avatardisplay_general
DISITU
03 Oct 2018

Belum Punya BPJS Ketenagakerjaan? Ini Manfaatnya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/101003/Belum%20Punya%20BPJS%20Ketenagakerjaan_%20Ini%20Manfaatnya.jpg

Untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, manusia tentu perlu bekerja. Namun, dalam setiap pekerjaan tentu ada risiko tersendiri, sehingga sebagai pekerja Anda membutuhkan perlindungan. Tidak hanya asuransi, perlindungan terhadap tenaga kerja bisa didapatkan salah satunya melalui badan hukum publik  yaitu BPJS Ketenagakerjaan.

Badan hukum publik BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya bernama Jamsostek, merupakan badan hukum publik yang bertugas untuk melindungi para tenaga kerja dari risiko ekonomi dan sosial yang mungkin terjadi dalam hubungan kerja. Tidak hanya bagi tenaga kerja, perlindungan juga ditujukan salah satunya untuk para pemberi kerja/ perusahaan.

BPJS

Badan penyelenggara jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sendiri memiliki beberapa program seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi para tenaga kerja.

Keempat program badan penyelenggara jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan tersebut jelas sangat penting dan salah satunya dapat melindungi Anda saat terjadi hal yang tidak menyenangkan selama bekerja. Sebagai contoh jika seorang pekerja mengalami kecelakaan baik saat pergi ke kantor atau pulang ke rumah, biaya rumah sakit akan ditanggung oleh badan penyelenggara jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. Tentunya dengan syarat lokasi perawatan sudah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Agar bisa menikmati layanan tersebut, bagi pekerja syarat utamanya adalah tergabung dalam perusahaan atau bagi yang berada di luar hubungan kerja bisa mendaftarkannya secara berkelompok sebanyak 10 orang.

Meskipun memiliki sejumlah program yang menguntungkan, nyatanya masih banyak tenaga kerja yang belum benar-benar menyadari manfaat BPJS Ketenagarkerjaan. Apa saja keuntungan lain dari BPJS Ketenagakerjaan untuk para pekerja? Berikut ulasannya:

  1. Tabungan di Masa Tua

Menjelang masa pensiun banyak orang merasa sedih dan khawatir tidak akan memiliki hidup yang layak setelah tidak lagi bekerja. Tapi semua rasa khawatir itu bisa hilang jika Anda terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Saat pensiun, seorang pekerja yang telah terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan selama 15 tahun akan menerima pensiunan yang dibayarkan setiap bulannya. Besar pensiunan yang diterima adalah 40 persen dari gaji dengan maksimal gaji 7,7 juta rupiah.

  1. Santunan Dukacita

Selain menguntungkan bagi pensiunan kerja, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki manfaat bagi keluarga anggota BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia. Jika pekerja meninggal di luar kecelakaan kerja, maka BPJS akan memberikan santunan sebesar 24 juta ditambah 12 juta untuk beasiswa.

Sementara itu menurut Agus Susanto Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, santunan akan diberikan sejumlah 48 kali gaji bagi mereka yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja.

  1. Program Kembali Kerja

Kecelakaan saat kerja adalah sesuatu yang mungkin saja terjadi. Jika kecelakaan tersebut bisa disembuhkan tentu tidak terlalu menjadi masalah besar. Namun hal itu tentu berbeda jika kecelakaan sampai menyebabkan pekerja cacat. Tapi tidak perlu khawatir, para tenaga kerja yang cacat dan tidak bisa bekerja lagi akan dibina dan diberi pelatihan oleh BPJS Ketenagakerjaan.