05 June 2018 00:00

Bisakah Gadai BPKB Motor Plat Daerah, Ini Jawabannya

DISITU

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Pinjaman dana dengan gadai BPKB motor memang salah satu cara cepat dan mudah. Bahkan, pinjaman tersebut dipermudah dengan adanya lembaga pembiayaan non-bank seperti financial technology (fintech) yang memungkinkan pencairan dana lebih cepat. Selain pencairannya cepat, fintech atau pinjaman online tersebut juga memungkinkan Anda tetap bisa menggunakan motor kesayangan Anda. Lalu apakah pinjaman online tersebut menerima gadai BPKB motor plat daerah? Yuk, simak ulasan tersebut berikut ini!

Gadai BPKB Motor Dengan Plat Daerah

Tak sedikit orang yang bertanya “Bisakah menggadaikan BPKB motor plat daerah?” Jawabannya adalah bisa. Fintech merupakan salah satu lembaga pembiayaan yang menerima pinjaman tersebut dengan produk pinjamannya yang bernama kredit multiguna. Memang benar fintech mau menerima gadai BPKB motor tersebut. Namun, ada catatan yang harus digaris bawahi. Catatan tersebut yaitu kantor cabang fintech tersebut ada di daerah yang sesuai dengan motor plat daerah yang akan Anda jaminkan. Selanjutnya pihak fintech akan meminta mengecek keabsahan dan juga fisik kendaraan yang Anda jaminkan kepada kantor cabang yang ada di daerah tersebut.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Gadai BPKB Motor Plat Daerah Secara Online

Sebelum melakukan pinjaman dengan gadai BPKB motor memang Anda wajib memperhatikan beberapa hal. Dengan demikian, Anda dapat lebih aman dan juga nyaman saat melakukan pinjaman. Nah, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Fintech Yang Akan Anda Tuju

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah fintech yang akan Anda tuju. Jangan sampai Anda mengajukan pinjaman pada fintech yang tidak terpercaya. Jika hal ini sampai terjadi, bukan tidak mungkin Anda akan terkena masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari. Beberapa hal yang menandakan bahwa lembaga pembiayaan tersebut terpercaya adalah website yang digunakan menggunakan domain resmi dan berbayar. Selain itu, alamat fintech tersebut jelas dengan kantor permanen dan ada nomor yang bisa dihubungi.

2. Umur Kendaraan

Umur kendaraan juga perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan fintech biasanya menetapkan batas maksimum umur kendaraan yang bisa dijadikan jaminan. Memang kebijakan setiap fintech mengenai hal ini berbeda. Namun, biasanya fintech menetapkan batas maksimum umur kendaraan antara 5 atau 7 tahun dari batas akhir tenor pengajuan. Jika umur kendaraan Anda melebihi umur tersebut, akan sulit untuk mencari pinjaman online yang bersedia menerima pengajuan pinjaman Anda.

3. Suku Bunga Yang Ditetapkan Fintech

Pinjaman dana berhubungan erat dengan suku bunga. Setiap fintech pun memiliki kebijakan berbeda terkait suku bunga tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui suku bunga yang ditetapkan oleh fintech yang akan Anda tuju. Jika bunga yang ditetapkan sangat tinggi (mencapai 1% per hari) Anda harus waspada. Mengapa demikian? Karena kemungkinan besar fintech tersebut merupakan rentenir online.

4. Persyaratan Pinjaman

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah persyaratan pinjaman. Memang fintech cenderung memudahkan calon nasabahnya dengan memberikan persyaratan yang mudah. Namun, bukan berarti Anda boleh menyepelekan hal tersebut. Pastikan persyaratan yang mereka berikan wajar dan tidak ada hal yang mencurigakan seperti meminta PIN kartu kredit atau rekening Anda. Jika hal ini terjadi, dapat dipastikan bahwa oknum yang menjalankan fintech tersebut hanya berniat menipu Anda.

5. Besar Cicilan

Besar cicilan juga perlu Anda perhatikan. Jangan sampai Anda memutuskan untuk memilih cicilan per bulan yang mencapai 50% dari gaji Anda. Anda harus ingat bahwa gaji Anda juga akan dibagi untuk kebutuhan lain yang tidak kalah penting. Sebaiknya, pilih cicilan per bulan yang besarnya sekitar 30% dari gaji per bulan Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman kredit multiguna dengan gadai BPKB motor plat daerah secara online. Jika Anda tertarik mengajukan pinjaman tersebut, disitu.com bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain aman, kendaraan bisa tetap Anda gunakan dan pencairannya relatif cepat.

Wirausaha-Sukses