DISITU
21 Jun 2018

Butuh Pinjaman Duit Tanpa Kartu Kredit Ini Dia Prosedur Yang Harus Dilakukan

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Seringkali kita terjebak dalam  suatu situasi yang pelik atau mendesak. Apalagi jika masalah tersebut berhubungan dengan duit yang cukup besar, dan lagi kita tidak memiliki agunan yang dapat kita jaminkan ke bank atau lembaga lainnya yang menyediakan jasa peminjaman duit.  Salah satu solusi masalah tersebut adalah mencari pinjaman. Jika meminjam duit pada kawan atau kerabat kita belum tentu mendapatkannya, kita bisa mengajukan pinjaman duit ke pihak bank.  Kita bisa mengajukan pinjaman duit tanpa kartu kredit. Salah satu syarat yang biasanya diberikan pihak bank kepada kita adalah kita harus memiliki kartu kredit.

Kartu kredit ini digunakan pihak bank sebagai patokan berapa nominal yang dapat diberikan bank kepada peminjam berdasarkan riwayat pemakaian kartu kredit.Tapi tak perlu khawatir jika tidak memiliki kartu kredit karena kini banyak bank yang menyediakan pinjaman duit tanpa kartu kredit. Pinjaman ini bisa jadi alternatif kita karena pinjaman ini tidak mensyaratkan kita memiliki agunan atau jaminan untuk kita meminjam duit. Tapi, gantinya adalah biasanya pihak bank memberikan syarat lain yang cukup ketat bagi kita sebagai penerima duit pinjaman. Selain itu bunga yang diberikan bisa lebih mahal dari pinjaman biasanya. Berikut adalah prosedur pengajuan KTA tanpa kartu kredit yang dapat kita lakukan agar dapat meminjam duit.

1. Melengkapi Indentitas Diri

Untuk dapat mengajukan KTA guna pinjaman dana tanpa kartu kredit , syarat yang wajib kita penuhi adalah melengkapi identitas diri sebenar-benarnya sesuai keadaan kita sekarang. Umumnya calon peminjam minimal berusia 21 tahun dan maksimal berusia 65 tahun. Batas usia maksimal diartikan sebagai batas akhir pinjaman harus dikembalikan ketika usia peminjam 65 tahun.

2. Riwayat Kedit Sebelumnya

Sebelum bank memberikan kita pinjaman duit, bank terlebih dahulu akan memeriksa riwayat kredit kita sebelumnya. Karena saat kita memiliki masalah dalam riwayat kredit sebelumnya, bisa saja pihak tidak akan memberikan pinjaman.

3. Status Pekerjaan

Saat kita akan mengajukan pinjaman duit ke bank, kita harus memiliki pekerjaan terlebih dahulu. Saat kita tidak memiliki pekerjaan kita tidak akan mendapat pinjaman dari bank. Akan tetapi untuk mengajukan pinjaman kepada pihak bank, maka penghasilan kita harus mencapai batas minimum sesuai yang sudah ditentukan pihak bank.

4. Jumlah Utang

Saat akan mengajukan pinjaman ke bank, kita tidak boleh memiliki utang lebih dari 30 % dari jumlah penghasilan yang kita dapat dari pekerjaan kita. Karena jika jumlah utang yang di miliki melebihi jumlah yang telah ditentukan pihak bank maka pengajuan pinjaman duit kita bisa ditolak.

5. Proses Verifikasi

Untuk proses verifikasi kita harus memberikan nomor telepon yang masih aktif dan dapat dihubungi oleh pihak bank. Nomor telepon kita akan diminta saat kita mengajukan pinjaman, biasanya adalah nomor telepon pribadi, nomer telepon kantor, serta nomor telepon kerabat. Hal ini agar memudahkan proses verifikasi.  Pastikan bahwa data yang telah diberikan valid dan tidak terdapat data yang tidak sesuai. Tujuannya agar pihak bank dapat menghubungi kita untuk proses verifikasi dan survey nasabah secara langsung nantinya. Barulah setelah survey dilakukan oleh pihak bank dan pengajuan pinjaman kita disetujui kita akan menerima duit pinjaman kita.

Itulah prosedur yang dapat kita lakukan saat  mengajukan pinjaman duit tanpa kartu kredit ke pihak bank. Syaratnya memang agak lebih rumit karena dalam pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) ini kita tidak perlu memiliki kartu kredit agar mendapatkan pinjaman. Meskipun pinjaman ini adalah salah satu solusi tercepat untuk mendapatkan dana, kita harus tetap mempertimbangkan keuntungan serta kerugian yang nantinya akan kita terima.