnya jumlah angsuran ditentukan dengan besarnya pinjaman dan berapa jangka waktu yang diambil. Pilihlah sistem pembayaran yang menurut Anda paling sesuai.

Tidak sulit untuk melakukan cara agar gadai sertifikat rumah aman dan tidak memberatkan bagi Anda. Berusahalah untuk segera melunasi pinjaman yang Anda ambil. Sebab semakin cepat Anda lunasi, maka semakin cepat sertifikat rumah bisa kembali pada Anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu