avatardisplay_general
DISITU
16 Apr 2018

Bisakah Gadai Cincin Tanpa Surat. Cari Tahu di Sini

https://disituapi.azureedge.net/artikel/677 Bisakah Gadai Cincin Tanpa Surat Cari Tahu Jawaban di Sini.jpg

Cincin merupakan benda yang masuk kategori perhiasan, berbentuk lingkaran dan dipakai di salah satu jari tangan. Sebab ia perhiasan, bahan dasar cincin adalah menggunakan logam mulia dan material berharga lainnya.

Mengingat bahan baku pembuatannya yang berharga, cincin pun berfungsi ganda. Bukan hanya untuk mempercantik jari dan penampilan, tapi juga dapat dipergunakan sebagai tabungan harta maupun digadaikan untuk mendapatkan pinjaman uang secara cepat.

Menggadaikan cincin yang terbuat dari emas atau berharga lainnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengajukan gadai cincin ke perusahaan peminjaman yang Anda pilih, bisa bentuknya pegadaian, koperasi atau perusahaan multifinance lainnya. Jangan lupa untuk menyertakan dokumen-dokumen dan surat-surat identitas cincin agar Anda dan pihak pemberi pinjaman dapat menetapkan nominal nilai pinjamannya.

Namun apa jadinya jika Anda ingin menggadaikan cincin tanpa surat? Mungkin suratnya hilang, lupa menyimpan atau rusak. Apakah masih bisa digadaikan? Untuk mencari tahu jawabannya, mari kita simak uraian berikut ini:

 Wirausaha-Sukses

1. Selain dapat dijadikan instrumen investasi, cincin emas sangat dapat Anda andalkan untuk menjadi solusi permasalahan keuangan Anda yang mendesak, yakni dengan cara digadaikan. Prosedur gadai cincin emas pun relatif mudah, apalagi jika Anda mengantongi kelengkapan dan dokumen surat-surat cincin.

 Wirausaha-Sukses

2. Dokumen-dokumen cincin yang dimaksud yakni sertifikat cincin dan nota pembelian emas. Anda juga harus menyiapkan dokumen-dokumen pendukung lainnya, di antaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

 Wirausaha-Sukses

3. Pahamilah, bahwa cincin emas Anda akan ditaksir harganya oleh pihak pemberi pinjaman. Uang pinjaman yang akan dicairkan rata-rata hanya 85 persen dari nilai taksiran. Misalnyam nilai cincin emas Anda ditaksir seharga Rp 1 juta. Maka, pencairan uang pinjaman yang akan Anda terima hanya sekitar Rp 850 ribu.

4. Sebab berwujud barang berharga yang makan tempat dan volume, ketika menggadaikan cincin Anda akan dikenai biaya titip gadai dan sewa modal lengkap dengan bunganya. Semakin lama jangka waktu gadai, semakin besar pula bunganya. Biasanya, bunga di pegadaian dihitung per 15 hari dan dikenakan 1,15 persen dan 2,3 persen per 30 hari.

5. Memperhatikan jangka waktu peminjaman yang biasanya ebrlaku selama 4 bulan. Dalam jangka waktu tersebut, Anda punya kewajiban untuk melunasi utang. Namun jika diperkirakan And tidak bisa melunasi utang gadai hingga jatuh tempo, Anda bisa memperpanjangnya untuk jangka waktu 4 bulan berikutnya dan seterusnya.

6. Jika cincin emas Anda tidak dilengkapi surat dan dokumen pendukung, sebenarnya akan sulit bagi pihak peminjam untuk mengabulkan pengajuan gadai Anda. Biasanya pengajuan Akan langsung ditolak, tapi ada juga yang dipertimbangkan.

7. Jika pihak pemberi pinjaman mengabulkan pengajuan gadai Anda meski cincin tidak dilengkapi dokumen atau surat-surat, kemungkinan ada sejumlah konsekuensi yang harus Anda terima. Misalnya, nilai harga taksiran akan lebih rendah dari harga sebenarnya, atau nilai bunga akan jauh lebih tinggi. Konsekuensi tak menyenangkan lainnya yakni waktu pencairan dana berpeluang lebih lama karena pegadaian harus melakukan verifikasi dan identifikasi lebih lanjut atas cincin yang ingin digadaikan.

Jadi, alangkah lebih baik jika Anda menggadaikan cincin berbahan dasar logam mulia, disertai dengan dokumen dan surat-sudat pendukung. Hal tersebut akan menjamin keadilan dan keamanan, serta menghemat waktu transaksi. Dengan keberadaan surat dan dokumen cincin, Anda pun akan memeroleh pencairan uang pinjaman dengan cepat, aman dan lancar jika proses gadai dilaksanakan.

Demikianlah artikel seputar gadai cincin tanpa surat. Semoga artikel ini bermanfaat.  

cari-kredit-DISITU-pilihanmu