avatardisplay_general
DISITU
02 Oct 2018

Cara Jitu Dapatkan Investor untuk Startup Pemula

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/101002/Cara%20Jitu%20Dapatkan%20Investor%20untuk%20Startup%20Pemula.jpg

Bagi sebagian orang, pendapatan bekerja di kantor seringkali dirasa kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena itu tidak sedikit yang akhirnya mencoba berbisnis atau bahkan keluar dari pekerjaan untuk membuka usaha seperti startup.

Saat ini startup memang menjadi bisnis yang tengah digemari masyarakat. Beberapa tahun terakhir banyak startup yang sukses berkembang di Indonesia dan menjadi besar. Sebut saja startup seperti Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia yang telah memiliki begitu terkenal dan memberikan dampak besar bagi Indonesia.

Namun di balik kesuksesan startup besar tersebut tentu ada banyak kesulitan yang harus dihadapi seperti mencari sumber dana atau investor. Hal ini tentu penting karena tanpa dana yang cukup maka sebuah startup akan sulit untuk berkembang, terlebih jika pendirinya belum memiliki pengalaman sama sekali di bidang bisnis.

Lalu bagaimana cara startup mendapatkan dana? Bagi Anda yang berniat mendirikan usaha sendiri, berikut tips startup membidik investor seperti dilansir dari Daily Social:

 

  1. Pinjaman Dana Peer to Peer

Keuangan

Untuk mendapatkan dana agar startup Anda bisa berjalan, melakukan pinjaman dengan sistem peer to peer lending bisa jadi solusi tepat. Metode ini memungkinkan Anda memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman secara online. Cara ini banyak dipakai karena selain mudah, peminjaman juga dapat dilakukan dengan cepat.

 

  1. Kompetisi Startup

Keuangan

Jika Anda memiliki ide startup yang memiliki potensi besar di masa depan, maka mengikuti kompetisi bisa jadi cara terbaik mendapatkan dana. Selain untuk mendapatkan dana, dengan mengikuti kompetisi Anda juga bisa menambah relasi yang mungkin saja akan berguna di masa mendatang.

 

  1. Perusahaan Ekuitas Swasta

Keuangan

Tips startup membidik investor selanjutnya adalah dengan meminjam pada perusahaan ekuitas swasta. Dengan melakukan pinjaman, biasanya pihak perusahaan akan memberikan dana bervariasi tergantung pada potensi startup itu sendiri.

 

  1. Crowd Funding

Keuangan

Selain mendapatkan dana langsung dari investor, melakukan crowdfunding bisa jadi cara yang patut Anda coba. Tidak perlu susah meminta ke sana-kemari, saat ini ada situs crowdfunding yang akan membantu Anda untuk mendapatkan dana dengan sistem tersendiri yang sudah diatur sebelumnya.

 

  1. Angel Network

Keuangan

Saat ini Anda mungkin belum memiliki banyak network investor untuk mendanai startup. Namun jangan berkecil hati, Anda tetap bisa mendapatkan masukan untuk startup Anda melalui angel network seperti Angel Investment Indonesia (Angin). Situs ini memang aktif memberikan bantuan pada startup potensial berupa dana dan juga layanan konsultasi.