avatardisplay_general
DISITU
29 Sep 2018

Cara Mudah Pindah Kelas BPJS Kesehatan Secara Online

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180929/Cara%20Mudah%20Pindah%20Kelas%20BPJS%20Kesehatan.jpg

Sejak pertama kali diluncurkan BPJS Kesehatan memang telah membantu banyak sekali masyarakat dalam mengurus biaya pengobatan maupun rawat inap di rumah sakit. Dengan BPJS Kesehatan, masyarakat bisa mendapatkan obat dan layanan rawat inap di rumah sakit sesuai dengan tingkat fasilitas kesehatan (faskes) yang dipilih.

Tingkat faskes sendiri akan menentukan berapa besaran iuran yang harus dibayarkan oleh pemilik kartu setiap bulannya. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, maka jumlah iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan sebagai berikut:

 

  1. Kelas 1

BPJS

Pemilik kartu BPJS Kesehatan yang memilih tingkat tertinggi dari layanan ini wajib membayar sebesar 80 ribu rupiah setiap bulannya. Besarnya iuran yang harus dibayarkan ini telah naik dari yang sebelumnya sebesar Rp 59.500. Untuk fasilitas, pemegang kartu BPJS dengan faskes ini berhak mendapatkan pelayanan rawat inap kelas 1 di rumah sakit yang sudah

 

  1. Kelas 2

BPJS

Bagi Anda yang memilih kelas 2 untuk BPJS Kesehatan, maka jumlah iuran yang harus dibayarkan saat ini adalah sebesar 51 ribu rupiah. Jumlah tersebut telah naik sebesar Rp 8.500 sebelum peraturan diubah. Sesuai namanya, pasien yang memiliki kartu BPJS tipe ini berhak mendapatkan perawatan rawat inap di kamar kelas 2 dengan kapasitas 3-5 orang.

 

  1. Kelas 3

BPJS

Di kelas yang terakhir ini, para pemegang kartu BPJS Kesehatan cukup membayar iuran sebesar 30 ribu rupiah setiap bulannya. Dengan biaya tersebut, Anda bisa menikmati fasilitas rawat inap di kelas 3 dengan kapasitas 6-8 orang per kamar tergantung tiap rumah sakit.

 

Dengan rincian biaya iuran tersebut Anda yang belum memiliki BPJS Kesehatan bisa mulai mempertimbangkan tingkat faskes mana yang ingin diambil. Namun, jika sudah memiliki BPJS Kesehatan, apakah seseorang bisa mengubah tingkatan faskes?

Jawabannya bisa. Melansir situs Pasien BPJS, bagi Anda yang berniat pindah tingkatan faskes, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah keanggotaan minimal satu tahun. Maksudnya, seorang peserta BPJS Kesehatan baru bisa mengajukan pindah kelas faskes setelah menjadi anggota selama lebih dari satu tahun.

Sementara itu untuk cara mengubahnya, Anda belum bisa melakukannya secara online. Setiap peserta BPJS harus datang ke kantor BPJS dengan membawa sejumlah persyaratan yang sudah ditentukan.

Jika Anda adalah pemilik BPJS Kesehatan dengan faskes tingkat 3, maka syarat yang harus dibawa adalah wajib membawa bukti kepemilikan rekening Bank (BNI, Mandiri, BRI, atau BTN).

Syarat lainnya adalah Anda harus membawa kartu BPJS lama serta kartu keluarga (KK), barulah kemudian mengisi formulir perubahan data peserta BPJS. Belum cukup, petugas juga akan melihat apakah Anda memiliki tunggakan iuran atau tidak. Jika iya, maka keinginan Anda pindah tingkat faskes bisa saja batal.

Namun, jika Anda tidak memiliki tunggakan, jangan lupa membawa bukti pembayaran BPJS yang terakhir untuk membuktikan tidak ada lagi tunggakan yang tersisa. Dengan mengikuti syarat-syarat tadi Anda sudah bisa mengajukan perubahan tingkat faskes yang diinginkan.