avatardisplay_general
DISITU
04 Jun 2018

Biaya Modal Buka Bengkel Motor, Berikut Ulasannya

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180604/Berapa Biaya Modal Buka Bengkel Motor Berikut Ulasannya.jpg

Jumlah kendaraan di Indonesia saat ini memang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setiap harinya selalu ada transaksi penjualan kendaraan dengan berbagai jenis merk meskipun terjadi kenaikan biaya pengurusan STNK serta  BPKB. Hal tersebut membuat peluang usaha bengkel menjanjikan sekali untuk dijalani. Tapi apa saja modal buka bengkel motor yang dibutuhkan? Simak ulasan berikut ini.

1. Lokasi Yang Strategis

Lokasi merupakan hal yang penting dalam membuka usaha bengkel. Tempat yang strategi untuk membuka bengkel akan menentukan sukses tidaknya sebuah usaha. Hal tersebut berlaku pula bagi bisnis mandiri maupun bisnis bengkel secara waralaba. Dengan memiliki lokasi yang strategis, mudah di jangkau oleh masyarakat akan menambah keuntungan dalam usaha bengkel ini. Setelah para konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan, maka kemungkinan besar konsumen tersebut bisa menjadi pelanggan tetap.

Karena pentingnya suatu lokasi dalam usaha bengkel, maka Anda perlu menyiapkan tempat yang masih sepi dengan pesaing. Jangan sampai mendapatkan lokasi yang terdapat pesaing apalagi pesaing usaha waralaba ternama seperti Ahass. Selain itu Anda juga bisa mencari lokasi yang ramai oleh lalu lintas kendaraan. Untuk biaya sewa tempat yang perlu Anda siapkan adalah sekitar Rp 500.000.000,-.

2. Sparepart Lengkap

Kebanyakan orang atau konsumen akan memperbaiki kendaraannya atau bahkan membeli peralatan kendaraan di bengkel-bengkel yang memiliki suku cadang lengkap. Oleh karena itu alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan sparepart yang lengkap bagi bengkel Anda. Sparepart yang harus disiapkan seperti paking blok mesin, baut mesin, paking karburator, saklar, busi, kampas dan lain-lain. Karena perputarannya sangat cepat maka semua sparepart tersebut harus selalu ada di dalam bengkel. Oli sebagai pelumas juga tak kalah penting dalam adanya persediaan yang selalu ada. Selain oli, yang harus disiapkan dalam bengkel Anda adalah fork oli, pembersih karburator, injector cleaner, minyak rem dan lain sebagainya. Biaya yang harus Anda siapkan sekitar Rp 6.500.000,-.

3. Peralatan dan Perlengkapan Kerja

Modal buka bengkel motor yang selanjutnya adalah perlengkapan dan peralatan kerja di dalam bengkel. Tahapan ini memang banyak dipertanyakan oleh seseorang yang baru terjun ke usaha bengkel. Untuk memulai usaha bengkel khususnya dalam peralatan ini, Anda bisa menyiapkan peralatan yang standar terlebih dahulu. Peralatan umum yang harus Anda siapkan seperti kunci yang bermacam-macam, obeng, tang, pahat, ragum, gergaji besi, palu besi dan karet. Sedangkan peralatan khusus meliputi bor tangan, gerinda tangan, gerinda duduk, kompresor udara.

Berjalannya waktu dalam proses pengembangan bengkel Anda, maka Anda bisa membeli peralatan bengkel yang lebih bagus kualitas dan mereknya. Untuk itu Anda bisa mulai berinvestasi ada usaha bengkel Anda jika telah berhasil. Anda bisa melakukan penggantian atau penambahan peralatan yang telah ada di bengkel Anda. Biaya yang harus Anda siapkan adalah sekitar Rp 6.000.000,- yang terdiri dari perlengkapan umum dan khusus.

4. Teknisi

Teknisi merupakan salah satu hal yang terpenting dalam mulainya usaha bengkel. Bagi Anda yang ingin memulai usaha bengkel bisa mencari teknisi yang benar-benar handal untuk dijadikan sebagai karyawan Anda. Namun jika Anda keberatan untuk langsung merekrut karyawan baru, Anda bisa menjadi teknisi dalam bengkel Anda sendiri jika memiliki kemampuan. Seiring berjalannya waktu, jika bengkel Anda telah berhasil, Anda bisa mencari teknisi yang handal untuk dijadikan karyawan Anda. Mengapa harus handal? Karena teknisi handal akan sangat berpengaruh dalam kesuksesan usaha bengkel Anda. Teknisi yang handal akan memberikan kepuasan terhadap konsumen Anda dan bahkan bisa menjadi pelanggan tetap di bengkel Anda.

5. Manajemen Bengkel

Modal buka bengkel motor yang terakhir yaitu manajemen bengkel. Manajemen bengkel disini memiliki artian yang luas, misalnya tata krama untuk menyambut konsumen seperti salam, sapa dan senyum. Selain tata krama ada juga kerapian bengkel, administrasi keuangan, baju teknisi dan lain sebagainya.

Modal usaha yang dibutuhkan untuk membangun usaha bengkel tergantung dengan besar tempat dan peralatan yang ada. Kira-kira modal yang dibutuhkan secara keseluruhan sekitar Rp 10.000.000,- sampai Rp 300.000.000,- . 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu