avatardisplay_general
DISITU
22 Aug 2018

Gadai Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua Di Bank

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180822/Bisakah Gadai Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua Di Bank Ini Jawabannya.jpg

Tak sedikit orang yang bertanya “Bisakah melakukan gadai sertifikat rumah atas nama orang tua di bank?”. Jawabannya adalah bisa, Namun, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan. Nah, di antara cara tersebut ada tahapan dimana orang tua harus datang ke bank untuk melakukan penandatanganan dokumen pencairan dana. Tentu saja hal ini dilakukan jika permohonan pinjaman yang Anda ajukan sudah diterima. Berikut ulasan lebih lanjut mengenai beberapa cara menggadaikan sertifikat rumah atas nama orang tua yang wajib Anda tahu.

7 Cara Gadai Sertifikat Rumah Yang Masih Atas Nama Orang Tua Di Bank

Berikut beberapa cara gadai sertifikat rumah yang masih atas nama orang tua yang perlu Anda tahu.

1. Mencari Informasi Beberapa Bank

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai berbagai syarat dan produk kredit pinjaman dengan agunan sertifikat rumah. Anda dapat mendatangi bank secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut agar lebih jelas. Tanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pinjaman agunan sertifikat rumah secara detail. Pertanyaan yang dapat Anda ajukan yaitu persyaratan, besar pinjaman, suku bunga, angsuran yang harus dibayar tiap bulan, dan lain sebagainya.  

2. Membandingkan Produk Kredit Antar Bank

Sebaiknya, Anda tidak hanya mendatangi satu bank saja. Datangilah beberapa bank yang ada di kota Anda. Tanyakan hal yang sama antara bank yang satu dan yang lainnya. Setelah itu, bandingkan produk kredit antar bank tersebut dan pilih bank yang paling menguntungkan dan memberikan kemudahan dalam melakukan pinjaman.

3. Mengisi Formulir Pinjaman Dan Menunggu Verifikasi

Setelah memutuskan satu bank yang paling tepat, langkah selanjutnya adalah mendatangi bank yang telah Anda pilih tersebut. Kemudian, hubungi customer service yang mengurus pinjaman Anda. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir peminjaman yang diberikan oleh pihak bank. Jika sudah selesai, Anda dapat menyerahkan formulir tersebut kembali disertai dengan persyaratan yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu hasil verifikasi pihak bank.

4. Bank Melakukan Survey

Tahap selanjutnya dalam gadai sertifikat rumah atas nama orang tua adalah pihak bank akan melakukan survey ke rumah yang Anda jaminkan. Surveyor akan melakukan tanya jawab berbagai hal terkait pinjaman yang akan Anda lakukan. Beberapa pertanyaan tersebut mencakup alasan mengajukan peminjaman, gaji Anda tiap bulan, usaha yang sedang Anda jalankan, dan lain sebagainya. Ketika menjawab pertanyaan, Anda tidak perlu bingung. Jawab sesuai fakta yang ada agar di kemudian hari tidak terjadi permasalahan.

5. Datang Ke Bank Membawa Orang Tua

Jika pinjaman Anda diterima, langkah selanjutnya adalah membawa orang tua Anda ke bank. Sebab, orang tua Anda harus menandatangani beberapa dokumen yang diperlukan terkait peminjaman yang Anda lakukan. Jika proses sudah lengkap, pinjaman Anda akan segera cair.

6. Membayar Angsuran Per Bulan

Mendapat uang banyak dalam waktu cepat memang menyenangkan. Namun, Anda tidak boleh lupa bahwa uang tersebut adalah pinjaman dan harus segera dikembalikan. Tetaplah konsisten untuk menggunakan uang tersebut sesuai dengan alasan peminjaman yang Anda lakukan. Jangan sampai Anda ke luar dari jalur. Jika hal ini sampai terjadi, masalah Anda akan semakin buruk. Bahkan, bukan tidak mungkin bank akan mengambil alih rumah orang tua Anda jika Anda tidak sanggup menepati apa yang tertuang dalam surat perjanjian.

7. Pengambilan Sertifikat Rumah

Pinjaman Anda sudah sepenuhnya lunas? Jika iya, Anda dapat mengambil sertifikat rumah atas nama orang tua yang telah Anda jaminkan sebelumnya.

Pertanyaan Anda tentang gadai sertifikat rumah atas nama orang tua sudah terjawab bukan? Memang benar hal tersebut bisa dilakukan. Namun, pastikan Anda membuat rencana keuangan agar tidak kesulitan dalam membayar angsuran tiap bulan. Hal ini juga untuk menghindari cicilan macet di tengah jalan dan membuat rumah yang Anda jaminkan diambil alih pihak bank.