avatardisplay_general
DISITU
23 Oct 2018

Cara Untuk Mensetting Ganjil Genap Di Waze

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181023/3.jpg

Jika Anda pengguna kendaraan roda empat, Anda sudah pasti tidak akan asing lagi akan peraturan ganjil genap. Peraturan ganjil genap akan membatasi kendaraan berdasarkan plat nomor kendaraan mobil roda empat. Namun, ada satu aplikasi yang digandeng oleh dishub atau dinas perhubungan. Aplikasinya bernama waze yang merupakan aplikasi navigasi berbasis komunitas yang dilengkapi fitur tambahan ganjil genap di beberapa jalan yang ada di Jakarta. Setelah ditelusuri ada dua negara yang menggunakan aplikasi waze yang sudah ditambah fitur tambahan pembatasan lalu lintas ganjil dan genap yaitu negara Indonesia dan Brasil. Tentu saja penambahan fitur khusus ganjil genap untuk mempermudah pengguna waze di ibu kota. Meskipun sudah lama ada aturan ganjil genap namun masih saja ada orang melanggar aturan. Oleh karena itu, waze mau bekerja sama dengan dishub yang siap membantu untuk menentukan jalan. Oleh karena itu, cara mensetting ganjil genap di waze penting untuk diketahui. 

Bagi Anda pengguna waze sudah bisa melihat jalannya lalulintas melalui perangkat Anda. Dengan fitur khusus yang disediakan akan membantu menuntun ke jalan sesuai dengan plat kendaraannya. Sehingga pengguna tidak perlu lagi pusing untuk mencari jalan alternatif jika saat itu pengendara tidak bisa melintasi jalan ganjil genap. Lalu bagaimana untuk mensetting ganjil genap di waze? Berikut adalah cara mensetting ganjil genap di waze bagi yang masih belum tahu.

1. Masuk Ke Menu Setting

Ganjil Genap

Jika Anda masih belum punya aplikasi waze tentu Anda bisa mendownload aplikasinya dulu. Tapi untuk pengguna aplikasi waze, yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke aplikasi setting saja dulu. Anda tahu kan apa itu setting? Jika Anda mau memperbaharui sesuatu, Anda harus masuk dulu ke pengaturan atau setting. Nanti di setting juga ada beberapa pilihan juga seperti General, display and map, sound and voice, navigasi dan lain sebagainya.

2. Buka atau klik Navigasi

Ganjil Genap

Hal yang selanjutnya adalah dengan klik navigasi yang terdapat pada menu setting. Nah, di menu navigasi juga ada beberapa pilihan. Tapi jika di menu navigasi, Anda hanya harus memilih kolom paling bawah yang bertuliskan License plate restriction. Setelah menemukan tulisan License plate restriction, Anda harus mengeklik License plate restriction.

3. Lalu pilih 'License plate restriction'

Ganjil Genap

Di license plate restriction, Anda hanya harus klik dan akan langsung keluar navigation. Dimana Anda bisa mulai untuk mengisinya dengan 2 digit angka terakhir nomor kendaraan.

4. Masukkan Dua Digit Angka Terakhir Nomor Plat Kendaraan

Ganjil Genap

Anda harus melihat plat kendaraan roda empat Anda berapa. Jika sudah tahu, Anda bisa langsung untuk memasukkan dua nomor paling belakang di kendaraan roda empat Anda. Misalnya kendaraan Anda bernomor B 7896 S, yang berarti Anda harus memasukkan nomor 96 di aplikasi waze.

Semoga dengan fitur tambahan yang ada di aplikasi waze dapat membantu dan juga mempermudah Anda dalam menentukan atau menerobos jalanan Jakarta. Dishub menggunakan peraturan ganjil genap juga demi kenyamanan warga Jakarta agar terhindar dari panjangnya macet. Yang akan menyebabkan kerugian besar pada warga Jakarta seperti waktu, bensin dan lain sebagainya. Jika Anda tidak menggunakan aplikasi Google map namun punya aplikasi waze, Anda bisa mulai mensettingnya ke pengaturan ganjil genap tentunya. Tidak usah menunggu, Anda distop polisi. Karena tidak ada salahnya untuk mempersiapkan sebelum hal buruk terjadi bukan?