avatardisplay_general
DISITU
21 Mar 2019

Cara Perpanjang Paspor Online Terlengkap

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190321/Banner/Cara Perpanjang Paspor.jpg

Bagi Anda yang berniat untuk pergi ke luar negeri, memiliki paspor merupakan salah satu syarat wajib yang harus Anda lengkapi. Paspor adalah suatu dokumen yang digunakan untuk pengenal identitas diri seseorang pada berada di luar negeri. Pada saat membuat paspor sebenarnya paspor memiliki masa berlaku hingga  5 tahun. Setelah itu, tentu saja Anda harus melakukan perpanjangan paspor agar tetap dapat menggunakannya.

Pada saat ini perpanjangan paspor dapat dilakukan dengan cepat dan mudah karena Anda bisa melakukan perpanjang paspor online. Proses perpanjangan paspor online tidak hanya mudah akan tetapi juga lebih cepat dibandingkan dengan proses perpanjangan paspor secara manual dengan datang ke kantor imigrasi dan mengantri.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk perpanjang paspor. Anda bisa coba menggunakan perpanjangan paspor secara online. Caranya juga mudah dan cepat, berikut cara perpanjang paspor online terlengkap yang dapat Anda coba lakukan.

Cara Perpanjang Paspor Online

Cara Perpanjang Paspor Online

Nah, Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen dan berkas yang menjadi syarat untuk perpanjangan paspor online.

Syarat Perpanjangan Paspor Online

Sebelum membahas mengenai cara perpanjang paspor online, berikut ini beberapa syarat perpanjangan paspor online yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu.

  • Fotokopi KTP,

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

  • Fotokopi akta nikah (jika sudah menikah)

  • Buku nikah (jika sudah menikah)

  • Paspor lama yang akan diperpanjang (dokumen asli)

Langkah selanjutnya Anda bisa segera melakukan perpanjangan paspor. Berikut ini beberapa cara perpanjang paspor online yang dapat Anda coba lakukan.

Baca Juga : Cara Mudah Memperpanjang SIM Melalui SAMSAT dan Online

Cara Perpanjangan Paspor Online melalui Website

Cara Perpanjangan Paspor Online melalui Website

Website resmi imigrasi tidak hanya dapat digunakan sebagai cara membuat paspor online saja, namun Anda juga bisa memperpanjang paspor secara online dengan mengunjungi situs website yang satu ini. berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memperpanjang paspor secara online.

  • Pertama, Anda bisa kunjungi situs resmi imigrasi di alamat imigrasi.go.id. Setelah itu, Anda bisa pilih menu halaman layanan paspor online dengan cara membuka menu layanan publik – layanan online – layanan paspor online.

  • Kemudian setelah itu, pilih tabel pra permohonan personal untuk memilih jenis permohonan yang diperlukan. Anda bisa membuat paspor baru, penggantian habis berlaku atau halaman penuh atau perubahan data dalam paspor.

  • Setelah itu, Anda bisa mengisi nomor paspor lama, jenis paspor (24 atau 48 halaman) serta pilih kantor imigrasi terdekat.

  • Setelah mengisi data dengan benar, Anda bisa melanjutkannya dengan mengisi form pembayaran. Setelah itu, kantor imigrasi akan mengirimkan Anda email berisi surat pengantar pembayaran.

  • Cetak surat terlebih dahulu, kemudian tunjukkan kode pembayaran pada teller Bank BNI. Biaya perpanjangan paspor adalah sebesar Rp. 155.000 (paspor 24 halaman) dan Rp. 355.000 (paspor 48 halaman). Pastikan Anda menyimpan dan membawa bukti pembayaran ke kantor imigrasi ketika untuk mendapatkan paspor baru.

  • Setelah selesai melakukan proses pembayaran, Anda bisa buka kembali email dari pihak imigrasi, kemudian klik link yang ada di dalam email yang akan mengarah pada jadwal wawancara. Tentukan juga hari dan tanggal untuk datang ke kantor imigrasi.

  • Download dan cetak tanda terima nomor permohonan dan isi data yang diperlukan.

  • Selesai, Anda bisa langsung datang ke kantor imigrasi dengan dokumen persyaratan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga : Langkah untuk Mengurus STNK Hilang dan Biayanya

Perpanjang Paspor Online, Tanpa Antri

Saran kami untuk pendaftar baik pendaftar untuk membuat atau memperpanjang paspor online, pastikan Anda datang ke kantor imigrasi sepagi mungkin untuk mendapatkan nomor antrian awal. Tunggu hingga dipanggil untuk melakukan foto dan wawancara. Jika sudah selesai pihak imigrasi akan memberikan paspor baru milik Anda yang sudah diperpanjang.