avatardisplay_general
DISITU
10 Aug 2018

Ayo Naik Transjakarta Gratis Selama Asian Games

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180810/transjakarta gratis banner.jpg

Kebijakan ketiga dari Pemprov DKI Jakarta dalam rangka menyambut Asian Games 2018, mengenai biaya Transjakarta yang digratiskan telah dikeluarkan. Kebijakan diberlakukan setelah pemerintah Pemrov DKI melakukan koordinasi bersama INASGOC selaku komite penyelenggara Asian Games, Dinas Perhubungan DKI, dan Polda Metro Jaya. Jadi selama Asian Games ini berlangsung, PT Transjakarta memberlakukan ongkos gratis untuk semua rute bagi para penumpang di tiap akhir pekan.

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ini akan berlangsung mulai dari tanggal 18 Agustus dan akan berakhir pada tanggal 2 September 2018 mendatang. Untuk turut menyukseskan Asian Games, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menerapkan sejumlah kebijakan, antara lain pemberlakukan perluasan jalur ganjil genap disejumlah titik di Jakarta, penutupan beberapa gerbang tol, serta menggratiskan biaya naik Transjakarta selama Asian Games 2018 berlangsung.

"Alhamdulillah dengan menggunakan kebijakan ganjil-genap di beberapa rute ditambah dengan penutupan pintu-pintu tol, target 30 menit bisa tercapai. Dari Wisma Atlet sampai dengan GBK itu diperlukan waktu 20 sampai 25 menit, jadi Insya Allah aman," ungkap Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta.

Transjakarta Sediakan 1.750 bus Transjakarta

Transjakarta menyediakan 1750 bus Transjakarta dan 350 bus khusus dipakai untuk para atlet. Anies Baswedan menjelaskan bahwa kebijakan tersebut tidak berlangsung setiap hari, melainkan ada dua hari dalam seminggu yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati Transjakarta gratis. "Sebagai informasi, warga bisa mendatangi kegiatan Asian Games dengan menggunakan Transjakarta, di hari Sabtu-Minggu Transjakarta digratiskan untuk semua rute," tegas Gubernur DKI Jakarta, di Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (5/8).

Tidak hanya memperhatikan para atlet Asian Games, Transjakarta juga mengeluarkan kebijakan Transjakarta Cares yang merupakan fasilitas gratis naik Transjakarta bagi penyandang disabilitas di DKI Jakarta. Syarat untuk mendapatkan fasilitas ini antara lain adalah penumpang merupakan penyandang disabilitas, penumpang berlokasi di DKI Jakarta, serta penumpang diminta untuk melakukan pemesanan sehari sebelum penggunaan layanan melalui call center 1500102.

Keputusan digratiskannya TransJakarta ini diharapakan dapat menjadi pemantik bagi masyarakat untuk meninggalkan kendaraan pribadi, dan membiasakan diri untuk menggunakan transportasi umum yang disediakan. Hal ini diharapkan dapat menjadi pendukung bagi kebijakan sebelumnya, yaitu kebijakan ganjil genap yang sukses meningkatkan jumlah penumpang Transjakarta hingga 10 persen, dari 790 ribu menjadi 877 ribu penumpang.