13 March 2018 00:00

CPNS 2018, Lakukan 5 Tips Ini Agar Kamu Lolos Menjadi PNS

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/487 CPNS 2018 Lakukan 5 Tips Jitu Ini Agar Kamu Lolos Menjadi PNS.jpg

Banyak masyarakat Indonesia yang mengimpikan menjadi pegawai negeri sipil dan menginginkan untuk lolos dalam tes yang akan dijalankan. Sebelum mengikuti rangkain tes yang akan diselenggarakan, calon pegawai negeri sipil harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke instansi terkait serta mengisi jabatan yang telah disediakan sesuai dengan kriteria.

Seleksi CPNS dilakukan secara bertahap, Dalam seleksi CPNS, ada beberapa tes dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) yang harus diikuti para pelamar. Tes tersebut antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Agar lolos seleksi kompetensi dasar, peserta harus lolos dari ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri PANRB.

Ada sejumlah hal yang kamu perlu perhatikan, agar kamu bisa merasa percaya diri dalam mengikuti seleksi CPNS ini. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa lolos dan menjadi PNS.

  1. Perhatikan Alur Pendaftaran serta Persyaratannya

CPNS-2018

Persiapan segala hal terkait CPNS sangat diperlukan. Tidak hanya mempersiapkan kemampuan diri untuk mengikuti tes, persyaratan dan berkas administrasi juga wajib diperhatikan, agar kamu bisa lolos seleksi administrasi dan mengikuti tahap selanjutnya

  1. Berlatih mengerjakan soal CPNS

CPNS-2018

Kamu bisa mencari dan kumpulan soal-soal tes CPNS di Internet serta berlatih mengerjakannya. Beberapa situs juga ada yang menyediakan contoh soal yang telah diujikan dalam seleksi CPNS sebelumnya.

  1. Hitung Waktu Ketika Kamu mengerjakan soal

CPNS-2018

Ketika kamu mengikuti tes CPNS, kamu juga akan mengikuti Tes Intelegensi Umum (TIU) untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini akan menilai kemampuan numerik yang kamu miliki, yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka. Selain mencoba berlatih mengerjakan soal, kamu juga perlu menghitung waktu yang dibutuhkan saat mengerjakan soal tersebut. Hal ini bisa membantu kamu agar ketika mengerjakan kamu tidak kehabisan waktu

  1. Mengerjakan Tes Kepribadian, Jangan Pernah Berbohong

CPNS-2018

Kamu juga akan dihadapkan oleh soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini berfungsi untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan. Karena sifatnya merupakan tes kepribadian, maka pastikan jawaban yang kamu isi benar-benar jujur dan hindari membagus-baguskan dirimu secara berlebihan, jujur adalah kunci utama dalam tes ini

  1. Siapkan Kondisi Tubuh dan Mentalmu

CPNS-2018

Dalam mengikuti tes CPNS, kamu perlu mempersiapkan kondisi tubuhmu agar prima serta persiapkan mentalmu dalam menghadapi tes ini, Olahraga dan istirahat yang cukup mampu membuat kamu siap dalam mengikuti semua rangkaian tes CPNS ini.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu