avatardisplay_general
DISITU
30 Jun 2018

Berita Ekonomi Mikro Indonesia yang perlu kamu tahu

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180630/Berita Ekonomi Mikro Hari Ini Di Indonesia.jpg

Saat ini Indonesia sedang membenahi diri dalam bidang ekonomi mikro. Perputaran ekonomi mikro di Indonesia ternyata tidak sebaik dengan perkembangan ekonomi makro yang terjadi. Hal ini bukan saja menjadi PR bagi pemerintah, tapi juga bagi kita semua. Pertumbuhan ekonomi mikro yang sangat kecil dan tidak stabil akan berdampak pada daya beli masyarakat kecil di Indonesia. Tentu saja ini dikarenakan rata-rata yang terkena imbas dari ketidakstabilan ekonomi mikro adalah rakyat golongan ekonomi menengah ke bawah. Inilah mengapa Anda harus mengetahui berita ekonomi mikro hari ini, agar Anda juga bisa ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan PR ini. Mulailah dari tindakan-tindakan kecil yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi mikro di Indonesia.

Partisipasi Dalam Meningkatkan Ekonomi Mikro

Sebagai warga negara yang baik, Anda harus sadar bahwa negara bisa berjalan lancar jika masyarakatnya bisa diandalkan. Hal ini berlaku juga dalam proses peningkatan ekonomi mikro yang ada di Indonesia. Berikut partisipasi yang bisa Anda lakukan :

1. Lebih Produktif

Warga negara yang baik adalah mereka yang bisa produktif. Produktif di sini artinya Anda harus lebih giat bekerja dan berkarya untuk negeri. Jangan menjadi orang yang pemalas apalagi sampai menjadi pengangguran. Harus diakui jumlah pengangguran yang tinggi juga berdampak buruk bagi perekonomian negara. Ini menjadi masalah yang selalu menghantui para sarjana yang baru lulus di Indonesia.

2. Tidak Merusak Fasilitas Publik

Merusak fasilitas publik berarti Anda semakin memperparah keadaan. Para investor biasanya baru mau akan menanam modal jika fasilitas infrastruktur di suatu daerah sudah baik. Infrastruktur ini bisa berupa jalan, jembatan dan juga pembangkit listrik. Fasilitas jalan di Indonesia memang masih banyak yang buruk, terutama di daerah-daerah.

3. Lebih Cinta Produk Lokal

Minimalisir penggunaan barang-barang impor yang berasal dari luar negeri. Selain itu berusahalah untuk mengkonsumsi barang dan makanan dari masyarakat lokal. Dengan cinta produk lokal, berarti Anda telah memajukan industri mikro yang ada di Indonesia. Hal ini akan membawa dampak yang positif pada pertumbuhan ekonomi.

4. Jadi Pengusaha

Jadi pengusaha di sini bukan berarti Anda harus menjadi pengusaha besar. Mulailah usaha kecil-kecilan yang penting tetap menghasilkan keuntungan. Negara yang maju adalah negara yang memiliki jumlah pengusaha yang besar. Contohnya negara Singapura yang sudah maju, mayoritas penduduknya suka berbisnis dan berusaha sendiri bukan menjadi karyawan.

5. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Sadar atau tidak sadar masyarakat Indonesia cenderung konsumtif. Masyarakat yang konsumtif  kurang bisa memberikan perkembangan yang baik dalam ekonomi. Hindari hidup boros dan membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Setelah membaca berita ekonomi mikro hari ini, seharusnya Anda bisa mulai mengatur perilaku konsumtif Anda.

6. Taat Pajak

Jadilah warga negara yang baik dengan taat pajak. Pajak adalah sumber pendapatan negara yang sangat diandalkan. Uang pajak ini nantinya akan dikembalikan lagi pada rakyat dalam bentuk fasilitas publik seperti jalan dan sebagainya. Indonesia tidak akan maju perekonomian mikronya jika warganya tidak taat pajak.

7. Menghilangkan Budaya KKN

Bagaimanapun usaha kita, jika masih ada KKN ( Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ) maka perekonomian Indonesia tidak akan maju. Untuk itu hindari kebiasaan KKN ini sedini mungkin. Mulai dari hal kecil misalnya tidak memberi komisi pada pegawai setempat dan tidak takut melaporkan tindakan korupsi pada KPK. Negara ini pasti ekonominya akan maju jika tidak ada koruptor lagi.

Dengan membaca berita ekonomi mikro hari ini, pastikan Anda sudah tahu apa yang akan Anda lakukan. Perekonomian Indonesia adalah tanggung jawab kita bersama. Ayo majukan perekonomian mikro di Indonesia agar rakyat sejahtera.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu