30 May 2018 00:00

Dana Jaminan Reklamasi, 5 Bentuknya yang Rugi Untuk Dilewatkan!

DISITU

https://images.disitu.com/A/Img/1805/180530/Dana Jaminan Reklamasi 5 Bentuknya yang Rugi Untuk Dilewatkan.jpg

Reklamasi merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan tanah sedemikian rupa pasca dilakukan kegiatan pertambangan. Hal-hal yang dilakukan tidak hanya memperbaiki keadaan tanah, namun juga menutup kegiatan pertambangan yang telah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan kerusakan alam yang semakin buruk. Adanya dana jaminan reklamasi yang nantinya akan digunakan untuk biaya sebagai penggantian kerusakan yang telah dilakukan. Dana jaminan ini berasal dari perusahaan pertambangan yang bertanggungjawab atas tindakan tersebut. Sehingga adanya jaminan tersebut timbulnya ketaatan yang tinggi terhadap tata aturan yang telah ditetapkan oleh pihak berwenang, tentunya tidak ada pihak yang dirugikan.

5 Macam Bentuk Dana Jaminan Reklamasi Secara Umum

Secara umum jaminan reklamasi di berikan dalam beberapa bentuk, dijelaskan seperti halnya di bawah ini :

1. Bentuk Deposito Berjangka

Dalam bentuk ini deposito berjangka ditempatkan pada sebuah Bank Pemerintah yang berada di Indonesia. Dengan atas nama Menteri atau Gubernur atau Bupati atau pun walikota yang bersangkutan dengan perusahaan pengelola tambang. Oleh sebab itu, deposito berjangka dalam naungan lembaga pemerintahan. Jangka waktu yang ditetapkan berdasarkan dengan tenggang waktu penjaminan yang sesuai dengan jadwal reklamasi.

2. Bank Garansi

Bentuk kedua ini secara umum diterbitkan oleh Bank Pemerintahan yang berada di Indonesia, atau bisa juga cabang Bank asing yang berada di Indonesia atau jika tidak, lembaga penjaminan yang dimiliki oleh pemerintah. Sedangkan jangka waktu yang ditetapkan dalam penjaminan sesuai dengan jadwal reklamasi.

3. Asuransi

Bentuk dana jaminan reklamasi yang ketiga adalah asuransi. Asuransi ini memang sering digunakan sebagai salah satu cara sebagai penjamin. Baik dalam bidang ketenagakerjaan, kesehatan bahkan dalam bidang penjamin reklamasi semacam ini. Dalam hal ini asuransi diterbitkan oleh pemerintah yang berada di Indonesia, atau cabang dari bank asing yang berada di Indonesia, atau sebuah lembaga yang menjadi penjamin milik pemerintah Indonesia. Sedangkan jangka waktu yang ditetapkan dalam penjaminan ini sesuai dengan jadwal reklamasi.

4. Cadangan Akuntansi

Istilah lain dari cadangan akuntansi adalah accounting reserve, dalam bentuk ini perusahaan bisa ditempatkan jika memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan, seperti halnya: perusahaan public yang telah terdaftar di bursa efek Indonesia, selain itu syarat kedua adalah perusahaan tersebut memiliki modal yang akan disetor tidak kurang dari jumlah ini U$25.000.000,-00, dan bentuk jaminan reklamasi yang akan ditetapkan kepada perusahaan pertambangan merupakan ketetapan dari gubernur atau bupati atau walikota.

5. Irreocable Letters Of Credit (LC)

Bentuk LC ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bank garansi, namun dalam bentuk ini jaminan reklamasi akan diterbitkan oleh bank milik pemerintahan atau pun lembaga penjamin milik pemerintah Indonesia atau pun Bank devisa. Sedangkan jangka waktu penjaminan yang diberikan adalah selama lima tahun dengan perincian tahunan bentuk jaminan seperti halnya deposito berjangka, yang kemudian diusulkan oleh perusahaan pertambangan yang bersangkutan. Dan harus mendapatkan persetujuan dari direktur Jenderal.

Pencairan Maupun Pelepasan Dana Jaminan

Jika Anda berkenan untuk mengajukan permintaan pencairan jaminan reklamasi dalam bentuk deposito berjangka atau Anda ingin melepaskan jaminan reklamasi dalam bentuk bank garansi, asuransi atau bentuk lainnya. Hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan melalui tahap-tahap pelaksanaan dalam reklamasi, disertai dengan lampiran laporan pelaksanaan reklamasi. Sedangkan yang mengajukan permintaan tersebut adalah perusahaan ditujukan kepada menteri atau pun gubernur maupun Bupati yang telah memiliki kewenangan masing-masing, barulah dapat di kira-kirakan berapa biaya yang dapat dicairkan atau pun dilepaskan untuk jaminan reklamasi tersebut.

Tentu hal yang penting dan harus digaris bawahi disini adalah bagaimana prosedur yang harus Anda pelajari terlebih dahulu, sebelum melakukan pengajuan untuk pencairan dana jaminan hasil reklamasi. Termasuk didalam prosedur adalah terkait dengan bentuk-bentuk jaminan reklamasi seperti tersebut diatas. Sehingga nanti bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan ditengah jalan.