DISITU
11 Jun 2018

Bisakah Gadai Mobil Belum Lunas, Ini Jawabannya

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Seperti kita tahu, saat ini mobil merupakan salah satu barang yang paling banyak digadaikan. Hal ini biasanya didasarkan pada nominal gadainya yang cukup tinggi. Selain mobil yang sudah lunas, beberapa orang sering menggunakan mobil yang masih kredit sebagai jaminan ketika mengajukan pinjaman dana. Bisakah menggunakan cara semacam itu? Tentu saja bisa, namun ada ketentuan yang harus Anda ketahui. Dan berikut ketentuan gadai mobil belum lunas yang harus Anda perhatikan :

Ketentuan Gadai Mobil Belum Lunas

Inilah ketentuan yang harus Anda ketahui ketika ingin menggunakan mobil kredit sebagai jaminan. diantaranya :

1. Tempat Kredit Mobil Adalah Lembaga Resmi

Ketentuan pertama ketika ingin melakukan gadai mobil kredit adalah tempat Anda melakukan kredit adalah lembaga pembiayaan yang resmi. Hal ini penting untuk Anda ketahui karena secara umum lembaga semacam ini sudah dilindungi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Lembaga yang sudah dilindungi OJK antara lain adalah FIF, Adira, BFI dan yang lainnya. Hal ini perlu Anda perhatikan karena jika Anda melakukan kredit di tempat yang tidak dilindungi oleh OJK maka pengajuan gadai akan ditolak. Sistem semacam ini berlaku terlebih jika Anda mengajukan pinjaman di bank atau koperasi karena pasti ada kebijakan tertentu dari pihak yang bersangkutan. Maka dari itu sebelum melakukan gadai, cari tahu dulu apakah tempat Anda kredit mobil merupakan lembaga resmi OJK atau bukan.

2. Memenuhi Syarat Administrasi

Ketentuan kedua yang harus Anda pahami sebelum melakukan gadai adalah memenuhi syarat administrasi. Ketentuan ini sudah pasti ada di setiap tempat penggadaian karena dari situlah pihak pemberi pinjaman akan mengetahui semua data yang berhubungan dengan Anda. Syarat administrasi yang dimaksud antara lain identitas pribadi, perjanjian kredit, dan juga tabungan. Namun, syarat ini bisa saja berbeda karena setiap tempat gadai pasti memiliki ketentuan serta kebijakan masing-masing. Jadi, sebelum menggadaikan barang Anda, cobalah untuk bertanya ke pihak customer service terlebih soal persyaratan dan kebijakan yang berlaku di tempat tersebut. Dengan begitu Anda akan bisa menyiapkan segala persyaratan dan bisa mengikuti proses gadai dengan lancar.

3. Tidak Melakukan Kredit Macet

Ketentuan lainnya yang cukup penting ketika Anda ingin menggadaikan mobil yang masih kredit adalah tidak melakukan kredit macet. Hal ini penting dilakukan karena jika Anda ketahuan melakukan kredit macet, pihak kreditur jelas akan menolak permohonan pinjaman dana. Alasannya adalah selain Anda tidak memenuhi kewajiban membayar cicilan mobil, dikhawatirkan kredit Anda di kreditur juga akan macet. Hal ini jelas akan merugikan pihak pemberi pinjaman dan jelas mereka akan menolak ketika mengetahui kredit mobil Anda macet. Biasanya sebelum menyetujui permohonan pinjaman dana, kreditur akan melakukan survei ke tempat Anda melakukan kredit. Maka dari itu jangan sekali-kali menggadaikan barang yang proses kreditnya macet karena hal itu akan sia-sia.

4. Mengikuti Proses Survei

Seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk mengetahui Anda melakukan kredit macet atau tidak, pihak kreditur akan melakukan survei ke tempat Anda melakukan kredit. Saat proses tersebut biasanya akan ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab seputar kredit mobil yang dilakukan. Jika jawaban Anda berbeda dengan apa yang dikatakan oleh pihak kredit mobil, maka jelas pengajuan pinjaman Anda akan ditolak oleh kreditur. Maka dari itu sebelum melakukan kredit, sesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan mudah terpaku pada gaya hidup yang terlalu mewah karena hal itu akan jelas merugikan Anda.

5. Sisa Hutang Kredit Tidak Terlalu Besar

Ketentuan terakhir gadai mobil belum lunas adalah sisa hutang kredit mobil Anda tidak terlalu besar. Hal ini biasanya akan diketahui ketika pihak kreditur melakukan survei di tempat Anda membeli mobil. Jika nantinya hutang Anda masih terlalu banyak, maka jelas pengajuan pinjaman Anda akan ditolak karena sangat beresiko merugikan pihak pemberi pinjaman.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu