avatardisplay_general
DISITU
28 Sep 2018

Cara Mudah Memperpanjang SIM Melalui SAMSAT dan Online

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180928/Cara%20Mudah%20Memperpanjang%20SIM%20Melalui%20SAMSAT%20dan%20Online.jpg

Banyak pemilik surat izin mengemudi (SIM) yang tidak mengetahui bahwa SIM yang mereka miliki memiliki masa berlaku selama lima tahun. Selain karena tidak tahu, terkadang ada juga orang-orang yang lupa untuk memperpanjang SIM yang mereka miliki. Padahal, jika melewati masa aktif kartu, Anda harus mengikuti prosedur pembuatan SIM dari awal termasuk melakukan tes teori dan praktik.

Dirlantas Polda Metro Jaya mengungkapkan bahwa mulai tanggal 1 Januari 2016, perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku. Anda juga tetap dapat memperpanjang SIM Anda dengan syarat belum lewat 3 bulan dari masa berlaku SIM. Namun, Ada baiknya jika Anda memperpanjang SIM Anda 14 hari sebelum masa berlaku SIM Anda habis agar tidak mengalami masalah.

Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Akan Melakukan Perpanjangan SIM:

  • Membawa KTP asli serta fotokopi KTP.

  • Membawa SIM asli yang ingin diperpanjang, dengan syarat tidak melewati masa 3 bulan expired.

  • Membawa surat keterangan sehat jasmani dan rohani

  • Membayar biaya perpanjangan SIM

 

  1. Memperpanjang SIM Melalui SAMSAT

Buat SIM

Seperti namanya, SAMSAT atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, adalah suatu sistem administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan bagi masyarakat. Melalui sistem ini masyarakat diberikan kemudahan dalam mengurus surat-surat penting seperti SIM, STNK, STCK, BPKB dan TNKB. Untuk itu, pemerintah menyedakan mobil-mobil SAMSAT ini pada titik-titik tertentu sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya.

Namun, tentunya ada beberapa ketentuan khusus yang harus Anda ketahui dalam melakukan perpanjangan SIM melalui SAMSAT ini. Anda hanya dapat melakukan perpanjangan SIM motor (C) dan juga SIM mobil (A), dengan syarat sebelum masa berlaku SIM habis, hingga masa tenggang SIM yang mencapai 14 hari, atau SIM dengan masa berlaku yang telah habis maksimal selama 3 bulan saja (terhitung sejak tanggal masa berlaku habis).

Prosedur Perpanjangan SIM

Anda dapat mengunjungi salah satu mobil SAMSAT yang tersedia, setelah itu minta dan isilah formulir permohonan dengan data diri yang lengkap dan benar, dan jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan pada kolom yang tersedia di sana. Lampirkan juga data pendukung yang dibutuhkan, yaitu: SIM lama, fotocopi SIM, dan KTP.

Setelah itu, petugas akan melakukan penyamaan data diri dengan data pada formulir yang telah diisi, pemindaian sidik jari dan juga tanda tangan. Setelah itu Anda dapat membayarkan biaya pembuatan ulang SIM ini, dan Anda akan langsung mendapatkan SIM baru Anda. Biaya pembuatan ulang SIM adalah sebesar Rp 140.000 untuk SIM A dan Rp 135.000 untuk SIM C.  

  1. Memperpanjang SIM Secara Online

Buat SIM

Layanan SIM online merupakan suatu layanan yang cukup membantu bagi Anda yang mungkin jauh dari daerah asal, dimana dengan menggunakan layanan ini Anda tidak perlu pulang ke rumah untuk melakukan perpanjangan SIM. Namun meskipun berbasis online, perpanjangan sim secara online juga harus dilakukan melalui pihak berwajib. Teknologi ini akan digunakan untuk menyamakan data dan juga mempermudah proses perpanjangan SIM. Semua proses dan juga prosedur yang dijalani tetap sebagaimana perpanjangan SIM pada umumnya, hanya saja pemohon tidak perlu mendatangi tempat awal pembuatan SIM yang dimilikinya. Layanan ini hanya menerima perpanjangan SIM A dan SIM C.

Prosedur Perpanjangan SIM

Anda dapat mengunjungi website online yang tersedia, setelah itu isilah formulir permohonan dengan data diri yang lengkap dan benar. Lampirkan juga data pendukung yang dibutuhkan, yaitu: SIM lama, fotokopi SIM, KTP, Surat keterangan lulus ujian keterampilan simulator, serta surat keterangan kesehatan mata. Anda juga harus membayar biaya perpanjangan SIM sebesar Rp 80.000 untuk SIM A dan Rp 75.000 untuk SIM C.

Nah, setelah membaca mengenai kemudahan dari proses memperpanjang SIM, Anda tentunya dapat segera melakukan perpanjangan SIM. Jangan lupa untuk memastikan masa berlaku SIM Anda sebelum terlambat agar dapat menghindari prosedur yang rumit.