Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 2018, semua data pengajuan yang masuk melalui DISITU.COM akan diproses kembali pada tanggal 19 Juni 2018. DISITU.COM mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H

27 March 2018 00:00

Besaran Gaji PNS yang Akan Naik di 2019,Simak Biar Kamu Tau

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/587 Gaji PNS Naik di 2019.jpg

Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Direktorat Kompensasi ASN mempertimbangkan untuk menaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS).  Instansi ini diketahui bahwa telah menyusun konsep usulan kenaikan gaji pokok PNS pada tahun 2019 mendatang.

Penyusunan konsep usulan kenaikan gaji pokok PNS 2019 dilakukan dengan mempertimbangkan apabila PNS sudah lebih dari 2 tahun tidak dapat memperoleh kenaikan gaji pokok.

Ini mengingat Rancangan Peraturan Pemerintah (PP) berdasarkan Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS sebagai pengganti PP Gaji PNS sebelumnya, yakni PP No 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS yang terakhir diubah dengan PP No 30 tahun 2015, masih juga belum ditetapkan.

Kenaikan Gaji PNS 2019 ini Pendapat Dari Direktur Kompensasi ASN

Menurut Direktur Kompensasi ASN Aswin, Eka Adhi menjelaskan bahwa kenaikan gaji PNS bergantung dari hasil perhitungan kapasitas fiskal atau kemampuan keuangan negara yang akan dibahas bersama dengan Kemenkeu dalam forum pembahasan antar K/L.

Pengajuan usulan kenaikan gaji pokok ini juga meliputi analisis kebutuhan anggaran berikut simulasi dampak fiscal apa yang akan dibahas dalam forum antar-Kementerian/Lembaga (K/L).

Apabila usulan kenaikan gaji pokok tahun 2019 telah disetujui, maka selanjutnya akan dituangkan dalam Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) pada tahun 2019 mendatang.

Khusus untuk tahun ini, BKN menyampaikan bahwa tidak ada skema kenaikan gaji PNS di tahun 2018. Akan tetapi, PNS akan diberikan Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar gaji pokok sesuai dengan PP No. 25 Tahun 2017.

Kebijakan tersebut dilatarbelakangi karena beban keuangan negara akibat kenaikan gaji pokok PNS yang terkait dengan beban pensiun yang semakin meningkat. Kondisi tersebut mendorong Pemerintah untuk mempercepat proses reformasi pensiun PNS bersamaan dengan reformasi penggajian PNS.

Perlu Anda ketahui bahwa kebijakan THR PNS sudah berlangsung sejak tahun 2016 dan THR sendiri berbeda dengan gaji ke-13, di mana THR hanya terdiri dari gaji pokok saja, sementara untuk gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.

Besarnya Gaji PNS

Sebelumnya, besaran tunjangan kinerja ditentukan sendiri oleh instansi atau lembaga. Itulah sebabnya PNS di Kejaksaan Agung dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan golongan pangkat IV.e dan gaji pokok Rp 5.620,300 bisa menerima tunjangan berbeda. Seorang PNS Kejaksaan Agung bisa menerima Rp 25,74 juta, sedangkan PNS yang di Kemenkeu bisa mendapatkan tunjangan kinerja sampai Rp 46,95 juta. Adapun untuk gaji, bila selama ini diberikan sesuai pangkat dan golongan, ke depan akan dibedakan berdasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, risiko pekerjaan, serta pencapaian target. Pemerintah juga akan menggunakan indeks kemahalan dalam perhitungan gaji PNS.

PNS akan diberikan tunjangan kemahalan yang dibuat berdasarkan wilayah kemahalan setiap daerah. Dengan perubahan skema penggajian tersebut, menurut simulasi pemerintah, belanja pegawai baik di pemerintah pusat maupun daerah yang saat ini besarannya di atas Rp 600 triliun bisa ditekan Rp 80,8 triliun. Dengan demikian, belanja rutin berupa gaji PNS menjadi hanya sekitar Rp 538,144 triliun. Selanjutnya untuk kenaikan gaji pokok PNS terakhir dilakukan pada tahun 2015 sebesar 6 persen.

Diharapkan Kualitas Meningkat

Terlepas ada kenaikan gaji atau tidak, berapa total gaji take home pay yang diterima, jangan pernah menurunkan pelayanan kepada masyarakat. Terus tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena PNS adalah abdi negara, dengan tugas pokok melayani masyarakat. Semoga dengan adanya tambahan gaji ke-14 kualitas pelayanan kepada masyarakat terus meningkat.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu