avatardisplay_general
DISITU
11 Jul 2018

Bisnis Menguntungkan,Bisnis Ternak Belut Bisa Dicoba

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180711/Bisnis Apa Yang Menguntungkan Inilah Bisnis Ternak Belut Yang Bisa Dicoba.jpg

Zaman yang serba modern ini tentu menjadikan Anda semakin bingung dalam memilih bisnis yang penghasilannya menjanjikan. Lalu terbesit dalam pikiran Anda sebenarnya seperti apa bisnis yang menguntungkan? Nah, salah satu bisnis yang tepat untuk pemula adalah bisnis budidaya belut merupakan usaha yang tepat untuk Anda, sebab jarang sekali orang budidaya hewan yang satu ini. Meski hanya seekor belut, namun Anda jangan salah! bisnis budidaya belut sangat menjanjikan loh!

Awalnya hewan belut dianggap sebagai hama di sawah karena hewan yang satu ini selalu merusak habitat padi serta memakan udang dan budidaya ikan di tambak. Meski demikian, saat ini belut sangat di nikmati dan di konsumsi oleh banyak masyarakat. Jenis ikan yang satu ini memang menyuguhkan cita rasa yang lezat gurih dan nikmat.

Butuh KTA? DISITU.com Solusinya

Bandingkan Produk KTA 

Alasan Kenapa Bisnis Ternak Belut Menguntungkan

Ada beberapa alasan mengapa anda harus coba bisnis ternak belut :

1. Bisa Dikerjakan Di Rumah

bisnis ternak belut

Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat, kira-kira bisnis apa yang menguntungkan bagi kita ya? Salah satu bisnis yang wajib anda coba adalah budidaya belut. Bisnis yang satu ini cocok dan bahkan sangat gampang dijalankan oleh semua orang. Sebab anda hanya perlu menjalankannya di rumah. Asalkan dengan niat, kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya belut ini dapat Anda jalankan dengan gampang.

Baca Juga : Usaha Bagus Jangka Panjang, Yuk Intip Bisnis Berikut!

2. Cara Merawat Ternak Belut Yang Gampang

bisnis ternak belut

Bisnis apa yang menguntungkan? Jawabannya ya bisnis budidaya belut. Selain menguntungkan, budidaya belut juga terbilang gampang. Salah satu keunggulan belut sebagai hewan yang dibudidayakan adalah kemudahan dalam proses perawatannya yang tidak membutuhkan air bersih. Belut tetap bisa hidup di tempat kotor, karena pada dasarnya tempat hidup belut adalah di rawa-rawa dan lumpur. Bahkan kalau dulu belut harus dibudidayakan menggunakan kolam terpal yang berlumpur atau kolam drum, tapi sekarang tidak harus menggunakan kolam terpal atau kolam drum. Cukup dengan menyediakan lahan kecil, Anda bisa memanen usaha budidaya belut dengan jumlah yang sama besar.

3. Media Hidup Mudah Di Dapat

bisnis ternak belut

Usaha ternak belut adalah salah satu bisnis yang wajib anda coba karena cara ternak belut dapat dikatakan cukup mudah dengan hasil yang cukup memuaskan. Untuk budidaya belut memang gampang ketimbang budidaya ikan. Kendati demikian, Anda juga harus memperhatikan media tempat hidup. Mengapa media hidup belut sangat penting? Karena hal ini merupakan tempat hidup belut yang akan Anda budidayakan. Imbasnya terletak pada seberapa kuat dan banyaknya belut bertahan pada lingkungannya.

Untuk media hidup belut sendiri sudah sangat banyak. Salah satunya Anda bisa menggunakan kolam drum, kolam terpal atau kolam lumpur. Untuk pemula, maka disarankan untuk melakukan budidaya belut menggunakan kolam drum. Karena dengan menggunakan kolam drum jauh lebih mudah dan tentunya menghemat tempat daripada dengan menggunakan kolam permane.

Baca Juga : Ingin Bisnis Ayam Petelur,Rincian Modal Bisnis Ini

4. Dapat Untung Besar

bisnis ternak belut

Selain cara ternak belut yang sangat mudah karena tidak memerlukan kolam permanen dan lingkungan yang seadanya atau kualitas air bersih yang tidak diutamakan, untuk budidaya belut juga mampu menghasilkan keuntungan yang melimpah. Usaha budidaya belut sangat cocok dijadikan sebagai usaha rumahan yang mudah dan menguntungkan. Modal awal yang dibutuhkan pun tidaklah besar. Anda bisa membeli dan memilih bibit belut pada pihak lain di sekitar tempat tinggal Anda. Untuk usaha budidaya belut juga tidak membutuhkan lahan yang luas, karena anda bisa menggunakan kolam terpal atau kolam drum sebagai media hidup belut.

Sungguh tidak diragukan lagi berapa besar keuntungan yang Anda raih, bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya belut ini. Dimana harga jual dari ikan belut dapat dikatakan sangat besar atau tinggi di pasaran sehingga keuntungan yang didapatkan terbilang besa

5. Perawatan Yang Terbilang Mudah

bisnis ternak belut

Budidaya belut adalah salah satu bisnis yang wajib untuk pemula, selain cara budidaya belut dan pertumbuhan belut yang tidak terlalu sulit, untuk budidaya belut mampu mendatangkan keuntungan yang berlipat.

Cara budidaya belut cukup mudah karena perawatannya yang terbilang sangat gampang. Karena tidak ada patokan pasti, untuk proses pemberian pakan belut. Membuat pakan untuk pemberian pakan belut sangat mudah karena dapat diambilkan dari Kecebong, ikan kecil, cacing, bekicot atau keong mas yang sudah dicacah adalah pakan yang baik untuk belut. Caranya tebarkan sekitar 5% pakan dari jumlah bibit. pemberian pakan belut dapat dilakukan pada sore hari, karena kebiasaan makan alami belut adalah waktu sore hari dan malam hari.

Jika anda membudidayakan belut pada kolam terpal atau kolam permanen, drum maupun tong, maka pertimbangkanlah kualitas air bersihnya. Mulai dari suhu dan kualitas air bersih itu sendiri. Air yang digunakan adalah air bersih yang bersuhu sekitar 25-31 derajat celcius. Caranya pun sangat mudah yaitu cukup alirkan air bersih ke dalam kolam terpal atau kolam permanen dan usahakan air yang mengisi berupa percikan. Tapi bila dirasa tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan pipa paralon.

Baca Juga : Tips Berbisnis yang Benar Bagi Kamu Calon Pebisnis

Masa Panen Belut Cukup Cepat

Untuk pemula yang ingin menjalankan sebuah bisnis, usaha ternak belut adalah salah satu yang wajib anda coba. Cara budidaya belut sangatlah mudah karena tidak memerlukan perawatan ekstra layaknya budidaya ikan. Selain itu, media tempat hidup belut juga sangat sederhana apabila dibandingkan dengan jenis ikan tertentu yakni hanya di kolam terpal atau kolam permanen yang terbuat dari semen.

Untuk masalah pakan, belut memiliki jenis makanan yang sangat sederhana yaitu terbuat dari jenis ikan-ikan kecil seperti udang dan kecebong. Proses pemberian pakan belut pun sangat mudah yaitu hanya ditabur di sore hari. Tak hanya masalah pemberian pakan, pertumbuhan belut pun sangat pesat sehingga dapat segera menghadapi masa panen beberapa bulan sekali. Pada umumnya masa panen belut dapat dilakukan 4 bulan sekali.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara untuk budidaya belut, yang meliputi cara ternak belut, pemberian pakan, modal, masa panen, memilih bibit belut yang baik, dan masih banyak lagi.