06 June 2018 00:00

Cara Mudah Gadai Emas di Pusat Gadai

DISITU

https://images.disitu.com/A/Img/1806/180606/Cara Mudah Gadai Emas di Pusat Gadai.jpg

Di era serba teknologi saat ini, financial technology (fintech) khusus pinjam meminjam uang sudah bukan cerita baru lagi. Sistem ini memungkinkan Anda mendapatkan dana dadakan dengan cara super cepat. Di mana, dengan hanya bermodalkan gawai di genggaman tangan, Anda berpeluang dapat dana cepat yang meluncur otomatis ke rekening pribadi Anda.

Meski demikian, cara orang mencari dana dadakan secara konvensional masih tak kehilangan penggemar. Cara ini juga tidak kalah cepat, dan menjadi andalan utama karena masih dinilai lebih sehat dan terpercaya. Orang-orang yang sedang butuh dana dadakan mengunjungi perusahaan gadai semisal pegadaian, pusat gadai maupun jasa gadai pinggir jalan.

Emas merupakan salah satu barang yang paling diandalkan untuk digadaikan. Emas yang digadaikan tersebut dapat berbentuk aneka perhiasan seperti cincin, kalung, anting-anting dan bentuk lainnya. Ada pula emas yang berbentuk batangan dan sangat memungkinkan untuk digadaikan di Pusat Gadai.

1. Berkenalan Sejenak dengan Pusat Gadai Indonesia (PGI)

Pusat Gadai Indonesia (PGI) merupakan perusahaan gadai swasta terbesar di Indonesia. Ia pertama kali didirikan di Surabaya pada 1996, lalu melebarkan sayap dengan membuka cabang pertama di Jakarta pada 2006. Saat ini PGI telah memiliki lebih dari 100 cabang gerai yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Surabaya dan Bali.

PGI tak kalah andal dalam melakukan pelayanan gadai dan penyediaan dana segar bagi masyarakat. Perusahaan ini juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk menitipkan barang gadai Anda di sini.

Bukan hanya emas, tapi ada sejumlah barang berharga lainnya yang sangat bisa digadaikan ke PGI, menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Barang-barang tersebut misalnya Laptop (komputer jinjing), handphone, TV, LED, Kamera SLR, BPKB kendaraan bermotor, bahkan IMac dan segala jenis merek drone.

2. Gadai Emas di Pusat Gadai

Sebagai salah satu barang yang bernilai dan menjadi obyek investasi andalan, emas sangat bisa untuk digadaikan ketika Anda membutuhkan uang cepat. Hal pertama yang mesti Anda perhatikan ketika ingin menggadaikan emas adalah menyiapkan fisik emas (baik dalam bentuk perhiasan maupun batangan), serta menyiapkan pula surat-surat dan dokumen lengkap emas.

Hal ini sangat penting sebab pihak penggadai pastinya tidak mau berurusan dengan barang-barang yang bermasalah. Siapkan pula bukti identitas Anda, misalnya KTP atau SIM untuk menegaskan bahwa Anda merupakan warga Indonesia yang legal.

Nantinya, pihak gadai akan menetapkan nilai taksiran emas, mengambil biaya administrasi serta biaya penitipan barang. Selebihnya Anda akan mendapatkan dana segar dalam waktu yang singkat. Ingat, taatilah kesepakatan pengembalian uangnya agar Anda bisa menebus emas tepat waktu.

3. Ketentuan Umum Gadai di Pusat Gadai

Setidaknya ada tiga ketentuan umum bagi Anda yang ingin menggadaikan barang berharga di Pusat Gadai. Ketentuan tersebut sebagaimana dipaparkan dalam uraian berikut ini:

a. Nilai pinjaman yang diberikan Pusat gadai lebih besar dibandingkan dengan Pegadaian atau perusahaan gadai lainnya, namun biaya yang dipatok cukup tinggi, yakni sebesar 5 persen per dua pekan atau 10 persen per bulan. Apabila waktu pinjaman diasumsikan dua bulan, maka pinjaman yang harus dikembalikan lebih besar lagi.

b. Terdapat penerapan denda bagi peminjam yang tidak membayar tepat waktu. Untuk kasus tertentu, bahkan barang gadai terpaksa akan dilelang bila peminjam tidak kunjung melunasi pinjaman.

c. Proses gadai di Pusat Gadai relatif cepat. Hanya butuh waktu kurang dari 30 menit, jika persyaratan lengkap dan terpercaya, uang bisa segera dicairkan.

Demikianlah informasi seputar gadai emas di Pusat Gadai. Semoga artikel ini bermanfaat.