05 March 2018 00:00

Bensin Anda Cepat Habis?Tips Jitu Menghemat Bensin Kendaraan

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/439 Bensin Anda Cepat Habis Gini Tips Jitu Menghemat Bensin Kendaraan.jpg

Penggunaan bahan bakar atau BBM adalah suatu kebutuhan yang perlu Anda penuhi terutama untuk kalangan pengguna kendaraan pribadi di Negara Republik Indonesia yang cukup banyak sehingga BBM termasuk ke dalam daftar belanja wajib disetiap bulannya. Karena harga BBM yang tidak stabil yang di sebabkan karena keadaan ekonomi yang masih kurang stabilnya di Indonesia. Jadi harga BBM menjadi cukup mahal, tidak ada jalan lain selain Anda memulai untuk menghemat penggunaan BBM pada kendaraan.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya perhatikan betul penggunaan BBM pada kendaraan Anda, apakah boros atau tidak? Sehingga pengeluaran tidak mengalami pembengkakan karena BBM, untuk menghemat Anda dapat beralih menggunakan transportasi umum sebagai pilihan lain untuk Anda melakukan kegiatan sehari-hari. Ingat bahwa kebutuhan Anda masih banyak dan maksimalkan sebaik mugkin untuk Anda dapat memenuhi dan dapat tetap menjalankan hidup hemat. Walaupun harga BBM yang cukup mahal, berikut ini lima cara untuk menghemat biaya bahan bakar tersebut:

  1. Jangan mengemudi dengan ugal-ugalan

Sering-Berkendara

Sumber Gambar: (Otomotif Kompas)

Penggunaan BBM dapat diukur dari bagaimana cara kita mengemudi. Apabila Anda menjalankan mobil Anda dengan cara mengebut, apalagi dengan cara ugal-ugalan dijalan selain juga membahayakan keslamatan diri Anda sendiri danmerugikan orang lain, serta bahan bakar kendaraan Anda cepat habis juga.Sebaiknya, kemudikan kendaraan Anda dengan tidak mengebut dan sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku jika Anda tidak ingin kena tilang. Selain lebih aman untuk keslamatan Anda, pengeluaran BBM juga dapat menjadi lebih hemat.

  1. Pilih BBM dengan kualitas yang mumpuni

 Sering-Berkendara

Sumber Gambar: (sumbermaju.weebly.com)

Pengeluaran BBM dapat menjadi lebih hemat, apabila kita memilih BBM yang mempunyai kualitas yang tinggi. Karena, saat kita lebih memilih mengunakan BBM yang berkualitas rendah, selain mempercepat kerusakan mesin, penggunaan BBM menjadi lebih boros.

  1. Sebisa mungkin, Matikan mesin mobil Anda saat berhenti lama

Sering-Berkendara

Sumber Gambar: (Merdeka)

Apabila Anda sedang berkendara dan ingin berhenti untuk beberapa menit, sebaiknya matikan mesin kendaraan Anda.Hal ini juga yang akan menghemat bahan bakar kendaraan Anda. Begitupula saat Anda ingin memanaskan mesin mobil Anda sebelum digunakan, jangan terlalu lama. Jika indikator mesin sudah menunjukan status panas, maka memanaskan mesin dianggap sudah cukup.

  1. Mengisi bahan bakar saat pagi hari

Sering-Berkendara

Sumber Gambar: (otoVista)

Jika Anda ingin mengisi bahan bakar diwaktu yang tepat, lakukanlah pada saat pagi hari. Biasanya, SPBU meiliki tangki penyimpanan bahan bakar dibawah tanah area tersebut.Kabarnya, apabila tanahnya dingin, bahan bakar akan semakin kental dan padat. Sebaliknya, saat siang hari yang panas, bahan bakar cenderung akan memuai dan kapasitasnya bisa lebih sedikit.

  1. Hindari mengisi bensin saat tangki kosong

Sering-BerkendaraSumber Gambar: (psycinsight.co.nz)

Cara menghemat BBM yang terakhir dan tak kalah penting adalah dengan mengisi bahan bakar saat tangka setengah penuh.Teori ini semakin kuat, apabila tangki bahan bakar kendaraan, maka udara di tangki semakin sedikit. Bahan bakar tidak akan mudah memuai jika ruang udaranya sempit. Bahan bakar yang kita gunakan akan lebih hemat.

Cobalah dengan alternatif transportasi umum agar lebih hemat

Sering-Berkendara

Sumber Gambar: (Catperku)

Agar dapat menghemat bahan bakar dan keuangan Anda, sebaiknya Anda mencoba alternatif transportasi umum saja.Dibeberapa kota besar, trasnportasi umum bisa menjadi solusi untuk mengatarkan kita sampai ke tempat yang Anda tuju tanpa perlu memikirkan biaya yang dikeluarkan lebih mahal.Munculnya transportasi online dapat juga kita manfaatkan dan biaya juga dapat lebih hemat. 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu