avatardisplay_general
DISITU
19 Apr 2018

Budidaya Ikan Nila,Ini 5 Keuntungan yang Didapatkan

https://disituapi.azureedge.net/artikel/551 5 Keuntungan Peluang Berbisnis Budidaya Ikan Nila Bisa Banget Kamu Coba.jpg

Ikan merupakan suatu yang banyak digemari banyak orang. Bukan hanya bentuknya yang indah, tapi juga karena rasanya yang nikmat ketika diolah. Diantaranya adalah ikan nila, ikan yang terkenal dengan gurihnya dan hidup di air tawar. Tidak heran jika ikan ini begitu disukai banyak orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dan ikan ini memang bisa dibilang ikan terlaris yang dijual di pasar, karena memang banyak usaha kuliner yang memilih ikan nila. Dengan tingginya daya minat dari para konsumen, ikan ini terbilang sering dijadikan usaha bisnis. Tidak lain bagi para peternak ikan hingga para pemilik restoran, peluang bisnis budidaya ikan nila semakin hari semakin banyak. Bukan hanya diolah menjadi makanan basah tapi juga ada yang berinovasi menjadikan kripik ikan nila. Hal ini semakin menarik dan mendatangkan para wisatawan kuliner dari berbagai daerah. untuk Anda yang tertarik dengan bisnis ini maka sangat dianjurkan untuk segera mencobanya.

Keuntungan Budidaya Ikan Nila

Berbicara tentang bisnis, bisnis ternak menjadi bisnis yang selalu naik ranting. Bagaimana tidak? Jika setiap harinya seorang peternak akan terus menerus menyetorkan hasil panennya kepada konsumen. Dari mulai warung pinggiran hingga restoran bintang lima pasti membutuhkan lauk sejenis ikan. Untuk itu, Anda yang ingin membuka bisnis budidaya ikan nila berikut penjelasan cara dan keuntungannya.

1. Modal Awal Cukup Ringan

Wirausaha-Sukses

Dalam hal berbisnis, pasti akan membutuhkan modal awal. Budidaya ikan nila ini terbilang membutuhkan modal yang cukup sedikit. Anda hanya menyiapkan lahan yang luas dan aliran air untuk mengisi kolamnya, lalu kemudian masukkan ikan nila. Untuk membeli seraup makanan ikan pun tidak begitu mahal. Cukup membelinya seperti halnya makanan ikan lele dan air tawar yang lainnya. Untuk kondisi cuaca membutuhkan yang terbilang cukup stabil. Karena ikan nila ini siap bertahan di cuaca yang silih berganti, maka Anda bisa memulainya di lahan rumah Anda.

2. Pembudidaya Ikan Cukup Simple

Peluang bisnis budidaya ikan nila semakin diminati karena memang selain harganya yang murah, cara ternaknya juga mudah. Tidak perlu memerlukan orang yang sangat handal hanya saja paham. Budidaya ikan nila ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Bagi Anda yang sibuk di pekerjaan lain, juga bisa mencobanya di rumah Anda. Ketika Anda sibuk di pekerjaan kantor, budidaya ikan akan tetap bisa berjalan. Anda yang sedang bingung mencari bisnis dengan sedikit skill, maka budidaya ini adalah jawabannya. Tinggal menunggu apa lagi? Cukup mudah kan?.

3. Peralatan Yang Dibutuhkan Mudah Di Dapat

Untuk Anda yang ingin segera memulainya, berikut peralatan yang perlu disiapkan. Yaitu lahan untuk kolam, pompa air, jaring, bibit ikan , drum, jerigen, selang dan paralon, timba, pembersih kolam, dan terpal. Setelah Anda menyiapkan beberapa peralatan tersebut Anda bisa langsung memulainya. Perhatikan tahap per tahap untuk menghasilkan ikan nila yang unggul. Memperhatikan rutin makanannya dan sering mengganti air didalam kolam. Dan yang terpenting adalah tempat yang strategis dan berkhasiat untuk kesehatan ikan.

4. Tempat Jual Ikan Banyak

Setelah Anda menjalankan beberapa tahap budidaya, maka selanjutnya Anda harus memanen dengan tepat. Usahakan ikan tetap segar hingga sampai ke penjual yang kemudian dipasarkan. Anda tidak perlu jauh-jauh menjualnya hingga memakan banyak waktu. Cukup datang ke pasar terdekat atau swalayan untuk menawarkannya. Jika Anda membuka warung tersendiri, akan lebih menguntungkan pula. Karena peluang bisnis budidaya ikan nila ini memang sangat dianjurkan untuk pecinta ternak khususnya.

5. Harga Jual Ikan Nila Menguntungkan

Ini adalah penjelasan terkait harga. Untuk Anda yang ragu akan bisnis ini, inilah jawabannya. Patokan harga untuk ikan nila dalam hitungan per kg yaitu Rp. 30.000 hingga Rp. 50.0000. ini juga bisa naik sewaktu-waktu sesuai dengan harga pasar. Maka ini bisa menjadi penumbuh semangat Anda untuk segera memulainya. Selamat mencoba!.

Wirausaha-Sukses