avatardisplay_general
DISITU
19 Jul 2018

Bisakah Gadai BPKB Mobil Atas Nama Orang Lain?

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180720/Bisakah Gadai BPKB Mobil Atas Nama Orang Lain Ini Dia Jawabannya.jpg

Membeli mobil bekas dapat menjadi alternatif ketika ingin memiliki kendaraan pribadi namun tidak harus mengeluarkan banyak dana. Alasan lain beberapa orang lebih memilih membeli mobil bekas adalah kualitas yang tidak berbeda jauh dengan mobil baru namun dengan harga beli yang lebih murah. Akan tetapi membeli mobil baru tidak sepenuhnya memberikan kemudahan. Pasalnya jika sewaktu-waktu membutuhkan dana cepat untuk menggadaikan mobil tersebut tidak dapat dilakukan jika nama di BPKB masih atas nama pemilik sebelumnya. Berikut ini solusi yang bisa digunakan saat hendak gadai BPKB mobil atas nama orang lain. Pada dasarnya mobil yang dapat digadaikan harus sesuai dengan nama yang mengajukan pinjaman. Hal ini dimaksudkan agar menghindari terjadinya kepemilikan yang tidak sah seperti mobil hasil curian atau penipuan. Namun ada Lembaga leasing yang bersedia untuk memproses pengajuan pinjaman dengan syarat bukti pembelian resmi dan surat-surat penjualan Lengkap.

Solusi Yang Bisa Digunakan Saat Melakukan Gadai BPKB Mobil Atas Nama Orang Lain

Solusi terbaik jika Anda ingin gadai BPKB Mobil  atas nama orang lain yaitu dengan melakukan proses balik nama dahulu. Adapun syarat yang diperlukan dalam melakukan proses balik nama antara lain:

  • Fotokopi KTP

  • STNK asli dan Fotokopi

  • BPKB Asli dan Fotokopi

  • Kuitansi / bukti pembelian sah mobil dengan materai 6.000

Untuk dapat melakukan balik nama BPKB Mobil, Anda dapat membawa kendaraan beserta kelengkapan dokumen ke Samsat terdekat. Berikut langkah-langkah dalam melakukan balik nama BPKB Kendaraan.

1. Melakukan Cek Fisik Mobil

Hal pertama yang dilakukan sesampainya di Samsat adalah menunggu antrian untuk melakukan cek fisik kendaraan. Dalam melakukan cek fisik, petugas akan melakukan pengecekan mobil mulai dari nomor mesin mobil, nomor rangka dan sebagainya.

2. Mengisi Formulir Dan Menyerahkan STNK Asli

Setelah selesai melakukan cek fisik, langkah selanjutnya yaitu mengisi formulir sesuai dengan data mobil yang tertera pada STNK. Kemudian Formulir tersebut diserahkan kepada petugas beserta STNK asli. Lalu tunggu hingga mendapat panggilan dari petugas.

3. Menyerahkan Berkas Persyaratan Beserta BPKB Asli

Ketika formulir telah diproses selanjutnya Anda akan dipanggil oleh petugas. kemudian menyerahkan berkas yang telah disiapkan seperti STNK asli, fotokopi BPKB, formulir cek fisik, Fotokopi KTP pemilik baru dan kuitansi jual beli sah mobil. Setelah berkas tersebut dicek kelengkapannya, selanjutnya adalah menyerahkan BPKB asli dan Balik nama BPKB kendaraan akan diproses.

4. Mengambil Berkas Dan Membayar Biaya Balik Nama

Setelah petugas selesai memproses data balik nama kendaraan, selanjutnya menuju loket untuk mengambil berkas dan diberikan kembar tagihan balik nama. Biaya balik nama BPKB sesuai dengan nominal yang tertera pada lembar tagihan.

5. Mendapatkan Cap Lunas Dan Tanda Terima

Langkah selanjutnya setelah melunasi tagihan balik nama Anda akan mendapatkan tanda terima dan cap lunas dari berkas yang dikumpulkan. Saat itulah STNK atas nama pemilik baru selesai dibuat. Namun untuk dapat mengurus BPKB atas nama pemilik baru harus memprosesnya di POLDA setempat dan selesai.

6. Menggadaikan BPKB Mobil Atas Nama Pribadi

jika BPKB mobil sudah dibalik nama, Anda sudah dapat melakukan pinjaman uang dengan jaminan BPKB mobil tersebut. Nah untuk dapat melakukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil tersebut, Anda dapat melakukan sama seperti gadai mobil pada umumnya yaitu dengan datang ke kantor perusahaan Finance terpercaya dengan menyerahkan dokumen persyaratan seperti :

  • Fotokopi KTP

  • Salinan Kartu Keluarga

  • Fotokopi NPWP

  • Slip Gaji Karyawan atau rekening tabungan 3 bulan

  • Fotokopi PBB

  • BPKB baru atas nama Anda

Itulah sedikit informasi mengenai solusi agar dapat menggadaikan BPKB mobil bekas atas nama orang lain. Agar tidak repot ketika membutuhkan dana yang keadaannya mendesak, ada baiknya jika langsung melakukan proses balik nama sesaat setelah membeli mobil bekas. Sehingga apabila membutuhkan dana sewaktu-waktu dapat langsung memproses ke Lembaga keuangan terpercaya.