avatardisplay_general
DISITU
10 Jul 2018

Gadai BPKB Motor Tanpa STNK, Baca Selengkapnya!

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180710/Bolehkah Gadai BPKB Motor Tanpa STNK Baca Ulasan Lengkapnya.jpg

Banyak orang yang masih bingung apakah mereka boleh menggadaikan BPKB motor tanpa STNK. STNK merupakan singkatan dari Surat Tanda Kendaraan Bermotor. STNK adalah surat penting yang terkadang sangat dibutuhkan. Gadai BPKB motor tanpa STNK sebenarnya bisa dilakukan. Namun hal ini tergantung dimana tempat Anda menggadaikan BPKB motor tersebut. Pada saat Anda ingin menggadaikan BPKB motor Anda maka pihak gadai akan meminta beberapa surat penting seperti KTP, STNK, Kartu Keluarga dan sebagainya.

Semua hal yang dilakukan ini bukan tanpa alasan, mereka ingin memastikan jika motor milik Anda memiliki kepastian hukum yang jelas. Sehingga tidak akan ada masalah di kemudian harinya. Akan sangat repot bila ternyata motor yang digadaikan bukan milik dari si penggadai atau hasil curian. Agar aman dan mudah melakukan gadai BPKB motor, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Gadai BPKB

Gadai BPKB motor tanpa STNK sebenarnya bukan masalah yang besar sebab yang akan menjadi jaminan adalah BPKB motor tersebut. Jika ternyata STNK tersebut bukan atas nama Anda, Anda bisa menggunakan KTP pemilik motor terdahulu. Cara lain, Anda juga bisa balik nama. Oleh sebab itu perhatikan 5 hal ini sebelum harus gadai motor :

1. Tempat Anda Menggadaikan BPKB

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempat Anda menggadaikan BPKB. Pilihlah tempat gadai yang bisa menerima jaminan BPKB tanpa STNK. Cari tempat gadai yang prosesnya mudah dan cepat seperti situs pinjaman online. Salah satu situs pinjaman online yang caranya mudah dan terpercaya adalah disitu.com. Sehingga Anda bisa dengan segera mencairkan pinjaman yang diajukan. Hindari tempat gadai konvensional yang ikut menyita motor serta STNK Anda.

2. Memenuhi Persyaratan Yang Diberikan

Setiap tempat gadai pasti memiliki persyaratan bagi semua calon peminjam. Pastikan jika diri Anda memenuhi kriteria persyaratan tersebut. Jangan sampai ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Sebab bisa jadi pengajuan pinjaman Anda akan ditolak oleh pihak gadai. Jika ada berkas yang tidak lengkap, berikan alasan yang jujur. Apakah karena berkas tersebut hilang, belum sempat balik nama dan masih banyak sebab yang lain. Sehingga pihak gadai bisa memberikan alternatif lain.

3. Paham Segala Ketentuan Yang Berlaku

Pahami terlebih dahulu ketentuan yang dibuat oleh pihak pemberi pinjaman. Ada banyak ketentuan yang biasanya diberikan. Salah satu ketentuan tersebut adalah masalah bunga. Ketahui dengan baik apakah tempat tersebut menerapkan sistem bunga atau tidak. Jika ada bunga yang harus dibayar berapa persen jumlahnya. Semua informasi ini harus Anda pahami terlebih dahulu.

4. Kesanggupan Membayar Cicilan

Berikutnya Anda harus meyakinkan pihak gadai jika Anda sanggup membayar cicilan setiap bulannya. Untuk itu pilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kemampuan Anda. Pinjam uang melalui gadai BPKB motor tanpa STNK ini hanya sesuai kebutuhan saja. Jika pinjaman terlalu besar maka dikhawatirkan hal ini akan memberatkan Anda.

5. Paham Resiko

Setiap peminjaman selalu ada resiko yang harus ditanggung jika Anda tidak taat pada ketentuan yang diberikan. Resiko ini bisa berupa denda karena telat membayar dan resiko lainnya. Perkecil resiko yang mungkin Anda dapatkan dengan mematuhi segala ketentuan yang telah ditetapkan. Pilih jenis pinjaman yang menurut Anda paling kecil resikonya.

Menggadaikan BPKB motor sebenarnya mudah, hanya saja Anda dituntut untuk lebih cermat agar tidak mengalami kerugian. Sebab BPKB motor adalah barang berharga yang jangan sampai pindah tangan menjadi milik orang lain. Sayang sekali jika motor kesayangan Anda harus menjadi milik pihak lain, hanya karena kesalahan Anda dalam memilih tempat gadai.