DISITU
12 Jun 2018

Cara Jitu Memilih Layanan KTA Bunga Rendah

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180612/Cara Jitu Memilih Layanan KTA Bunga Rendah.jpg

Salah satu jenis pinjaman dana tunai yang paling banyak diminati saat ini adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) bunga rendah. Dengan layanan kredit semacam ini, masyarakat yang mempergunakannya dapat melakukan sejumlah perencanaan keuangan secara produktif tanpa perlu khawatir kehilangan asset berharga miliknya.

Seperti diketahui, Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk pembiayaan yang memberikan fasilitas kredit, tapi peminjam atau calon nasabah tidak perlu menyiapkan barang berharga tertentu sebagai jaminan atas pinjaman tersebut.

Sebagai gantinya, pihak perbankan atau peminjam uang akan mempertimbangkan kriteria lainnya untuk memastikan pemberian pinjaman serta pengembalian uangnya berjalan lancar sesuai dengan kesepakatan. Mekanisme yang diatur misalnya menganalisis riwayat kredit dari pemohon sebagaimana ditunjukkan di dalam riwayat ragam kredit, misalnya kartu kredit, kredit motor, mobil atau KPR.

KTA merupakan pilihan tepat bagi Anda yang sedang butuh dana segar untuk berbagai keperluan. Ketimbang melakukan gadai atau tarik tunai kartu kredit, lebih baik mengajukan KTA karena biayanya relatif lebih murah.

Terdapat beragam pilihan KTA yang ditawarkan oleh lembaga perbankan dan ragam perusahaan pembiayaan. Makanya, Anda harus senantiasa selektif agar mendapatkan KTA yang bernilai ekonomis. Berikut ini kami sampaikan empat strategi yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan KTA:

1. Pilihlah KTA yang Menawarkan Bunga Paling Rendah

Tentu saja Anda mencari KTA berbunga rendah, bukan? Sebab, semakin rendah bunganya, semakin rendah pula cicilannya. Untuk pinjaman KTA, rata-rata bank saat ini mengenakan bunga mulai 0,99 persen hingga di atas 2 persen per bulan.

Perlu Anda ketahui, penghitungan cicilan KTA memakai bunga flat sehingga bunga KTA selalu dihitung berdasarkan besar pinjaman awal. Dengan begitu, nilai utang tidak akan turun, meski Anda sudah melunasi sebagian cicilan.

Sebagai contoh, jika Anda meminjam uang sebesar Rp 50 juta dengan bunga 10 persen per tahun selama 24 bulan. Maka biaya bunganya saja sudah mencapai Rp 10 juta dari pokok utang Rp 50 juta. Jadi, rajin-rajinlah membandingkan bunga KTA antar bank, dan pilihlah bank yang menawarkan bunga paling rendah. 

2. Perhatikan Biaya Lainnya

Maksud dari biaya lainnya meliputi biaya administrasi, biaya provisi, asuransi, biaya keterlambatan cicilan dan biaya atau denda pelunasan dipercepat. Jadi, jangan hanya mengandalkan bunga rendah, tapi Anda tetap membayar cicilan dengan harga tinggi karena tidak memerhatikan biaya lain yang barusan disebutkan.

3. Pilih Durasi Cicilan yang Paling Singkat

Pengajuan KTA akan makin sempurna jika kita memilih tenor alias lama cicilan yang paling singkat, namun tetap disesuaikan dengan kemampuan Anda. Sebenarnya tenor yang durasinya panjang akan menghasilkan cicilan yang rendah. Konsekuensinya, Anda secara tidak langsung harus membayar lebih mahal karena beban bunganya lebih besar.

4. Disiplin Membayar Cicilan

Ketika ingin mengambil layanan KTA, Anda pastinya sudah memperhitungkan kemampuan membayar cicilan, bukan? KTA merupakan produk kredit konsumtif bank yang berbunga cukup tinggi. Maka dari itu, pastikan Anda bisa disiplin membayar cicilan tanpa pakai gaya gali lobang tutup lobang. Jika Anda terlambat bayar cicilan, Anda harus rela membayar biaya keterlambatan yang bisa mencapai enam persen dari total cicilan bulanan.

Demikianlah informasi mengenai cara jitu mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan bunga rendah, lengkap dengan empat strategi yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan KTA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, khususnya bagi Anda yang sedang mempertimbangkan pengajuan KTA.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu