avatardisplay_general
DISITU
05 Jun 2018

Begini Positif-Negatifnya Gadai Emas Tanpa Surat

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180605/Begini Positif Negatifnya Gadai Emas Tanpa Surat.jpg

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah bisa melakukan gadai emas tanpa surat? Mungkin ketika itu Anda menyimpan sejumlah emas yang berharga, namun surat-surat kelengkapan emas yang Anda simpan itu hilang. Penyebabnya bisa karena rusak, terbuang atau lupa menyimpan. Namun di situasi tersebut Anda sedang butuh dana cepat untuk kebutuhan yang mendesak.

Perlu diketahui, perusahaan jasa pemberi pinjaman lewat gadai perlu memastikan bahwa barang yang Anda gadaikan tidak bermasalah. Makanya, surat kelengkapan dan dokumen emas harus selalu dipersiapkan sebagai bukti emas Anda didapatkan lewat transaksi yang legal.

Emas merupakan salah satu barang yang bisa digadaikan ke sejumlah pusat gadai. Ia merupakan logam mulia yang berharga yang wujudnya beragam, di antaranya berupa batangan, perhiasan, cincin, kalung serta benda cantik lainnya.

Saking berharganya, emas kerap diandalkan untuk obyek investasi. Emas bahkan unggul dibandingkan benda berharga lainnya karena bisa melindungi pemiliknya dari jerat inflasi, serta bisa dicairkan menjadi uang secara mudah.

Berikut ini hal-hal yang mesti diperhatikan ketika ingin menggadaikan emas, dengan atau tanpa surat-surat:

1. Surat-surat dan dokumen yang menyertai emas berisi tentang legalitas emas, data spesifik tentang kondisi emas, serta memuat data tentang harga dan waktu pembelian emas. Data tersebut wajib disertakan ketika Anda ingin menggadaikan emas agar proses pencairan dana pinjaman berlangsung cepat dan adil.

2. Bisa saja emas yang tidak memiliki surat digadaikan, tapi hanya sebagian kecil saja dari perusahaan penyedia jasa gadai yang bersedia melakukannya. Anda bahkan berpeluang mengalami kerugian ketika menggadaikan emas tanpa dokumen.

Sebab, mungkin saja harga taksiran emas sebagai proses dari pencairan dana pinjaman akan jauh lebih rendah dari pada harga asli emas ketika dibeli. Jadi, sebaiknya Anda melengkapi dokumen ketika ingin menggadaikan emas di tempat gadai. 

3. Jika Anda melakukan gadai emas tanpa surat, kerugian selanjutnya bukan hanya dari potensi rendahnya nilai taksiran harga emas. Nilai tersebut juga akan dipotong oleh biaya administrasi dan penitipan barang, sehingga pencairan dana pinjaman berpotensi semakin rendah.

4. Jangan lupa membawa persyaratan pendukung lainnya seperti kartu identitas (bisa berupa Kartu Tanda Penduduk atau Surat Izin Mengemudi). Dokumen-dokumen ini merupakan persyaratan lazim yang harus Anda penuhi agar transaksi gadai emas bisa berjalan lancar.

5. Perhatikan tenggat pembayaran cicilan serta masa gadai emas. Masing-masing perusahaan gadai memiliki kebijakan waktu yang berbeda-beda, juga menyesuaikan dengan perjanjian yang telah disepakati di awal.

Semakin lama durasi Anda menitipkan emas di pegadaian, maka akan semakin besar pula beban bayar atau cicilan yang harus Anda penuhi. Sebab, biaya administrasi akan terus berjalan. Maka dari itu, segeralah melakukan pelunasan setelah pencairan dana terlewati.

Anda pastinya sudah melakukan perkiraan pembayaran dan penebusan gadai emas ketika memutuskan untuk menggadaikan barang Anda. Jadi, usahakanlah dana pinjaman tersebut dialokasikan sebagiannya untuk kebutuhan produktif seperti untuk membiayai modal usaha. Dengan begitu, diharapkan Anda tidak terlalu kerepotan ketika harus melakukan pelunasan dana pinjaman sekaligus menebus barang gadai.   

Pada dasarnya, praktik gadai emas tanpa surat bisa saja dilakukan, meski tidak semua perusahaan gadai berkenan menerimanya. Ketika Anda diperbolehkan melakukan gadai emas tanpa surat, Anda harus mau menerima konsekuensinya, misalnya nilai pencairan dana pinjaman akan jauh lebih rendah ketimbang harga asli emas yang Anda gadaikan. Jadi sebaiknya Anda memiliki dokumen dan surat-surat kelengkapan emas jika ingin menggadaikannya dengan proses yang adil, cepat dan aman.