avatardisplay_general
DISITU
24 Sep 2018

Beragam Jenis Sakit Kepala dan Penyebabnya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180924/Beragam%20Jenis%20Sakit%20Kepala%20dan%20Penyebabnya.jpg

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala mendadak saat tengah sibuk mengerjakan berbagai aktivitas? Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan dan membuat aktivitas jadi terganggu. Tidak sebentar, beberapa kasus sakit kepala bahkan membutuhkan waktu cukup lama untuk reda. Mengapa demikian?

Sakit kepala yang Anda rasakan selama ini mungkin dianggap sama saja. Padahal sakit kepala memiliki beberapa jenis berbeda tergantung lokasi rasa sakit dan setiap jenis juga memiliki penyebab tersendiri. Apa saja? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

  1. Migrain

Jenis Penyakit

Jenis sakit kepala yang satu ini tentu sudah sangat familiar di telinga Anda. Migrain atau sakit kepala sebelah biasanya akan membuat penderitanya merasa seperti dipukul benda keras pada satu bagian dan merasa lebih sensitif terhadap rangsangan suara atau cahaya. Dilansir dari Kompas, migrain sendiri bisa diakibatkan oleh konsumsi alkohol, stres, kelelahan dan makanan tertentu. Sementara untuk meredakannya Anda bisa beristirahat di tempat yang tenang dan gelap selama beberapa saat sampai rasa sakit berkurang.

  1. Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)

Jenis Penyakit

Rasa sakit kepala yang intens pada kedua sisi kepala, belakang mata atau leher merupakan ciri dari sakit kepala tegang. Jenis sakit kepala yang membuat penderita merasa kepalanya terikat ini biasanya dialami karena kurang tidur, lapar, dan stres. Untuk meredakan sakit yang dialami, selain mengonsumsi obat Anda juga bisa memberikan kompres dengan kain hangat pada area sekitar dahi dan leher. Istirahat sejenak di tempat yang tenang dan gelap juga bisa menjadi solusi untuk dicoba.

  1. Sakit Kepala Sinus

Jenis Penyakit

Sesuai dengan namanya, jenis sakit kepala yang satu ini cenderung akan menyerang daerah sinus yaitu pada bagian tulang pipi, dahi, dan batang hidung. Rasa sakit yang intens pada ketiga bagian tersebut umumnya disebabkan oleh infeksi virus seperti virus flu. Para penderita biasanya mengeluhkan gejala lain seperti demam, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan.

  1. Sakit Kepala Dehidrasi

Jenis Penyakit

Selain menyebabkan kelelahan, dehidrasi juga dapat membuat Anda merasakan sakit kepala. Sakit kepala akibat kekurangan cairan atau dehidrasi biasanya ditandai dengan kepala yang terasa berdenyut dan pusing. Untuk mengatasinya, jangan langsung minum dalam jumlah banyak namun coba minum perlahan dan istirahatlah sejenak. Selain karena kekurangan cairan, sakit kepala yang satu ini bisa juga diakibatkan oleh konsumsi kafein dan stres.

  1. Sakit Kepala Cluster

Jenis Penyakit

Di antara jenis sakit kepala yang lain, sakit kepala cluster bisa dibilang yang paling menyakitkan. Sakit kepala yang satu ini dapat berlangsung selama 15 menit sampai 3 jam dan untuk periodenya bisa terjadi selama enam bahkan 12 minggu. Ciri khas dari sakit kepala ini adalah rasa sakit intens pada satu bagian kepala yang terjadi terus-menerus. Banyak ahli percaya bahwa sakit kepala yang satu ini banyak dialami oleh mereka yang pernah mengalami cedera kepala, peminum, serta perokok berat.