avatardisplay_general
DISITU
09 Jul 2018

Harus tahu ini Sebelum Mulai Gadai Mobil Masih Kredit

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180709/Coba Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Gadai Mobil Masih Kredit Di Semarang.jpg

Ada banyak tempat gadai di Semarang yang dapat menerima gadai kendaraan terutama mobil. Berbagai tempat gadai ini memiliki syarat serta ketentuan yang berbeda satu sama lain. Meskipun umumnya memiliki syarat dan ketentuan yang hampir sama. Salah satu syarat umum yang diminta tempat gadai adalah BPKB. Tetapi, bagaimana jika mobil yang akan digadaikan masih dalam proses kredit sehingga tidak memiliki BPKB? Untuk masalah ini biasanya ada pegadaian tertentu yang menerima gadai mobil masih kredit di Semarang. Namun, sebelum Anda mulai mencari tempat gadai mobil kredit sebaiknya cermati beberapa hal berikut :

1. Tempat Anda Melakukan Gadai

Hal yang pertama Anda harus perhatikan adalah tempat Anda melakukan gadai. Anda harus memastikan jika tempat gadai Anda adalah yang terpercaya. Selain itu memang memiliki keamanan yang bagus. Sehingga barang yang Anda jadikan agunan selalu aman dan dalam kondisi baik. Karena banyak kasus tempat gadai yang mengabaikan keamanan barang agunan nasabahnya. Tentu ini berpotensi merugikan Anda. Dalam proses pegadaian tidak hanya penyedia gadai yang berpotensi dirugikan. Namun, nasabah juga memiliki potensi untuk menderita kerugian. Karena itu masalah tempat gadai menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan dengan baik.

2. Syarat-Syarat Gadai Mobil Kredit

Syarat di tempat gadai mobil umumnya sama, namun tidak jarang yang berbeda. Jadi Anda harus melihat apakah syarat-syarat yang ada di tempat gadai yang akan Anda tuju memberatkan Anda atau tidak. Utamanya tempat gadai yang menyediakan syarat terkait kondisi mobil seperti tahun, merk dan juga kondisi lainnya. Poin ini sebenarnya berkaitan dengan poin pertama. Karena syarat yang ada memang bergantung dengan tempat gadai mana yang Anda pilih. Tidak ada salahnya untuk meminta syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum mulai menggadaikan mobil Anda. Sesuaikan syarat tersebut dengan kondisi yang Anda hadapi.

3. Sisa Pembayaran Kredit Anda

Tempat gadai yang menerima gadai mobil masih kredit di Semarang umumnya melihat sisa pembayaran kredit yang dimiliki nasabah. Jadi Anda harus memastikan berapa sisa pembayaran kredit yang Anda miliki. Setiap tempat gadai memiliki syarat yang berbeda-beda namun secara umum sisa pembayaran kredit harus kurang dari plafon yang diajukan. Pastikan apakah sisa pembayaran kredit Anda memenuhi syarat dari tempat Anda mengajukan gadai. Jika memang dirasa tidak memenuhi mau tidak mau Anda harus menutupi dahulu sisa pembayaran kredit Anda sampai batas yang ditentukan. Terlebih dahulu Anda harus memastikan syarat sisa pembayaran kredit yang diajukan pihak gadai. Karena memang ada pihak gadai yang mensyaratkan kredit lunas sebesar 80% dari total kredit.

4. Tenor Gadai

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah masalah tenor gadai. Jadi Anda harus memastikan apakah tenor tersebut mencukupi waktu Anda untuk membayar gadai. Ini juga akan berpengaruh terhadap rencana keuangan Anda. Jangan sampai Anda justru tidak dapat memenuhi pembayaran saat tenor habis. Tentu ini akan menyebabkan agunan Anda menjadi disita. Hal-hal ini sebaiknya Anda hindari dengan memperhatikan tenor yang ditawarkan pihak gadai. Ketentuan terkait tenor juga perlu Anda perhatikan.

5. Suku Bunga Gadai Yang Harus Dibayarkan

Memilih gadai dengan suku bunga yang super tinggi seperti memasukkan diri Anda pada jeratan lintah darat. Bahkan dapat pula mengantarkan Anda pada jeratan hutang tak bertepi. Untuk itu sebaiknya Anda melihat suku bunga yang harus dibayarkan ketika melakukan pinjaman. Sesuaikan juga antara suku bunga dengan tenor gadai. Pastikan Anda dapat melakukan pembayaran tepat waktu dan sesuai dengan jumlah yang harus Anda bayarkan.

Beberapa hal di atas adalah poin-poin yang harus Anda perhatikan ketika mencari gadai mobil masih kredit di Semarang. Ini diperlukan agar Anda dapat melakukan gadai mobil dengan aman. Selain itu ini juga bertujuan menghindarkan Anda dari pusaran hutang tak bertepi. Potensi pusaran hutang tak bertepi ini kemungkinan menjebak Anda jika faktor bunga dan tenor tidak Anda perhatikan. Kerugian juga berpotensi mengintai jika faktor keamanan tempat gadai tidak Anda perhatikan.