avatardisplay_general
DISITU
30 May 2018

Dana Jaminan Sosial,Ini Jenisnya yang Perlu Diketahui

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1805/180530/Dana Jaminan Sosial Ini 5 Jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui.jpg

Bentuk dana Jaminan sosial yang diberikan oleh pemerintah sangatlah beragam. Dalam bidang kesehatan misalnya adanya BPJS. Jika dahulu masyarakat ingin mendapatkan bantuan biaya seperti keringanan atau bahkan gratis harus mengurus terlebih dahulu di wilayah setempat seperti halnya di RT kemudian RW bahkan sampai ke kelurahan. Namun kini pemerintah telah mencanangkan adanya BPJS yang disediakan untuk masyarakat baik dalam keadaan ekonomi lemah maupun yang sedang keatas. Sehingga penyebarannya lebih luas dan lebih mudah ketimbang persyaratan yang ribet dahulu. Tentu syarat yang harus ditepati adalah harus terdaftar sebagai anggota BPJS  serta dapat memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan. Tidak hanya terlepas dalam bidang kesehatan saja, bidang-bidang yang lain juga terdapat dana sosial. Berikut jenis-jenisnya :

1. Jaminan Sosial Kecelakaan

Salah satu bentuk jaminan yang telah disediakan dalam bentuk jaminan sosial kecelakaan. Bentuk perlindungan ini diberikan kepada pengendara maupun pengguna kendaraan baik kendaraan di darat, kendaraan di laut maupun di laut. Karena setiap Negara memiliki kewenangan masing-masing, sehingga di Indonesia sendiri yang menangani permasalahan kecelakaan ini adalah  jasa raharja. Oleh sebab itu, jasa raharja berhak memberikan jaminan kepada pengendara yang tengah menghadapi kecelakaan.

2. Kesehatan

Jika Anda sedang mengalami gangguan kesehatan, Anda berhak mendapatkan bantuan jaminan sosial, baik untuk berobat jalan maupun untuk rawat inap. Setiap masyarakat bisa mendapatkan jaminan sosial kesehatan jenis ini, asalkan telah terdaftar secara resmi dalam BPJS. Sehingga sah-sah saja mendapatkan fasilitas ini. Jenis asuransi yang bertanggungjawab dalam bidang sosial kesehatan dinamakan BPJS kesehatan.

3. Ketenagakerjaan

Tidak jauh berbeda dengan BPJS kesehatan diatas, bentuk jaminan ini juga bisa dinikmati oleh masyarakat luas yang tengah mengalami kecelakaan di tempat kerja yang tengah ia jalani, atau sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Jika dahulu jaminan sosial ini dibawah naungan PT Jamsostek, namun kini Jenis dana jaminan sosial ini berada dibawah naungan BPJS ketenagakerjaan.

4. Hari Tua

Bentuk jaminan sosial hari tua ini merupakan bentuk perlindungan yang diberikan kepada pekerja yang telah mencapai usia tertentu maupun para pekerja yang telah bekerja dalam masa tertentu. Misalnya seseorang pekerja di suatu perusahaan, dalam jangka 15 tahun dia bekerja kemudian mengundurkan diri, maka dirinya bisa mendapatkan manfaat dari uang jaminan sosial di hari tua yang telah dimilikinya. jaminan sosial ini dikelola oleh BPJS ketenagakerjaan, sedangkan khusus PNS masih dalam naungan PT Taspen dan bagi TNI dibawah naungan PT Asabri.

5. Kematian

Selanjutnya adalah jaminan sosial kematian, jaminan sosial ini dikelola oleh BPJS ketenagakerjaan, sama halnya dengan beberapa jaminan diatas. Namun letak perbedaannya adalah, jika jenis jaminan diatas bisa dinikmati sendiri, berbeda dengan jenis jaminan sosial ini. Dana yang serahkan merupakan dana santunan yang diberikan kepada ahli waris dari peserta yang telah meninggal dunia. Sehingga secara umum dana ini biasanya digunakan untuk prosesi pemakaman almarhum hingga selesai.

Itulah beberapa jenis dana jaminan sosial yang disediakan oleh pemerintah kepada masyarakat, bisa dinikmati dan digunakan sesuai dengan taraf yang telah ditentukan. Dari beberapa jaminan sosial tersebut, jaminan kesehatan lah yang paling penting, sebab kita tidak tahu kapan menghadapi sakit, setidaknya ada tabungan dana atau pun keringanan dana jika kita mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan tersebut. Namun tidak terlepas dari itu, bentuk jaminan sosial yang lain juga tak kalah pentingnya, karena beberapa jaminan sosial tersebut bisa digunakan sebagai sarana menabung untuk kebutuhan di masa depan.