DISITU
12 Jul 2018

Cari Tempat Gadai BPKB Motor Untuk Mahasiswa, Pahami Hal Ini Sebelum Gadai!

https://images.disitu.com/A/Img/1807/180712/Cari Tempat Gadai BPKB Motor Untuk Mahasiswa Pahami Hal Ini Sebelum Gadai.jpg

Mahasiswa terkadang membutuhkan dana lebih dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya. Bisa jadi dana ini dibutuhkan untuk biaya penelitian, tugas dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya. Satu-satunya barang paling berharga yang bisa digadaikan oleh mahasiswa adalah BPKB motor. Jika Anda sedang mencari tempat gadai BPKB motor untuk mahasiswa, ada banyak hal yang harus dipahami. Sebab mahasiswa bukan seorang pekerja yang memiliki penghasilan tetap. Hal ini membuat mahasiswa sering mengalami kesulitan saat ingin menggadaikan BPKB motor.

Hal Yang Perlu Dipahami Mahasiswa Sebelum Gadai BPKB Motor

Sebelum menggadaikan BPKB motor, mahasiswa harus paham banyak hal seputar proses gadai yang akan dilakukan. Hal ini akan mengurangi resiko kerugian yang akan didapatkan. Jangan sampai melakukan kesalahan dalam proses menggadaikan BPKB motor. Berikut ini hal yang harus dipahami :

1. Tempat Gadai Yang Dipilih

Ada banyak tempat gadai BPKB motor untuk mahasiswa. Disini Anda harus jeli memilih tempat gadai mana yang terbaik. Pilih tempat gadai yang bisa mencairkan dana dengan mudah tanpa ribet seperti situs pinjaman online. Beberapa situs pinjaman online seperti disitu.com misalnya, memberikan layanan bagi mahasiswa yang ingin gadai BPKB motor. Prosesnya juga sangat cepat karena bisa dilakukan secara online, berbeda dengan pinjaman secara konvensional.

2. Syarat Dan Ketentuan

Setelah  menemukan tempat gadai yang sesuai, Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pahami benar-benar syarat apa saja yang harus dipenuhi. Baca baik-baik ketentuan yang diberikan oleh pihak gadai. Jika kurang jelas, Anda bisa langsung bertanya pada mereka. Jangan melanjutkan proses jika Anda tidak paham benar dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

3. Fungsi Dana Pinjaman

Pikirkan baik-baik berfungsi untuk apa nanti dana yang akan Anda pinjam. Seberapa penting dana tersebut hingga Anda harus menggadaikan BPKB. Jangan menggadaikan barang hanya untuk membeli kebutuhan yang tidak terlalu penting. Bila perlu buat rincian fungsi dana pinjaman yang nantinya akan Anda dapatkan.

4. Sumber Bayar Cicilan

Mahasiswa pada umumnya tidak bekerja. Untuk itu pikirkan baik-baik darimana sumber uang untuk membayar cicilan kredit pinjaman yang Anda lakukan. Jika sumber uang tersebut dari orantua, pastikan mereka mengetahui hal ini. Anda juga bisa bekerja secara part time  untuk membayar cicilan.

5. Besar Pinjaman

Pertimbangkan berapa besar pinjaman yang dibutuhkan. Jika Anda membutuhkan dana 2 juta misalnya, maka pinjamlah sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan melebihi dari kebutuhan Anda, sebab hal itu bisa sangat memberatkan nantinya. Ukur kapasitas kemampuan Anda dalam membayar cicilan pinjaman.

6. Lama Jangka Pinjaman

Perhatikan juga lama jangka pinjaman yang Anda ambil. Jangan sampai terlalu lama dan terlalu sebentar. Sebab lamanya jangka pinjaman ini akan mempengaruhi besarnya cicilan yang akan dibayarkan. Semakin lama jangka waktunya maka semakin kecil cicilan yang harus dibayarkan. Bijaklah dalam hal ini.

7. Bunga Pinjaman

Bunga pinjaman adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Bahkan bila memungkinkan cari tempat gadai yang bunganya 0%. Hal ini akan menguntungkan bagi Anda. Bila bunga yang harus dibayarkan besar, maka ini akan memberatkan bagi mahasiswa. Adakah tempat pinjaman dengan bunga kecil atau bahkan sama sekali tanpa bunga? Jawabnya ada, asal Anda jeli mencari tempat pinjaman yang pas dan sesuai.

Jadi sebelum mencari tempat gadai BPKB motor untuk mahasiswa, perhatikan dan pahami semua hal yang ada di atas. Jangan sampai Anda terkena modus penipuan dan mengalami kerugian. Cari juga sumber dana lain yang bisa dimanfaatkan seperti beasiswa dan hadiah kompetisi di kampus.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu