avatardisplay_general
DISITU
09 Aug 2018

Atur Aplikasi Waze dan Gmaps,Hindari Jalur Ganjil Genap

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180809/Asian Games Waze Google Maps.jpg

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan perluasan aturan Ganjil Genap pada sejumlah jalan selama Asian Games 2018 melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta serta Ditlantas Polda Metro Jaya dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), setelah melakukan sosialisasi selama satu bulan. Masa uji coba aturan ini dilakukan sejak tanggal 2 Juli hingga 31 Juli 2018, serta perluasan aturan Ganjil Genap ini resmi dimulai tanggal 1 Agustus 2018 hingga Asian Games 2018 berakhir pada tanggal 2 September 2018.

Masyarakat diimbau supaya dapat mencermati jalan-jalan yang menerapkan aturan Ganjil Genap, serta menaati rambu dan arahan petugas di lapangan. Jalan tersebut berada di sekitar Wisma Atlet Kemayoran dan tempat pertandingan, antara lain Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Velodrome Pulogadung, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pantai Marina Ancol, JIExpo Kemayoran dan Lapangan Simprug. Ada sebanyak 13 jalan yang diputuskan untuk menerapkan aturan ganjil genap Asian Games 2018 ini, antara lain:

1. Jalan Medan Merdeka Barat

2. Jalan MH. Thamrin

3. Jalan Jenderal Sudirman

4. Jalan Sisingamangaraja

5. Jalan Jenderal Gatot Subroto (simpang Kuningan - simpang Slipi)

6. Jalan Jenderal S Parman (simpang Slipi - simpang Tomang)

7. Jalan MT Haryono (simpang UKI - simpang Pancoran - simpang Kuningan)

8. Jalan HR Rasuna Said

9. Jalan Jenderal DI Panjaitan (simpang Pemuda - simpang Kalimalang - simpang UKI)

10. Jalan Jenderal Ahmad Yani (simpang Perintis - simpang Pemuda)

11. Jalan Benyamin Sueb (simpang Benyamin Sueb - Kupingan Ancol)

12. Jalan Metro Pondok Indah (simpang Kartini - Bundaran Metro Pondok Indah - simpang Pondok Indah - simpang Bungur - simpang Gandaria City - simpang Kebayoran Lama)

13. Jalan RA Kartini.

Meskipun telah mengetahui nama-nama jalan yang menerapkan sistem ganjil genap, masih banyak pengemudi yang melanggar aturan dengan alasan lupa maupun karena petunjuk arah yang mereka dapatkan dari sejumlah aplikasi online seperti Waze dan Google Maps atau Gmaps. Untuk itu, para pengemudi dianjurkan untuk mengatur ulang aplikasi-aplikasi tersebut agar terhindar dari pelanggaran aturan yang berlaku.  Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan dalam mengatur aplikasi online untuk menghindari jalur ganjil genap.

Pastikan Anda sudah mengunduh dan memperbaharui aplikasi Google Maps atau Waze di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur aplikasi Gmaps:

1. Buka aplikasi Google Maps di perangkat Anda. Setelah itu, buka menu "Settings"

2. Gulir layar ke atas untuk menemukan menu "Navigation settings". Di dalam menu, pilih "Avoid odd-even traffic fine"

3. Centang pilihan "Even pelate" (jika plat nomor genap) atau "Odd plate" (jika plat nomor ganjil). Klik "Save" untuk melanjutkan

4. Usai mengatur plat nomor, Anda dapat mengetikkan alamat yang ingin dituju di kolom pencarian

5. Secara otomatis, Google Maps akan memilihkan jalur yang sesuai dengan plat nomor kendaraan sesuai dengan tanggal ganjil atau genap yang berlaku

Untuk mengubah pilihan plat nomor ganjil atau genap di dalam aplikasi, Anda dapat langsung dengan mengklik menu "Avoiding odd plate roads".

Bagi Anda yang tidak memakai aplikasi Gmaps, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Waze dalam menghindari jalur ganjil genap. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Setelah membuka aplikasi, masuk ke menu 'Setting' di Waze

2. Buka 'Navigation'

3. Lalu pilih 'License pelate restriction'

4. Masukkan dua digit angkat terakhir nomor plat kendaraan

5. Secara otomatis Waze akan mengarahkan Anda kepada jalur lintasan dengan menyesuaikan aturan ganjil genap.