avatardisplay_general
DISITU
06 Jun 2018

Cari Tahu Positif Negatif Gadai Mobil Tanpa BPKB

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180606/Cari Tahu Positif Negatif Gadai Fisik Mobil Tanpa BPKB.jpg

Kegiatan gadai guna mendapatkan dana dadakan dalam waktu yang cepat memang sudah sangat lazim dilakukan. Terdapat sejumlah barang berharga yang bisa digadaikan, misalnya BPKB motor dan mobil, perhiasan emas dan berlian, alat elektronik serta surat-surat berharga lainnya.

Namun, berfokus pada praktik gadai kendaraan bermotor, apakah bisa Anda melakukan gadai mobil yang hanya fisiknya saja, tanpa dilengkapi dengan BPKB? Jawabannya adalah: Bisa. Namun begitu, ada keunggulan dan kekurangannya ketika Anda melakukan praktik tersebut.

Nah, berikut ini akan kami uraikan penjelasan tentang peluang menggadaikan fisik mobil lengkap dengan positif negatifnya bagi kondisi keuangan Anda.

1. Anda harus dapat membedakan ragam alasan orang melakukan gadai fisik mobil. Sebab, banyak dari praktik Gadai Fisik Mobil yang berbeda latar belakang, misalnya mobil tersebut tidak ber-BPKB, atau kondisinya masih kredit.

Jika Anda sedang dalam kondisi terdesak keuangan dan memiliki kendaraan yang masih kredit (belum lunas), Anda masih tetap dapat melakukan kredit dengan barang tersebut. Praktik menjadikan barang kredit sebagai agunan disebut dengan Take Over Program.

Namun, ada sejumlah ketentuan yang harus Anda penuhi, di antaranya besarnya pencairan harus lebih besar dari sisa hutang kredit Anda di leasing pertama. Jadi, pastikan anda meminta simulasi angsuran gadai kemudian bandingkanlah dengan sisa hutang pokok kredit mobil di perusahaan pembiayaan sebelumnya.

2. Jika pengajuan gadai fisik mobil disebabkan karena Anda tidak memiliki BPKB karena sejumlah alasan, maka tidak semua perusahaan gadai mau menerimanya. Sebagai informasi, sebagian besar leasing resmi nasional yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun tidak dapat mengabulkan permohonan gadai fisik mobil yang cacat BPKB.

3. Perusahaan gadai negara, yakni Pegadaian serta jasa perseoranga masih membuka kesempatan Anda untuk menggadaikan fisik mobil tanpa BPKB. Namun Anda harus rela mobil tersebut “dikandangi” pegadaian selama proses peminjaman dana berlangsung. Pegadaian sebenarnya memprioritaskan Anda menggadaikan BPKB mobil saja, itu akan lebih baik dan bermanfaat karena Anda masih bisa memakai mobil untuk keperluan Anda.

4. Waspadalah dengan tawaran gadai fisik mobil dari perusahaan perseorangan. Sebab, dikhawatirkan orang-orang tersebut sebenarnya adalah rentenir yang menerapkan bunga gadai yang tinggi dan tidak wajar. Situasi terdesak ekonomi memang sangat tidak menyenangkan dan kerap membuat panik. Tapi Anda harus tetap tenang dan jangan sampai terjerat hutang ke rentenir.

Pada dasarnya, permohonan gadai fisik mobil harus ditegaskan lagi, apakah disebabkan tidak ada BPKB, ataukah memang kondisi mobil tersebut masih dalam status kredit. Silakan berkonsultasi secara menyenangkan via disitu.com, jika Anda masih bingung dengan prosedur pengajuan gadai fisik mobil.

Dengan berkonsultasi via disitu.com, Anda akan mendapatkan masukan tentang solusi keuangan Anda secara cepat di saat-saat terdesak. Jika akan banyak madharatnya ketika Anda ingin gadai fisik mobil di perusahaan perseorangan atau pegadaian, alangkah lebih baik jika Anda mencari alternatif pembiayaan lainnya.

Misalnya, Anda bisa mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) dari sejumlah perusahaan perbankan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sesuaikanlah produk pengajuan dana dadakan jenis apapun dengan kebutuhan Anda, serta kemampuan Anda dalam melakukan pengembalian.

Demikianlah artikel tentang gadai fisik mobil. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda terhindar dari kerugian serta kecerobohan.